Review 10 Rekomendasi Restoran Terbaik di Surabaya (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 10 Rekomendasi Restoran Terbaik di Surabaya (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Restoran Terbaik di Surabaya (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Restoran Terbaik di Surabaya (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Restoran Terbaik di Surabaya (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Restoran Terbaik di Surabaya (Terbaru Tahun 2022) 5

Sebagai salah satu kota pelabuhan besar di Indonesia, Surabaya menjadi kota yang terkenal dengan khazanah kulinernya. Di Surabaya terdapat beragam kuliner nikmat yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari makanan khas Jawa Timur, Chinese food, hingga western food, semua bisa dijumpai dengan mudah.

Warung Bu Kris, Soto Ayam Lamongan Cak Har, dan Beatus Alfresco Dining & Grill adalah daftar restoran yang layak dikunjungi. Selain itu, masih ada deretan restoran enak lainnya yang siap memanjakan lidah Anda. Simak terus artikel ini hingga akhir untuk mengetahui restoran terbaik di Surabaya.

Daftar Isi

Baca juga:   10 Susu Terbaik untuk Mendukung Program Kehamilan (2021)

Surabaya, Kota Pahlawan yang terkenal dengan surga kulinernya

Surabaya, Kota Pahlawan yang terkenal dengan surga kulinernya

Surabaya adalah ibukota dari provinsi Jawa Timur. Kota yang dikenal dengan julukan Kota Pahlawan ini merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Di masa lalu, kota pelabuhan ini menjadi pusat niaga yang sama besarnya dengan Hong Kong dan Shanghai. Tak heran jika akhirnya banyak pedagang asal Tiongkok yang datang dan menetap di Surabaya. 

Keberadaan Surabaya sebagai kota pelabuhan pada akhirnya mempengaruhi ragam kulinernya. Di Surabaya mudah dijumpai makanan yang berasal dari bangsa luar, misalnya Chinese foodUntuk makanan lokalnya sendiri banyak dipengaruhi oleh masakan Madura. Sebagai pulau penghasil garam, rasa masakannya cenderung asin.


Masakan Surabaya juga banyak yang berbahan dasar petis dengan rasa gurih dan aroma sedikit amis. Hal itu membuat makanan Surabaya memiliki rasa yang unik. Jika Anda berkunjung ke Surabaya, pastikan untuk menikmati deretan kulinernya yang lezat, ya!


Cara memilih restoran di Surabaya

Banyaknya restoran di Surabaya pasti membuat Anda bingung memilihnya. Untuk mempermudah Anda memilih restoran terbaik, kami akan memberikan sedikit tips. Simak baik-baik, ya!

Pilih berdasarkan jenis makanan yang ingin disantap

Pertama-tama, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis makanan apa yang ingin Anda santap. Ada makanan khas Surabaya atau Jawa Timur, Western food, dan Asian food. Mana kira-kira yang ingin Anda cari? 

Makanan khas Surabaya dan Jawa Timuran, olahan lokal yang melegenda

Makanan khas Surabaya dan Jawa Timuran, olahan lokal yang melegenda

Jika Anda seorang turis yang sedang berkunjung ke Surabaya, belum lengkap jika Anda tidak mencicipi makanan khas Jawa Timur. Beberapa makanan khasnya adalah bebek goreng, tahu tek, soto lamongan, rawon, lontong balap, lontong kupang, dan rujak cingur.

Makanan khas Jawa Timur mungkin akan mudah Anda jumpai di kota lain. Namun, khusus untuk rujak cingur, lontong balap, dan tahu tek, sebaiknya Anda mencoba di kota asalnya supaya mendapatkan rasa yang autentik. Rujak cingur adalah campuran antara buah dan sayur yang ditambahkan bumbu kacang dan petis. Yang menjadikan rujak ini khas dan beda dari lainnya adalah campuran cingur atau hidung sapi di dalam rujaknya

Lontong balap adalah campuran lontong, toge, dan tahu goreng yang diguyur dengan kuah gurih. Makanan ini biasanya disantap dengan sate kerang dan lentho, gorengan yang terbuat dari kacang tolo. Terakhir, tahu tek adalah campuran tahu goreng, telur dadar, taoge, timun, dan lontong yang disiram dengan bumbu kacang. Buat Anda yang penasaran, jangan lupa cari restoran yang menyediakan makanan ini, ya! 

