Review 10 Rekomendasi Saus Gochujang yang Enak (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 10 Rekomendasi Saus Gochujang yang Enak (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Saus Gochujang yang Enak (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Saus Gochujang yang Enak (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Saus Gochujang yang Enak (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Saus Gochujang yang Enak (Terbaru Tahun 2022) 5

Makanan Korea banyak mencuri hati orang Indonesia. Salah satu bumbu yang tak dapat dilewatkan dalam masakan Korea adalah saus gochujang. Saus gochujang adalah saus hasil fermentasi cabai dan beras yang menghasilkan rasa pedas, manis, serta kecut. Sudah ada banyak saus gochujang yang dijual di e-commerce Indonesia.

CJ Foods, Sempio, dan Daesang adalah merek saus gochujang dari Korea. Selain itu, ada juga merek saus gochujang halal, seperti RED1 dan Kikkoman. Anda dapat membaca terlebih dahulu tips dari kami untuk memilih saus gochujang yang enak. Yuk, langsung saja simak artikelnya!

Daftar Isi

Apa itu saus gochujang?

Apa itu saus gochujang?

Bagi para pencinta makanan Korea, saus gochujang pasti sudah tak asing lagi untuk Anda. Gochujang adalah fermentasi beras ketan dan cabai dalam bentuk pasta. Proses fermentasi tersebut berjalan selama bertahun-tahun dalam pot tanah liat yang disimpan di luar ruangan. Alhasil, beras ketan akan mendapatkan fermentasi dan menghasilkan gula serta alkohol.

Saus gochujang berwarna merah dan memiliki aroma pedas yang sangat pekat. Rasa pedas manis dari saus gochujang adalah salah satu kunci dari kelezatan makanan Korea. Rasa tersebut juga menambahkan “kedalaman” rasa dalam tiap masakan Korea.

Saus gochujang biasanya ditambahkan ke dalam makanan saat dimasak, bukan sebagai saus pendamping. Namun, Anda bisa menemukan saus gochujang untuk cocolan di e-commerce Indonesia. Anda pun dapat menggunakan saus gochujang sebagai saus marinasi atau saus tambahan di dalam rebusan. Untuk menyeimbangkan rasa gochujang yang pekat, tambahkan madu, gula, kecap asin, ataupun minyak wijen.


Cara memilih saus gochujang

Sebelum merekomendasikan produk saus gochujang yang enak, kami akan memberikan tips memilih saus gochujang. Simak poin-poin berikut ini untuk menemukan saus gochujang yang sesuai dengan selera.

Ketahui terlebih dahulu bahan dasar gochujang

Ketahui terlebih dahulu bahan dasar gochujang

Hal pertama yang perlu Anda pastikan sebelum membeli saus gochujang adalah membaca komposisi bahannya. Tak sedikit saus gochujang yang menggunakan bahan lebih simpel sehingga rasanya kurang kompleks.

Apabila Anda menginginkan rasa yang autentik, pastikan komposisinya mengandung sirop jagung, beras ketan atau beras, cabai merah, dan bubuk cabai. Salah satu bahan penting dalam pembuatan saus gochujang adalah mejugaru atau fermented soybean flour. 

Perhatikan logo halalnya untuk umat muslim

Perhatikan logo halalnya untuk umat muslim

Gochujang memang dibuat dengan proses fermentasi yang menghasilkan alkohol. Namun, beberapa produsen menambahkan alkohol lagi di dalam produk saus gochujang. Tambahan alkohol tersebut berfungsi untuk menambah cita rasa masakan Anda.

Bahan tambahan itu tentunya membuat umat muslim tidak dapat mengonsumsi saus gochujang tersebut. Sebelum membeli saus gochujang, pastikan produknya sudah mendapatkan sertifikasi halal, terutama halal dari MUI. Berikutnya, pastikan juga komposisinya tidak mengandung alkohol, ya.

Sekarang sudah ada banyak saus gochujang yang mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Di sisi lain, ada juga produk gochujang lokal yang halal dengan harga yang lebih terjangkau.

Pastikan Anda memilih kemasan yang sesuai

Ada dua macam kemasan saus gochujang yang dapat Anda temui di pasaran, yaitu kemasan box dan botol. Kami akan menjelaskan kelebihan kedua jenis kemasan tersebut.

