Review 8 Pupuk Urea Terbaik – Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 8 Pupuk Urea Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 8 Pupuk Urea Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 8 Pupuk Urea Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 8 Pupuk Urea Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 8 Pupuk Urea Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 5

Tanaman tidak hanya membutuhkan sinar matahari dan air yang cukup. Salah satu unsur tambahan yang biasa digunakan pada tanaman hias, padi, atau jagung adalah urea. Urea merupakan senyawa organik yang tersusun dari berbagai unsur, seperti karbon, hidrogen, oksigen, hingga nitrogen. Unsur nitrogen di dalam pupuk urea inilah yang dapat memberikan vitalitas tambahan bagi tanaman.

Kami akan mengulas cara memilih pupuk urea serta merekomendasikan produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti Nitrea, Urecote, dan lainnya akan kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.

Daftar Isi

Baca juga:   10 Tisu Basah Antiseptik & Antibakteri Terbaik untuk Cegah Penyakit

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.

Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial


Mengapa harus menggunakan pupuk urea?

Mengapa harus menggunakan pupuk urea?

Pupuk urea atau disebut juga pupuk nitrogen merupakan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan zat nitrogen pada tanah. Apabila tanah kekurangan unsur nitrogen, daun akan tampak lebih layu, kekuningan, dan pertumbuhan berjalan lambat. Karena itu, penting untuk memberikan pupuk urea secara teratur. Pupuk urea sendiri cocok digunakan untuk semua jenis tanaman.

Pupuk urea berasal dari gas amonia dan gas asam arang yang menghasilkan pupuk dengan kandungan nitrogen sebesar 46%. Artinya, terdapat 46 kg unsur nitrogen pada setiap 100 kg pupuk urea. Lalu, apa manfaat dari pupuk urea? Dengan pemakaian yang tepat, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut.

  • Membuat daun lebih segar dan berwarna hijau
  • Meningkatkan kandungan protein di dalam tanaman
  • Meningkatkan proses pertumbuhan anakan tanaman 
  • Meningkatkan kecepatan proses fotosintesis 
  • Meningkatkan pertumbuhan akar dan tanaman sehingga tumbuhan jadi lebih kokoh
  • Membuat hasil panen lebih melimpah 
  • Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama

Perlu diingat bahwa pupuk yang digunakan tetap harus memperhatikan dosis anjuran sesuai kebutuhan tanaman masing-masing. Penggunaan yang berlebihan justru akan membuat tanaman rentan terhadap hama penyakit dan mudah rebah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pupuk urea

Supaya Anda bisa mendapatkan pupuk urea yang tepat, cermati tips berikut ini sebelum memilih produk. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil panen yang optimal. 

Ketahui dua jenis pupuk urea berdasarkan bentuk fisiknya

Secara umum, terdapat dua jenis pupuk urea yang diklasifikasikan berdasarkan bentuk fisiknya, yaitu urea prill dan non-prill. Untuk itu, ketahui dulu perbedaan keduanya sehingga Anda tidak salah memilih.

Urea prill: Paling sering digunakan dan memiliki butiran yang lebih halus

Urea prill: Paling sering digunakan dan memiliki butiran yang lebih halus

Urea prill merupakan salah satu jenis pupuk urea dengan butiran yang kecil hingga halus. Warnanya putih dan lebih sering digunakan oleh petani di Indonesia. Adapun kelebihan pupuk urea prill ini, antara lain: 

  • Mudah diperoleh dan harganya terjangkau 
  • Memiliki kemasan yang beragam 
  • Mudah digunakan 
  • Mengandung 46% kandungan nitrogen

Meski efektif, ada beberapa kekurangan pupuk urea prill ini, yaitu:

  • Butiran pupuk lebih mudah hancur dan menguap 
  • Saat pupuk basah dan mencair, kandungan nitrogen di dalamnya hilang 
  • Butirannya yang cukup kecil membuat pupuk lebih cepat larut dan menguap sehingga unsur nitrogen tidak dapat digunakan secara optimal

Sebagai informasi tambahan, segera tutup kembali dengan tanah setelah pupuk urea diaplikasikan. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi penguapan pupuk urea.