Western food, jajaran makanan khas Amerika atau Italia

Western food, jajaran makanan khas Amerika atau Italia

Bila Anda mencari makanan Barat, seperti piza, burger, steak, dan semacamnya, di Surabaya ada banyak restoran yang menyajikan makanan ini. Anda bisa secara khusus mencari restoran western, cafe, atau restoran hotel yang banyak menyajikan makanan jenis ini.

Asian Food, mulai dari Chinese food hingga Korean food

Asian Food, mulai dari Chinese food hingga Korean food

Anda mencari restoran Jepang atau Korea? Tidak masalah. Di Surabaya ada banyak restoran yang menyajikan makanan Asia seperti itu. Tak hanya itu saja, karena penduduk Surabaya banyak yang beretnis Tionghoas, restoran Chinese food pun mudah ditemukan di Surabaya.

 
Namun, bila Anda beragama Islam, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu apakah restoran tersebut menyediakan makanan halal atau tidak. Hal ini karena beberapa restoran Asian food di Surabaya mengandung pork, terutama di daerah-daerah pusat kuliner baru.  

Pertimbangkan suasana restorannya

Beberapa orang juga biasanya mencari restoran berdasarkan vibes atau suasana restorannya. Ada yang menyukai tampilan restoran yang mewah, vintage, kasual, atau cozy semacam kafe. Suasana apa yang ingin Anda dapatkan? 

Vintage: Suasana zaman dahulu yang timbulkan nostalgia

Vintage: Suasana zaman dahulu yang timbulkan nostalgia

Bila Anda ingin vintage vibes, Anda bisa mencari restoran yang sudah lama berdiri di Surabaya. Salah satunya adalah restoran es krim Zangrandi yang sudah ada sejak tahun 1930-an. Tak hanya rasa makanannya yang autentik, interior restorannya pun masih sangat vintage

Anda akan terasa kembali ke zaman dahulu dengan interior ala Belanda yang sangat khas. Ada pula restoran vintage dengan suasana Indonesia zaman dahulu yang menggunakan perabotan mayoritas kayu atau bambu. Jika Anda menyukai suasana semacam ini, datanglah ke restoran-restoran klasik dan vintage.  

Luxury: Memiliki interior yang mewah dengan pelayanan dan makanan berkualitas tinggi

Luxury: Memiliki interior yang mewah dengan pelayanan dan makanan berkualitas tinggi

Untuk acara spesial seperti anniversary, birthday dinner, atau lamaran, Anda bisa mencari restoran dengan suasana yang luxury atau mewah. Restoran mewah tak hanya dilihat berdasarkan interiornya saja, tetapi bisa juga dilihat dari pelayanan dan harganya

Meskipun harganya cukup tinggi, makanan yang disajikan umumnya juga punya kualitas yang sangat baik. Restoran jenis ini biasanya sangat menjaga privasi pelanggannya. Anda juga bisa mencari restoran model lounge dengan pemandangan kota. 

Casual dining: Restoran dengan suasana kasual dan cocok untuk keluarga

Casual dining: Restoran dengan suasana kasual dan cocok untuk keluarga

Bila ingin makan bersama keluarga besar, restoran dengan suasana kasual adalah pilihan yang paling ideal. Casual dining adalah jenis restoran yang menyajikan makanan dengan harga terjangkau dan suasananya lebih kasual. Sistem pelayanannya ada yang bergaya prasmanan ada pula layanan meja kasir.

