Review 10 Rekomendasi Primer Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 10 Rekomendasi Primer Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Primer Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Primer Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Primer Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Primer Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2022) 5

Primer dibutuhkan untuk membantu membuat tampilan makeup menjadi lebih halus, menyatu, dan tahan lama. Namun, untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat, dibutuhkan primer khusus agar jerawat tidak makin meradang dan penampilan tetap paripurna.

Kini, sudah banyak merek primer yang bagus beredar di pasaran seperti, Wardah, Maybelline, dan Make Over. Namun, mungkin Anda masih bingung dalam memilih primer yang bagus untuk kulit berjerawat. Maka dari itu, simak artikel kami kali ini untuk mengetahui cara memilih dan rekomendasi primer terbaik untuk kulit berjerawat. Yuk, dibaca sampai selesai!

Daftar Isi

Apa saja yang perlu diperhatikan saat kulit sedang berjerawat?

Apa saja yang perlu diperhatikan saat kulit sedang berjerawat?

Ada banyak faktor yang dapat memicu terjadinya jerawat. Hal-hal seperti tersumbatnya pori-pori oleh sebum yang berlebih sampai dengan kandungan makeup yang tidak cocok. Kulit yang sedang berjerawat terkadang membutuhkan perawatan khusus. Tentu saja hal itu penting dilakukan agar jerawat Anda tidak makin parah dan menimbulkan masalah kulit yang lain.

  • Bersihkan wajah secara menyeluruh: Timbulnya jerawat bisa terjadi karena penumpukan kotoran di wajah Anda. Maka dari itu, double cleansing perlu untuk dilakukan. Sebelum mencuci wajah dengan sabun muka, ada baiknya untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dengan micellar water atau cleansing balm.


  • Gunakan produk dengan kandungan untuk melawan jerawat: Anda pasti tidak ingin jerawat betah berlama-lama di wajah Anda bukan? Anda butuh produk skincare yang memiliki kandungan untuk melawan sekaligus merawat kulit berjerawat seperti tea tree dan salicylic acid.


  • Hindari penggunaan skincare yang terlalu banyak layer: Ketika kulit sedang berjerawat, sebaiknya gunakan rangkaian skincare seminimal mungkin. Fokus saja pada perawatan jerawat dan perbaikan skin barrier Anda. Skincare yang terlalu berlapis membuat kulit Anda sulit bernafas dan malah memperparah kondisi jerawat Anda.

  • Mengurangi penggunaan makeup: Biarkan kulit Anda bebas dari makeup saat sedang mengalami jerawatan. Namun, apabila Anda memang harus menggunakan makeup, gunakan setipis mungkin dan pilih makeup yang aman untuk jerawat Anda. Misalnya, pilihlah primer khusus untuk kulit yang sedang berjerawat.


Cara memilih primer untuk kulit berjerawat

Primer memang bisa membantu menyamarkan pori-pori sehingga membuat tampilan menjadi lebih halus. Namun, primer juga dapat memerangkap keringat dan kotoran sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan terjadinya jerawat. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini saat memilih primer untuk kulit berjerawat.

Tentukan jenis primernya

Tentukan jenis primernya

Umumnya, primer berbentuk gel karena mengandung silikon yang berfungsi untuk menyamarkan pori-pori. Kini, primer hadir dalam berbagai jenis dan tekstur. Anda juga dapat memilih hasil akhir dari primer yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Gel: Primer jenis ini adalah yang paling umum dijual di pasaran. Ada dua tipe primer gel, yaitu tipe water based dan silicone based. Tipe silicone based  berfungsi untuk mengisi pori-pori agar tekstur kulit terlihat lebih merata. Karena hal itu, pengaplikasian silicone based primer cukup sedikit saja agar kulit tidak terlalu terasa berat. Sementara tipe water based  biasanya formulanya ringan dan berfungsi melembapkan juga.


  • Krim: Primer dengan tekstur krim memiliki kandungan terbesar air atau disebut water based. Berbeda dengan jenis gel yang transaparan, primer jenis krim biasanya memiliki warna. Maka dari itu, primer jenis ini biasanya menawarkan kemampuan coverage dan dapat digunakan untuk menyamakan warna kulit.