Urea non-prill: Pupuk urea dengan bentuk yang beragam

Urea non-prill: Pupuk urea dengan bentuk yang beragam

Selain urea prill, ada juga urea non-prill yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Apabila urea prill hanya memiliki satu variasi saja, urea non-prill memiliki berbagai bentuk dengan keunggulannya tersendiri. Meski demikian, tidak semua varian bentuk pupuk urea berikut ini bisa Anda beli secara online

  • Urea Ball Fertilizer: Jenis pupuk urea yang satu ini memiliki bentuk menyerupai bola-bola kecil. Cara kerja urea ini adalah dengan melepas unsur nitrogen dalam proses yang lambat, kemudian unsur tersebut diikat oleh partikel tanah. Selanjutnya, unsur nitrogen di dalam tanah akan diserap akar tanaman dalam jangka waktu tertentu. 

  • Urea Super Granule (USG): Bentuk fisiknya menyerupai urea prill dengan butiran yang lebih besar. Meski pupuk urea ini dapat meningkatkan produksi padi hingga 20,4%, jenis ini jarang ditemui di pasaran. Alasannya, proses produksi pupuk ini membutuhkan biaya yang lebih mahal sehingga kurang komersial.

  • Urea Briket: Pupuk ini berasal dari proses lanjutan dalam produksi urea prill. Meski begitu, bentuk fisiknya yang dipadatkan merupakan jenis pupuk yang lebih sempurna dibandingkan dengan USG. Ciri-ciri pupuk urea ini adalah berbentuk pipih cakram, mudah pecah, dan rapuh.

  • Urea tablet: Sesuai namanya, pupuk ini berbentuk tablet yang 2–3 kali lebih efisien dalam penggunaannya. Pupuk ini sebenarnya dapat meminimalkan pertumbuhan gulma. Meski begitu, reaksinya yang tidak secepat urea prill dan harga yang relatif lebih mahal membuatnya kurang diminati. Terlebih, pupuk ini tidak bisa diaplikasikan pada tanah yang kering. 

  • Urea Amonium Nitrat (UAN): Jenis pupuk urea yang satu ini merupakan pupuk cair yang mengandung perpaduan unsur urea, asam nitrat, dan amonia. Umumnya, kandungan nitrogen di dalamnya sebesar 28–32%. Anda dapat mengaplikasikan pupuk cair ini dengan beragam cara, seperti disemprotkan bersama pestisida atau nutrisi lainnya.

Pilih tipe pupuk berdasarkan kemudahan mendapatnya

Pemberian pupuk pada tanaman merupakan hal penting untuk pertumbuhan tanaman. Namun, masih banyak petani kecil atau pelaku usaha kecil yang kekurangan modal untuk memenuhi kebutuhan pupuk. Untuk mengatasi masalah itu, pemerintah menyediakan pupuk bersubsidi. Lalu, apa perbedaan pupuk subsidi dan nonsubsidi?

Pupuk urea bersubsidi, kualitas tetap oke dengan harga terjangkau

Pupuk urea bersubsidi ini merupakan hasil produksi perusahaan yang telah ditunjuk, seperti Petrokimia Gresik atau Pupuk Sriwidjaja Palembang. Harganya jauh lebih murah dibanding pupuk nonsubsidi. Meski begitu, kualitasnya tidak jauh berbeda dengan pupuk nonsubsidi. Hanya saja, butiran pupuk dilapisi dengan coating oil sehingga membutuhkan tambahan waktu untuk larut dan terserap.