Berhubung kasual, Anda bisa datang dengan pakaian santai. Beberapa restoran casual dining ada yang dilengkapi AC, ada pula yang tidak. Demi kenyamanan, pillihlah restoran yang areanya bersaih dan luas, terlebih jika Anda membawa anak-anak.

Chill and cozy: Restoran kafe yang mengutamakan kenyamanan

Chill and cozy: Restoran kafe yang mengutamakan kenyamanan

Bila Anda mencari restoran yang chill and cozy, carilah restoran kekinian dengan interior modern. Anda juga bisa memilih restoran semi-outdoor dan berkonsep kafe atau working space. Restoran semacam ini cocok untuk Anda yang ingin hangout, bekerja, atau meeting.

Restoran model ini umumnya memperbolehkan Anda berlama-lama menikmati suasana restorannya. Waktu makan Anda tak akan dibatasi. Anda pun tak perlu merasa tidak enak karena antrian yang panjang. 

Cari berdasarkan lokasi dan kemudahan aksesnya

Cari berdasarkan lokasi dan kemudahan aksesnya

Surabaya dibagi menjadi lima kawasan, yaitu pusat, utara, selatan, barat, dan timur. Untuk memilih restoran, Anda juga bisa menentukan berdasarkan lokasinya atau yang terdekat dengan tempat menginap. Bila Anda mencari restoran kekinian dan Instagrammable, area Surabaya barat dan selatan adalah area yang tepat. Di daerah ini banyak kafe dan restoran-restoran terkini yang sedang hits

Selain lokasi, pastikan juga akses ke restoran tersebut mudah dicapai, khususnya untuk Anda yang naik transportasi umum atau transportasi online. Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, pastikan tempat parkirnya memadai.

10 Rekomendasi restoran terbaik di Surabaya

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh restoran terbaik di Surabaya yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di situs Tripadvisor.co.id

10
Lokasi Surabaya selatan
Jenis makanan Western, Indonesian food
Tipe restoran Chill and cozy
Kisaran harga Rp 75k-200k/orang
Rating TripAdvisor 4 dari 5
9
Lokasi Surabaya pusat
Jenis makanan Dessert, Indonesian food
Tipe restoran Vintage
Kisaran harga Rp75k-200k/orang
Rating TripAdvisor 4 dari 5
8
Lokasi Surabaya timur
Jenis makanan Makanan khas Surabaya
Tipe restoran Casual dining
Kisaran harga <Rp75k/orang
Rating TripAdvisor 4 dari 5
7
Lokasi Surabaya pusat, timur, barat, selatan
Jenis makanan Indonesian food
Tipe restoran Casual dining
Kisaran harga < Rp75k/orang
Rating TripAdvisor 4 dari 5
6
Lokasi Surabaya pusat
Jenis makanan Western food
Tipe restoran Luxury, chill and cozy
Kisaran harga Rp75k-200k/person
Rating TripAdvisor 4 dari 5
5
Lokasi Surabaya pusat
Jenis makanan Indonesian, Western, Asian food
Tipe restoran Casual dining
Kisaran harga Rp75k-200k/orang
Rating TripAdvisor 4,5 dari 5
4
Lokasi Surabaya barat dan selatan
Jenis makanan Western
Tipe restoran Luxury
Kisaran harga Rp 200k-500k/orang
Rating TripAdvisor 4,5 dari 5
3
Lokasi Surabaya timur dan barat
Jenis makanan Seafood, Indonesian food
Tipe restoran Casual dining
Kisaran harga Rp200k-500k/orang
Rating TripAdvisor 4,5 dari 5
2
Lokasi Surabaya timur
Jenis makanan Western, Asian, Indonesian food
Tipe restoran Luxury
Kisaran harga Rp200k-500k/orang
Rating TripAdvisor 4,5 dari 5
1
Lokasi Surabaya barat dan timur
Jenis makanan Dessert, Asian food
Tipe restoran Casual dining
Kisaran harga Rp 75k-200k/orang
Rating TripAdvisor 4,5 dari 5