Kemasan box, mudah diambil kapan pun saat memasak

Saus gochujang dalam kemasan box merupakan produk yang paling umum Anda temui. Anda perlu menggunakan sendok bersih untuk mengambil saus gochujang dari dalam kotaknya. Kemasan ini juga memudahkan Anda mengambil saus gochujang kapan saja saat memasak, bahkan saat saus sudah tersisa sedikit.

Kemasan botol, lebih higienis saat digunakan tanpa perlu sendok

Kemasan botol merupakan kemasan yang praktis. Saus gochujang dalam botol dapat langsung Anda keluarkan tanpa perlu sendok. Meski begitu, Anda perlu usaha ekstra untuk mengeluarkan saus gochujang saat isinya tinggal sedikit.

10 Rekomendasi saus gochujang yang enak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saus gochujang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Coconut SecretCoconut Aminos Gochujang

Mulai dari Rp 161.900,00

Isi237 ml
KomposisiChickpea miso, air, mirin, coconut vinegar, gochugaru, coconut crystals+, smoked paprika, garam himalaya, bubuk cabai
HalalTidak disebutkan
9
Isi170 gram, 500 gram
KomposisiTidak disebutkan
HalalX
8
Isi170 g, 500 g, 1 kg, 2,8 kg, 14 kg
KomposisiBeras, air, sirop jagung, bubuk cabai, garam, kedelai, alkohol, ekstrak gandum, kecap asin, konsentrat jus bawang putih, koji starter
Halal✔︎
7
Isi200 gram, 500 gram
KomposisiSirup jagung, bumbu cabai, beras, air, garam, bubuk cabai, spirit, kedelai, beras ketan, tepung beras, malt
Halal✔︎
6
Isi200 gram, 500 gram, 1 kg, 20 kg
KomposisiPasta cabai, garam, gula
Halal✔︎
5
Isi125 ml, 325 ml
KomposisiCabai, gula, garam, konsentrat apel, cuka, bawang putih, air, kecap asin
Halal✔︎
4

DaesangChung Jung One – Sunchang Gochujang

Mulai dari Rp 47.000,00

Isi500 gram, 1 kg
KomposisiBeras, sirop jagung, air, campuran bumbu, cabai merah, pasta cabai, oligosakarida, garam laut, bubuk cabai, tepung beras ketan, spirit, ekstrak ragi
HalalTidak disebutkan
3
Isi300 gram, 500 gram, 1 kg
KomposisiTidak disebutkan
Halal✔︎
2
Isi170 gram, 500 gram
KomposisiSirop jagung, saus cabai, air, tepung terigu, gandum, garam, alkohol, bumbu, beras bubuk, kacang kedelai bubuk, MSG, lada merah bubuk, biji malt
HalalX
1

Kikkoman Saus Pedas ala Korea (Gochujang)

Mulai dari Rp 25.000,00

Isi300 gram, 2,2 kg, 5,7 kg
KomposisiPasta cabai, air, sirop jagung, hasil fermentasi kedelai, garam, perisa sintetik tauco, perisa sintetik kecap, minyak cabai, sukralosa, bawang putih bubuk
Halal✔︎

Tabel perbandingan produk saus gochujang yang enak

Gambar produk
1
Kikkoman  Saus Pedas ala Korea (Gochujang) 1

Kikkoman

2
Sajo Gochujang 1

Sajo

3
Sparindo Food RED1 Gochujang 1

Sparindo Food

4
Daesang Chung Jung One - Sunchang Gochujang 1

Daesang

5
Heinz Korean Gourmet Chili ala Gochujang 1

Heinz

6
Java Super Food Saus Gochujang 1

Java Super Food

7
CJ Foods Haechandle Saus Gochujang 1

CJ Foods

8
Sempio Gochujang 1

Sempio

9
CJ Foods Haechandle Chogochujang 1

CJ Foods

10
Coconut Secret Coconut Aminos Gochujang 1

Coconut Secret

Nama produk

Saus Pedas ala Korea (Gochujang)

Gochujang

RED1 Gochujang

Chung Jung One – Sunchang Gochujang

Korean Gourmet Chili ala Gochujang

Saus Gochujang

Haechandle Saus Gochujang

Gochujang

Haechandle Chogochujang

Coconut Aminos Gochujang

Keunggulan

Cukup satu saus saja, berbagai makanan Korea tersaji dengan lezat

Rasa yang diberikan sangat pas dijadikan sebagai saus marinasi

Bisa jadi saus memasak, bisa jadi cocolan juga

Asli berasal dari daerah Sunchang di Korea

Saus sambal dengan cita rasa gochujang yang autentik

Saus gochujang halal kemasan besar, cocok untuk usaha kuliner Korea

Saus gochujang tanpa alkohol, cita rasa pedasnya khas Korea

Rasa pedasnya makin lama makin nendang!