Sayangnya, untuk penyaluran yang tepat sasaran, Anda tidak bisa membelinya secara bebas ataupun secara online di marketplace kesayangan. Pupuk bersubsidi ini hanya dijual terbatas pada para petani yang terdaftar. Sebagai tambahan, biasanya terdapat keterangan “Pupuk Bersubsidi Pemerintah” pada kemasannya. Tak hanya itu, ada juga keterangan call center, logo SNI, dan nomor izin edar.

Pupuk urea nonsubsidi, lebih cepat terserap dan mudah didapatkan

Pupuk nonsubsidi dijual bebas dengan sasaran pembeli dari berbagai kalangan, termasuk perusahaan pertanian besar ataupun pelaku usaha lainnya. Pupuk urea nonsubsidi biasanya memiliki kualitas yang lebih baik. Hal ini terutama pada jangka waktu yang diperlukan untuk larut dan diserap tanaman. Meskipun harganya lebih mahal, formulanya membuat Anda bisa mendapatkan hasil  lebih melimpah dengan penggunaan yang tepat.

8 Rekomendasi pupuk urea terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan delapan produk pupuk urea terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Disclaimer: Delapan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.

8
Jenis Urea non-prill
Variasi kemasan 25 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 1 kg)
Bentuk Granule putih
SNI
7
Jenis Urea non-prill
Variasi kemasan 2 kg, 5 kg, 10 kg, 20 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 150 g, 500 g, 1 kg)
Bentuk Granule putih
SNI
6

Petrokimia GresikPupuk Urea Petro

Mulai dari Rp 12.000,00

Jenis Urea prill
Variasi kemasan 750 g, 1 kg, 5 kg, 50 kg
Bentuk Serbuk putih
SNI
5
Jenis Urea prill
Variasi kemasan 5 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg)
Bentuk Butiran hijau
SNI
4

Pupuk Sriwidjaja PalembangPupuk Urea Pusri

Mulai dari Rp 12.000,00

Jenis Urea prill
Variasi kemasan 10 kg, 25 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 100 g, 1 kg)
Bentuk Granule putih
SNI
3

Santani IndonesiaPupuk Cair Urea Cuan

Mulai dari Rp 40.000,00

Jenis Urea non-prill
Variasi kemasan 5 L (tersedia kemasan repack 500 ml, 1 L)
Bentuk Cairan konsentrat
SNI
2

Pupuk Kalimantan TimurUrea Prill Daun Buah

Mulai dari Rp 12.000,00

Jenis Urea prill
Variasi kemasan 2 kg, 5 kg, 10 kg, 20 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 1 kg)
Bentuk Butiran putih
SNI
1
Jenis Urea prill
Variasi kemasan 25 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 500 gr, 1 kg, 5 kg)
Bentuk Butiran putih
SNI