  • Spray: Primer jenis ini juga merupakan tipe water based dan dikombinasikan dengan bahan-bahan skincare dalam formulanya. Spray primer didesain untuk dapat membantu melembapkan sekaligus menghaluskan tekstur kulit. Selain digunakan sebagai primer, spray primer juga biasanya dapat digunakan sebagai setting spray.

Perhatikan komposisi bahannya

Komposisi bahan atau ingredients adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika memilih primer, apalagi untuk kulit berjerawat. Kondisi kulit menjadi lebih rentan dan sensitif saat sedang berjerawat sehingga pastikan untuk memilih primer yang formulanya ringan. Selain itu, pertimbangkan primer yang mengandung bahan-bahan berikut ini.

Asam salisilat, bekerja aktif singkirkan kotoran dan kulit mati

Asam salisilat, bekerja aktif singkirkan kotoran dan kulit mati

Asam salisilat atau salicylic acid adalah bahan aktif yang sering ditemukan dalam skincare. Fungsi asam salisilat adalah untuk mengatasi masalah jerawat, mulai dari menghilangkan komedo hingga mengangkat sel kulit mati. Kini, kandungan asam salisilat juga dapat ditemukan dalam primer sehingga menciptakan produk primer yang aman untuk kulit berjerawat.

Centella asiatica, bantu hilangkan bekas jerawat

Centella asiatica, bantu hilangkan bekas jerawat

Selain asam salisilat, kandungan skincare lain yang kini dapat ditemukan pada primer adalah Centella asiatica. Dikenal karena manfaatnya yang tidak hanya efektif melawan jerawat, tetapi juga mempercepat penyembuhan luka karena jerawat. Ditambah lagi, Centella asiatica juga mampu mengatasi noda bekas jerawat dan mencegah produksi minyak berlebih. Primer dengan kandungan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit acne prone.

Niacinamide, bantu hadirkan kulit wajah yang lebih kencang

Niacinamide, bantu hadirkan kulit wajah yang lebih kencang

Siapa yang tidak kenal niacinamide dan manfaatnya untuk kulit? Selain dapat mencerahkan warna kulit, niacinamide juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat, lho. Niacinamide dipercaya cukup efektif terutama untuk menyingkirkan jerawat jenis papules dan pustules yang sedang meradang. Tidak hanya itu, penggunaan niacinamide secara rutin dapat memudarkan noda bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit.

Periksa kandungan yang harus dihindari kulit berjerawat

Periksa kandungan yang harus dihindari kulit berjerawat

Biasanya, primer yang dibuat khusus untuk kulit berjerawat akan menghindari bahan-bahan yang akan memperparah kondisi kulit. Meskipun demikian, beberapa produk primer juga masih menggunakan bahan-bahan tersebut untuk memberikan efek tertentu pada kulit. Karena itu, saat memilih primer, coba periksa apakah bahan-bahan berikut ada dalam komposisinya.

  • Bismuth oxychloride: Sering digunakan dalam komposisi makeup untuk memberi efek halus dan shimmering. Namun pada banyak kasus, bahan ini dapat menyebabkan rasa gatal, ruam, breakout, hingga jerawat kistik.

  • Lauric acid: Coconut oil merupakan kandungan yang banyak dijadikan sebagai bahan tambahan dalam produk skincare dan makeup. Akan tetapi, lauric acid yang terkandung di dalamya merupakan bahan yang sangat komedogenik. Hal ini tentu saja harus dihindari apalagi untuk kulit yang sedang berjerawat.

  • Isopropyl isostearate: Merupakan turunan dari stearic acid. Bila Anda menemukan primer yang teksturnya sheer atau seperti lotion, periksa apakah mengandung bahan ini. Jika iya, sebaiknya tinggalkan karena isopropyl isostearate dapat membuat pori-pori tersumbat dan jerawat breakout.

Pertimbangkan primer dengan hasil akhir matte

Pertimbangkan primer dengan hasil akhir matte

Kulit kering dan kulit berminyak membutuhkan primer yang mengandung bahan pelembap untuk mencegah kulit dehidrasi. Bagi pemilik kulit kering, kandungan pelembap adalah hal yang wajib. Selain berguna untuk menjaga kelembapan, primer berpelembap juga dapat mencegah makeup menjadi crack dan memicu keriput. Akan lebih baik juga apabila memilih primer dengan hasil akhir dewy.