Saus gochujang dengan tambahan vinegar, cocok untuk dressing

Bebas gluten dan kedelai, rasanya tetap autentik!

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 18.000,00Rp 22.500,00Rp 47.000,00Rp 9.300,00Rp 16.353,00Rp 27.900,00Rp 24.000,00Rp 60.000,00Rp 161.900,00
Isi300 gram, 2,2 kg, 5,7 kg170 gram, 500 gram300 gram, 500 gram, 1 kg500 gram, 1 kg125 ml, 325 ml200 gram, 500 gram, 1 kg, 20 kg200 gram, 500 gram170 g, 500 g, 1 kg, 2,8 kg, 14 kg170 gram, 500 gram237 ml
KomposisiPasta cabai, air, sirop jagung, hasil fermentasi kedelai, garam, perisa sintetik tauco, perisa sintetik kecap, minyak cabai, sukralosa, bawang putih bubukSirop jagung, saus cabai, air, tepung terigu, gandum, garam, alkohol, bumbu, beras bubuk, kacang kedelai bubuk, MSG, lada merah bubuk, biji maltTidak disebutkanBeras, sirop jagung, air, campuran bumbu, cabai merah, pasta cabai, oligosakarida, garam laut, bubuk cabai, tepung beras ketan, spirit, ekstrak ragiCabai, gula, garam, konsentrat apel, cuka, bawang putih, air, kecap asinPasta cabai, garam, gulaSirup jagung, bumbu cabai, beras, air, garam, bubuk cabai, spirit, kedelai, beras ketan, tepung beras, maltBeras, air, sirop jagung, bubuk cabai, garam, kedelai, alkohol, ekstrak gandum, kecap asin, konsentrat jus bawang putih, koji starterTidak disebutkanChickpea miso, air, mirin, coconut vinegar, gochugaru, coconut crystals+, smoked paprika, garam himalaya, bubuk cabai
Halal✔︎X✔︎Tidak disebutkan✔︎✔︎✔︎✔︎XTidak disebutkan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar saus gochujang

Pertanyaan umum seputar saus gochujang

Kami sudah memaparkan beberapa informasi terkait saus gochujang, termasuk rekomendasi produk terbaiknya. Berikutnya, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum seputar saus gochujang. Simak jawaban dari kami untuk menambah wawasan Anda.

Saus gochujang dapat digunakan untuk makanan apa saja?

Saus gochujang memang dibuat khusus untuk menghasilkan cita rasa makanan khas Korea. Anda dapat menggunakan saus gochujang untuk membuat tteokbokki, bibimbap, kimchi jjigae (sup kimchi), budae jjigae, maeun dakbal (ceker pedas), dan nasi goreng kimchi. Selain itu, gochujang dapat dijadikan sebagai saus marinasi daging dan seafood.

Apa saja bahan pengganti gochujang?

Apabila Anda tidak memiliki saus gochujang, Anda dapat menggunakan campuran bubuk cabai, kecap asin, dan gula. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan campuran miso dan cabai sebagai pengganti gochujang.

Baca juga rekomendasi makanan khas korea lainnya di sini

Makanan dari Korea memang sangat menggugah selera. Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah, lho. Kami punya artikel lainnya yang membahas makanan khas Korea lainnya. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan bahan-bahan yang Anda butuhkan, ya!

Kesimpulan

Menghasilkan makanan dengan cita rasa yang autentik membutuhkan bahan makanan yang sesuai, termasuk untuk sajian Korea. Salah satu bumbu masak Korea yang bisa Anda simpan di rumah adalah saus gochujang. Saus ini memang merupakan saus khas masakan Korea.

Pastikan Anda memilih saus gochujang dengan bahan-bahan yang sesuai agar menghasilkan rasa yang khas. Jangan lupa juga untuk memastikan kehalalan produk yang Anda pilih, ya. Selamat berkreasi dengan saus gochujang!


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.