Tabel perbandingan produk pupuk urea terbaik

Gambar produk
1
Pupuk Kujang Nitrea 1

Pupuk Kujang

2
Pupuk Kalimantan Timur Urea Prill Daun Buah 1

Pupuk Kalimantan Timur

3
Santani Indonesia Pupuk Cair Urea Cuan 1

Santani Indonesia

4
Pupuk Sriwidjaja Palembang Pupuk Urea Pusri 1

Pupuk Sriwidjaja Palembang

5
Saprotan Utama Urecote 1

Saprotan Utama

6
Petrokimia Gresik Pupuk Urea Petro 1

Petrokimia Gresik

7
Pupuk Kaltim Urea Granul Daun Buah 1

Pupuk Kaltim

8
Mestindo Mestac 1

Mestindo

Nama produk

Nitrea

Urea Prill Daun Buah

Pupuk Cair Urea Cuan

Pupuk Urea Pusri

Urecote

Pupuk Urea Petro

Urea Granul Daun Buah

Mestac

Keunggulan

Aman untuk tanaman berkat kadar biuret yang rendah

Formulanya ampuh merangsang proses fotosintesis tanaman

Fleksibel dan lebih mudah diaplikasikan dengan bentuk cair

Tanaman menjadi lebih segar dengan hasil berlipat ganda

Tingkatkan hasil panen dengan dosis pupuk yang lebih rendah

Pupuk urea buatan pabrikan terkenal dengan kandungan nitrogen tinggi

Membantu meningkatkan perkembangan tanaman dan hasil produksinya

Pupuk yang aman digunakan pada semua jenis lahan pertanian dan perkebunan

Harga mulai dari Rp 8.000,00 Rp 12.000,00 Rp 40.000,00 Rp 12.000,00 Rp 10.500,00 Rp 12.000,00 Rp 9.000,00 Rp 8.000,00
Jenis Urea prill Urea prill Urea non-prill Urea prill Urea prill Urea prill Urea non-prill Urea non-prill
Variasi kemasan 25 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 500 gr, 1 kg, 5 kg) 2 kg, 5 kg, 10 kg, 20 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 1 kg) 5 L (tersedia kemasan repack 500 ml, 1 L) 10 kg, 25 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 100 g, 1 kg) 5 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg) 750 g, 1 kg, 5 kg, 50 kg 2 kg, 5 kg, 10 kg, 20 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 150 g, 500 g, 1 kg) 25 kg, 50 kg (tersedia kemasan repack 1 kg)
Bentuk Butiran putih Butiran putih Cairan konsentrat Granule putih Butiran hijau Serbuk putih Granule putih Granule putih
SNI
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pupuk urea

Pertanyaan umum seputar pupuk urea

Setelah membaca ulasan kami di atas, mungkin masih ada beberapa pertanyaan seputar pupuk urea yang belum terjawab. Oleh sebab itu, beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar pupuk urea akan kami bahas di bawah ini. 

Kapan pupuk urea diberikan?

Waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pupuk urea adalah pagi atau sore hari. Siram tanaman terlebih dahulu, lalu buatlah lubang di dekat akar tanaman, setelahnya masukkan pupuk ke dalamnya. Tutup lubang tersebut untuk mencegah terjadinya penguapan sehingga pupuk dapat terserap dengan baik.

Apakah pupuk urea sama dengan NPK?

Pupuk urea dan pupuk NPK merupakan dua jenis pupuk kimia dan sama-sama mengandung nitrogen (N). Namun, pupuk urea yang berbentuk butiran kristal berwarna putih ini hanya mengandung unsur nitrogen dengan kadar yang tinggi.

Pupuk urea adalah jenis pupuk tunggal yang pengaplikasiannya pada tanaman memerlukan tambahan pupuk tunggal lainnya. Pupuk tunggal tersebut seperti SP36 dan KCL agar unsur makro utama terpenuhi (N, P, dan K).

Sementara itu, NPK memadukan tiga unsur, yaitu nitrogen, fosfor, dan kalium. Pupuk NPK termasuk pupuk majemuk. Pengaplikasiannya pun mudah karena tidak perlu menghitung dan mencampur kebutuhan masing-masing unsur dari pupuk tunggal.

Baca juga rekomendasi pupuk lainnya di sini

Selain pupuk urea, kami juga memiliki pembahasan mengenai jenis pupuk lainnya, seperti pupuk NPK, pupuk organik, atau lainnya. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasinya, ya.

Kesimpulan

Menjaga nutrisi tanah dengan baik merupakan salah satu cara untuk membuat tanaman tumbuh subur. Pemberian pupuk urea merupakan salah satu cara untuk memenuhi unsur nitrogen yang dibutuhkan tanaman. Dengan unsur nitrogen yang cukup, sayur, buah, hingga padi pun akan tumbuh dengan baik.

Melalui ulasan ini, kami harap Anda bisa mendapatkan pupuk urea terbaik untuk tanaman Anda. Berikan pupuk sesuai takaran dan waktu pengaplikasian yang tepat. Selamat memilih!


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.