Sedangkan untuk kulit berminyak dan cenderung acne prone, pilihlah primer dengan hasil akhir yang matte. Primer yang matte dapat menahan minyak dan membuat wajah tampak smoothMeskipun begitu, primer yang dipilih juga harus mengandung pelembap agar kulit tidak memproduksi sebum berlebih karena kurang terhidrasi. Maka dari itu, pilih primer yang mengandung pelembap seperti glycerin, squalane, dan betaine.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi primer terbaik untuk kulit berjerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk primer terbaik untuk kulit berjerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

e.l.f.Blemish Control Face Primer

Mulai dari Rp 181.000,00

JenisKrim
Isi14 ml
KomposisiTea tree oil, salicylic acid, vitamin E
Hasil akhirMatte
9
JenisKrim
Isi20 ml
KomposisiAllantoin, Centella asiatica, ceramide 3, niacinamide
Hasil akhirMatte
8
JenisKrim
Isi20 ml
KomposisiTitanium dioxide
Hasil akhirMatte
7
JenisKrim
Isi30 ml
KomposisiGliserin, titanium dioxide
Hasil akhirMatte
6

Mineral BotanicaDura-Wear Pore Refining Primer

Mulai dari Rp 80.000,00

JenisKrim
Isi20 gr
KomposisiCastor seed oil, vitamin C, bisabolol, sodium hyaluronate
Hasil akhirTidak disebutkan
5

LuxcrimePerfect Canvas – Mattifying Poreless Primer

LXC-000076

Mulai dari Rp 99.000,00

JenisKrim
Isi30 gr
KomposisiAllantoin, gliserin, Tocopherol, titanium dioxide
Hasil akhirMate
4
JenisGel
Isi20 ml
KomposisiDimethicone crosspolymer
Hasil akhirMatte
3

Studio TropikBalance Priming Water

Mulai dari Rp 99.000,00

JenisSpray
Isi30 ml, 150 ml
KomposisiNiacinamide, zinc
Hasil akhirMatte
2

Make Over Powerstay Color Correcting Primer 25 ml

Mulai dari Rp 89.000,00

JenisKrim
Isi25 ml
KomposisiAllantoin, antioksidan
Hasil akhirMatte
1

MaybellineNew Baby Skin Instant Pore Eraser

Mulai dari Rp 110.000,00

JenisGel
Isi20 ml
KomposisiEkstrak cherry
Hasil akhirMatte

Tabel perbandingan produk primer terbaik untuk kulit berjerawat

Gambar produk
1
Maybelline New Baby Skin Instant Pore Eraser 1

Maybelline

2
Make Over  Powerstay Color Correcting Primer 25 ml 1

Make Over

3
Studio Tropik Balance Priming Water 1

Studio Tropik

4
Make Over Velvet Mattifying Primer 20 ml 1

Make Over

5
Luxcrime Perfect Canvas - Mattifying Poreless Primer 1

Luxcrime

6
Mineral Botanica Dura-Wear Pore Refining Primer 1

Mineral Botanica

7
Rimmel London Stay Matte Primer 1

Rimmel London

8
Wardah Instaperfect POREFECTION Skin Primer 1

Wardah

9
Azarine Matte My Day Hydraveil Primer Serum 1

Azarine

10
e.l.f. Blemish Control Face Primer 1

e.l.f.

Nama produk

New Baby Skin Instant Pore Eraser

Powerstay Color Correcting Primer 25 ml

Balance Priming Water

Velvet Mattifying Primer 20 ml

Perfect Canvas – Mattifying Poreless Primer

Dura-Wear Pore Refining Primer

Stay Matte Primer

Instaperfect POREFECTION Skin Primer

Matte My Day Hydraveil Primer Serum

Blemish Control Face Primer

Keunggulan

Samarkan pori-pori, wajah tampak mulus secara instan!

