Review 10 Rekomendasi Film tentang Dunia Paralel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 10 Rekomendasi Film tentang Dunia Paralel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film tentang Dunia Paralel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film tentang Dunia Paralel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film tentang Dunia Paralel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film tentang Dunia Paralel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

Film bertema fantasi banyak digemari karena mampu membangkitkan imajinasi penontonnya. Salah satu tema film fantasi yang populer adalah dunia paralel. Film jenis ini menceritakan tentang dunia lain yang keadaannya mirip dengan dunia yang kita tinggali. Di platform online, Anda bisa menemukan film tentang dunia paralel buatan Korea, Jepang, hingga Barat.

Pada kesempatan ini kami akan memandu Anda memilih film yang layak dimasukkan ke dalam daftar tontonan. Judul film tentang dunia paralel yang bagus, seperti Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan Interstellar juga tersedia. Yuk, simak review-nya sampai akhir! 

Daftar Isi

Teori tentang dunia paralel

Teori tentang dunia paralel

Dunia paralel dikenal juga dengan sebutan parallel universe dan multiverse. Teori multiverse menggambarkan bahwa alam semesta atau dunia kita saat ini bukanlah satu-satunya. Dengan kata lain, dunia yang kita tinggali merupakan satu dari sekian banyak alam semesta yang saling sejajar atau paralel.

Terdapat banyak teori dan konsep yang mengkaji tentang dunia paralel. Salah satu teori yang populer ialah yang dikemukakan oleh Max Tegmark, seorang profesor dari Institut Teknologi Massachusetts. Dalam penjelasannya yang dikutip dari situs Futurismprofesor Max menyebutkan setidaknya terdapat empat level dunia paralel, yakni sebagai berikut: 

  • Tipe 1: Teori ini menyebutkan alam semesta adalah ruang tanpa batas dan terdapat dunia lain yang memiliki hukum fisika yang sama. Namun, koneksi dari masing-masing dunia tersebut terputus sehingga tidak dapat berkomunikasi ataupun mengetahui keberadaan satu sama lain.
  • Tipe 2: Dunia paralel tipe 2 berlandaskan pada Teori Ekpyrotic dan model Inflasi. Lebih jelasnya, proses inflasi yang berlangsung di alam semesta kita dan semesta lain berkembang lebih cepat daripada kecepatan cahaya. Akibatnya, tiap alam semesta terletak terlalu jauh dari satu sama lain sehingga tidak memungkinkan terjadinya komunikasi.
  • Tipe 3: Teori ini menggambarkan dunia paralel sebagai realitas alternatif atau dunia cermin. Segala sesuatu yang terjadi di dunia kita, terjadi secara berkebalikan di dunia lain. 
  • Tipe 4: Dunia paralel pada tipe ini disebut memiliki hukum alam yang bertentangan dengan hukum alam semesta yang kita tinggali. Sebagai contoh, di dunia paralel digambarkan bahwa binatang dapat berbicara layaknya manusia dan lain sebagainya.

Cara memilih film tentang dunia paralel

Sebelum membahas rekomendasi film tentang dunia paralel, kami akan menjelaskan tips memilihnya terlebih dahulu. Perhatikan tiap poin yang akan kami ulas agar Anda mendapatkan film yang cocok dijadikan tontonan.

Pilih berdasarkan jenis filmnya

Berdasarkan pada jenisnya, film tentang dunia paralel terbagi menjadi dua, yaitu movie dan series. Mari simak perbedaan keduanya dengan membaca penjelasan berikut ini. 

Movie: Ceritanya lebih padat dan berfokus pada tokoh utama

Film jenis movie biasanya memiliki durasi sekitar satu setengah sampai dua jam saja. Cerita yang disajikan pun cenderung lebih padat dan berfokus kepada tokoh utama serta konflik yang dialaminya. Namun, durasi yang ringkas terkadang membuat jenis film ini kekurangan detail-detail yang cukup penting.

Keunggulannya, cerita dan konflik yang padat pada film ini tak akan membuat penonton merasa bosan. Film dunia paralel jenis movie direkomendasikan untuk Anda yang gemar menonton film dalam sekali duduk, alias langsung selesai.

Series: Ceritanya lebih detail dan mendalam

Film series umumnya memiliki durasi lebih panjang yang kemudian dibagi menjadi beberapa episode. Dengan demikian, cerita yang disajikan pada film ini lebih detail. Tak hanya berfokus di kehidupan tokoh utama, film series juga sering kali membahas tiap karakternya secara lebih dalam. Film dunia paralel jenis ini cocok ditonton oleh Anda yang memiliki banyak waktu luang.