Tabel perbandingan restoran terbaik di Surabaya

Gambar produk
1
Madame Chang 1

2
Harris Hotel Seventeen Skyview Resto & Lounge 1

Harris Hotel

3
Layar Seafood 1

4
Beatus Alfresco Dining & Grill 1

5
Elmi Hotel The Coffee Shop at Elmi Hotel 1

Elmi Hotel

6
Boncafe Steak & Ice Cream 1

7
Warung Bu Kris 1

8
Soto Ayam Lamongan Cak Har 1

9
Zangrandi Ice Cream 1

10
Monopole Coffee Lab 1

Nama produk

Madame Chang

Seventeen Skyview Resto & Lounge

Layar Seafood

Beatus Alfresco Dining & Grill

The Coffee Shop at Elmi Hotel

Boncafe Steak & Ice Cream

Warung Bu Kris

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Zangrandi Ice Cream

Monopole Coffee Lab

Keunggulan

Menyajikan Asian food serta dessert sehat yang lezat

Rasakan makan malam romantis dengan pemandangan kota Surabaya

Hidangan lautnya dijamin fresh dan tidak mengecewakan!

Restoran langganan para artis, menu kepitingnya wajib dicoba!

Restoran klasik di hotel legendaris yang buka 24 jam!

Rasakan kelembutan daging steak-nya yang lumer di mulut

Penyetan khas Jawa Timur yang pastinya bikin nagih

Soto lamongan terbaik di Surabaya

Sudah ada sejak tahun 1930, tempatnya vintage dan rasa es krimnya klasik

Nyaman untuk kerja, asyik buat nongkrong

Lokasi Surabaya barat dan timur Surabaya timur Surabaya timur dan barat Surabaya barat dan selatan Surabaya pusat Surabaya pusat Surabaya pusat, timur, barat, selatan Surabaya timur Surabaya pusat Surabaya selatan
Jenis makanan Dessert, Asian food Western, Asian, Indonesian food Seafood, Indonesian food Western Indonesian, Western, Asian food Western food Indonesian food Makanan khas Surabaya Dessert, Indonesian food Western, Indonesian food
Tipe restoran Casual dining Luxury Casual dining Luxury Casual dining Luxury, chill and cozy Casual dining Casual dining Vintage Chill and cozy
Kisaran harga Rp 75k-200k/orang Rp200k-500k/orang Rp200k-500k/orang Rp 200k-500k/orang Rp75k-200k/orang Rp75k-200k/person < Rp75k/orang <Rp75k/orang Rp75k-200k/orang Rp 75k-200k/orang
Rating TripAdvisor 4,5 dari 5 4,5 dari 5 4,5 dari 5 4,5 dari 5 4,5 dari 5 4 dari 5 4 dari 5 4 dari 5 4 dari 5 4 dari 5
Tautan produk

Baca juga rekomendasi akomodasi dan restoran lainnya di sini

Selain berkunjung ke Surabaya, Anda juga bisa mengunjungi kawasan lain di Jawa Timur, seperti Malang dan Batu. Daerah ini bisa Anda tempuh hanya dalam waktu 2-3 jam saja dari Surabaya. Berikut ini beberapa rekomendasi penginapan maupun restoran yang bisa Anda coba saat berwisata ke Surabaya, Malang, dan Batu.

Kesimpulan

Restoran di Surabaya yang bisa Anda coba sangatlah banyak dan beragam. Namun, rekomendasi dari kami tentu tak boleh dilewatkan. Bila mampir ke Surabaya, jadikanlah artikel ini sebagai referensi.

Jangan lupa juga untuk cek jam buka dan tutup restoran, atau melakukan reservasi dahulu sebelum datang. Jadi, Anda tak akan kecewa karena tidak buka atau tidak kebagian tempat duduk. Saat berkunjung, pastikan juga untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.