Empat pilihan warnanya siap bantu atasi masalah kulit Anda

Bebas minyak dan alkohol, kian sempurna untuk acne prone skin

Bantu cegah munculnya jerawat karena komedo

Kendalikan minyak berlebih, bebas kilap sepanjang hari

Tidak lengket dan menyatu dengan warna kulit

Hadirkan tampilan matte di wajah berjam-jam

Formulanya ringan dan mampu melindungi dari sinar UV

Rasakan manfaat serum dan primer sekaligus

Buat kulit tampak sehat dan segar dengan dua kandungan anti-acne

Harga mulai dariRp 110.000,00Rp 89.000,00Rp 99.000,00Rp 100.000,00Rp 99.000,00Rp 80.000,00Rp 105.000,00Rp 81.000,00Rp 89.000,00Rp 181.000,00
JenisGelKrimSprayGelKrimKrimKrimKrimKrimKrim
Isi20 ml25 ml30 ml, 150 ml20 ml30 gr20 gr30 ml20 ml20 ml14 ml
KomposisiEkstrak cherryAllantoin, antioksidanNiacinamide, zincDimethicone crosspolymerAllantoin, gliserin, Tocopherol, titanium dioxideCastor seed oil, vitamin C, bisabolol, sodium hyaluronateGliserin, titanium dioxideTitanium dioxideAllantoin, Centella asiatica, ceramide 3, niacinamideTea tree oil, salicylic acid, vitamin E
Hasil akhirMatteMatteMatteMatteMateTidak disebutkanMatteMatteMatteMatte
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar primer untuk kulit berjerawat

Pertanyaan umum seputar primer untuk kulit berjerawat

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar primer untuk kulit berjerawat untuk Anda. Bacalah uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya.

Apa fungsi primer dan kapan harus memakai primer?

Primer berfungsi sebagai base make up yang digunakan sebelum foundation. Gunanya adalah untuk membuat makeup Anda lebih menyatu dengan kulit sehingga tampilan menjadi flawless dan tahan lama. Ditambah lagi, primer juga dapat melindungi kulit Anda dari bahaya bahan kimia dari makeup bila bersentuhan langsung dengan kulit.

Anda dapat menggunakan primer ketika ingin mendapatkan hasil makeup yang sempurna. Ketika kulit sedang tidak dalam kondisi terbaiknya, Anda bisa menggunakan primer untuk mengatasi masalah kulit yang sedang dialami. Dengan catatan, pilih primer yang sesuai dengan jenis kulit, masalah kulit yang ingin diatasi, dan tipe foundation.

Apakah kulit berjerawat boleh menggunakan primer?

Primer yang tersedia di pasaran saat ini sudah banyak mengalami penyesuaian baik dalam formula dan tekstur. Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat tentu tetap bisa menggunakan primer. Namun, Anda harus memilih primer yang tepat, pilihlah primer yang khusus untuk kulit berjerawat.

Primer apa yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat?

Bila Anda pemilik kulit berminyak, pilihlah primer yang memiliki label no sebum, mattifying, atau oil control. Primer sejenis ini biasanya memiliki formula yang dapat menahan produksi minyak berlebih dan bisa membuat makeup tahan lama. Selain itu, primer khusus untuk kulit berminyak juga disertai kemampuan untuk menyamarkan pori-pori.

Sementara untuk kulit yang berjerawat, coba pilih primer khusus untuk kulit berjerawat. Primer yang mengandung bahan aktif seperti, salicylic acid, tea tree, atau niacinamide adalah pilihan tepatSelain sebagai base make up, primer yang dilengkapi dengan kandungan tersebut juga sekaligus berfungsi sebagai skin care. Selain itu, sebaiknya Anda melewati penggunaan obat jerawat setelah memakai primer yang mengandung kandungan bahan-bahan tadi.

Baca juga rekomendasi produk untuk perawatan kulit berjerawat lainnya di sini

Kulit yang berjerawat memang terkadang membuat Anda hampir menyerah dan pasrah. Namun, demi memiliki kulit yang sehat dan terawat, Anda harus buang jauh-jauh rasa putus asa. Oleh karena itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk perawatan untuk kulit berjerawat lainnya. Bila Anda tertarik, silakan klik link artikel dibawah ini.

Kesimpulan

Orang-orang yang sedang berjerawat sulit menemukan primer yang cocok karena khawatir akan makin memperparah kondisi kulit. Tetapi, bagaimana rekomendasi produk primer untuk kulit berjerawat pilihan kami? Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat?

Jika mencari dengan teliti dan mengikuti cara memilih yang telah kami jelasakan, Anda pasti akan menemukan primer yang cocok. Semoga artikel kami kali ini membantu Anda dan selamat berbelanja!


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.