Perhatikan kombinasi genrenya

Perhatikan kombinasi genrenya

Film tentang dunia paralel biasanya bergenre Sci-Fi (fiksi ilmiah) atau fantasi. Namun, film-film tersebut terkadang menggabungkan beberapa genre sekaligus. Berikut adalah beberapa genre yang sering muncul dalam film tentang dunia paralel.

  • Fantasy: Cerita dalam film bergenre fantasi biasanya tidak ditemukan dalam kehidupan nyata. Film ini murni berasal dari imajinasi pembuatnya. Film dengan genre ini umumnya menceritakan tentang suatu mitos, supranatural, hingga negeri dongeng.
  • Sci-Fi: Science fiction (Sci-FI) adalah genre film fantasi yang dibumbui hal-hal berbau ilmiah, baik fakta maupun fiksi. Genre film ini biasanya memunculkan tokoh-tokoh unik, seperti monster, alien, zombi, hingga superhero.
  • Action: Genre action menampilkan banyak adegan perkelahian. Film dengan genre ini identik dengan kehadiran tokoh penjahat dan pahlawan.
  • Adventure: Genre ini mirip dengan genre film action. Namun, tokoh utama pada film adventure biasanya harus melalui berbagai rintangan dan keluar dari zona nyaman untuk mencapai tujuannya.
  • Mistery: Film yang di dalamnya mengandung banyak teka-teki biasanya adalah film dengan genre misteri. Umumnya tokoh utama diharuskan memecahkan teka-teki untuk mengungkap dalang yang ada di balik konflik yang dihadapinya.
  • Drama: Film dengan genre drama biasanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari. Jenis film ini diselipi berbagai nilai kehidupan dan sering kali menguras emosi penonton.
  • Romance: Sesuai dengan namanya, film romance menceritakan tentang kisah romantis antara pemeran utamanya. Film ini umumnya mengandung adegan mesra yang membuat penonton ikut dimabuk cinta.

Ketahui pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan film

Ketahui pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan film

Kualitas dan kesuksesan sebuah film tak terlepas dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses penggarapannya. Beberapa pihak yang patut Anda jadikan pertimbangan adalah pemeran utama, sutradara, dan rumah produksi yang membuat film. Jika nama-nama yang mengisi posisi tersebut memiliki jam terbang tinggi, biasanya kualitasnya makin baik. Berikut adalah beberapa kriteria yang bisa Anda jadikan acuan.


  • Pemeran utama: Aktor yang kerap membintangi film terkenal biasanya kualitasnya sudah teruji. Salah satu nama yang bisa dijadikan pilihan adalah Benedict Cumberbatch. Aktor asal London ini berkali-kali membintangi film dengan genre fantasy dan Sci-Fi yang sukses mengundang decak kagum penonton.
  • Sutradara: Pengalaman sutradara dalam memproduksi film fantasi juga biasanya berpengaruh besar terhadap karakter film. Sebagai contoh, sutradara terkenal, Sam Raimi, sering menggarap film-film dengan genre horror dan mistery. Hal ini membuat film fantasy yang digarapnya terkadang mengandung unsur horor yang membuat penonton tegang dan penasaran.
  • Rumah produksi: Production house atau rumah produksi adalah lembaga yang memproduksi suatu program, seperti acara TV, film layar lebar, dan lain-lain. Jika Anda tak ingin salah memilih tontonan, carilah film yang diproduksi oleh PH terkenal, misalnya Walt Disney Pictures dan Marvel Studios.

Cek penghargaan yang pernah dimenangkan

Cek penghargaan yang pernah dimenangkan

Kriteria lain yang dapat menentukan bagus atau tidak suatu film adalah jumlah penghargaan yang pernah diraihnya. Penghargaan tersebut bisa dimenangkan oleh aktor, sutradara, penulis naskah, maupun pihak-pihak lain yang bekerja untuk film tersebut.

Baca juga:   Review 10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2021)

Sebagai contoh, film Interstellar yang dirilis pada 2014 telah dinominasikan dalam 148 kategori penghargaan dan memperoleh 44 kemenangan. Tak heran sampai saat ini film tersebut masih sering disebut saat membicarakan film terbaik bergenre fantasi dan luar angkasa.

10 Rekomendasi film tentang dunia paralel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film tentang dunia paralel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

Gambar produk
1
Paramount Pictures, Warner Bros Interstellar 1

Paramount Pictures, Warner Bros

2
Marvel Studios, Columbio Pictures Spider-Man: No Way Home 1

Marvel Studios, Columbio Pictures

3
MBC W: Two Worlds Apart 1

MBC

4
Studio Dragon, Hwa & Dam Pictures The King: Eternal Monarch 1

Studio Dragon, Hwa & Dam Pictures

5
Robot Communications Alice in Borderland 1

Robot Communications

6
Netflix The Society 1

Netflix

7
Marvel Studios Doctor Strange in the Multiverse of Madness 1

Marvel Studios

8
Artists Public Domain Another Earth 1

Artists Public Domain

9
Walt Disney Pictures, Walden Media The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe 1

Walt Disney Pictures, Walden Media

10
Archery Pictures Fate: The Winx Saga 1

Archery Pictures

Nama produk

Interstellar

Spider-Man: No Way Home

W: Two Worlds Apart

The King: Eternal Monarch

Alice in Borderland

The Society

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Another Earth

The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe

Fate: The Winx Saga

Keunggulan

Pencarian planet baru untuk menyelamatkan peradaban manusia

Pertemuan tiga Spider-Man dari dunia berbeda yang mengundang decak kagum penonton

Dunia manusia dan dunia komik yang terhubung melalui layar komputer

Kisah romansa yang dibumbui perebutan kunci gerbang ke dunia lain

Permainan yang mengasah kecepatan berpikir dan menguras emosi

Kehidupan para remaja yang terjebak di kota mati tanpa adanya orang dewasa

Kisah Doctor Strange bersama remaja yang bisa melompat antardimensi

Ceritanya terasa lebih personal dan sarat makna

Tidak ada batasan usia, bebas ditonton oleh semua anggota keluarga

Kisah Bloom di Otherworld, dunia magis yang berisikan makhluk-makhluk supranatural

Jenis film Movie Movie Series Series Series Series Movie Movie Movie Series
Genre Sci-Fi, action, drama Sci-Fi, action Fantasi, romansa Fantasi, misteri, romansa Sci-Fi, action, misteri Sci-Fi, drama, misteri Sci-Fi, action, adventure Sci-Fi, romance, drama Sci-Fi, adventure Fantasi, action, adventure
Kategori usia 13+ 13+ 16+ 16+ 18+ 18+ 13+ 17+ PG 18+
Tahun rilis 2014 2021 2016 2020 2020 2019 2022 2011 2005 2021 (Season 1), 2022 (Season 2)
Negara asal Amerika Amerika Korea Selatan Korea Selatan Jepang Amerika Amerika Amerika Inggris Inggris
Sutradara Christopher Nolan Jon Watts Dae Yoon-jung Baek Sang-hoon Shinsuke Sato Marc Webb, Haifaa Al-Mansour, Patricia Cardoso, dan lain-lain Sam Raimi Mike Cahill Andrew Adamson Lisa James Larsson, Hannah Quinn, David Moore, Edward Bazalgette, dan lain-lain
Pemeran Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chastain, Michael Caine, Ellen Burstyn Tom Holland, Zendaya, Andrew Garfield, Tobey Maguire, Benedict Cumberbatch Lee Jong-suk, Han Hyo-joo, Kim Eui-sung, Lee Si-eon, Kang Ki-young Lee Min-ho, Kim Go-eun, Woo Do-hwan, Kim Kyung-nam, Jung Eun-chae Kento Yamazaki, Tao Tsuchiya, Nijiro Murakami, Yuki Morinaga, Keita Machida Kathryn Newton, Gideon Adlon, Sean Berdy, Nastasha Liu Bordizzo, Jacques Colimon Benedict Cumberbatch, Elizabeth Olsen, Benedict Wong, Xochitl Gomez, Rachel McAdams Brit Marling, William Mapother, William Mapother, Meggan Lennon, Bruce Colbert Georgie Henley, Skandar Keynes, William Moseley, Anna Popplewell, Tilda Swinton Abigail Cowen, Hannah Van Der Westhuysen, Precious Mustapha, Eliot Salt, Elisha Applebaum
Penghargaan Academy Awards (2015), BAFTA Awards (2015), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films (2015), AFI Awards (2015), ASCAP Film and Television Music Awards (2015), dan lain-lain BET Awards (2022), Columbus Film Critics Association (2022), Critics Choice Super Awards (2022), Georgia Film Critics Association (2022), Golden Schmoes Awards (2022), dan lain-lain APAN Star Award (2016), Seoul International Drama Awards (2017) SBS Drama Awards (2020) Tidak ada Tidak ada Tidak ada Golden Trailer Awards (2012), Locarno International Film Festival (2011), National Board of Review (2011), San Diego Film Critics Society Awards (2011), Sitges – Catalonian International Film Festival (2011), Sundance Film Festival (2011) Academy Awards (2006), BAFTA Awards (2006), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films (2006), BMI Film & TV Awards (2006), Broadcast Film Critics Association Awards (2006), dan lain-lain ReFrame (2021)
Rating di IMDb 8,6 dari 10 8,3 dari 10 8,1 dari 10 8,1 dari 10 7,6 dari 10 7,1 dari 10 7,0 dari 10 6,9 dari 10 6,9 dari 10 6,8 dari 10
Tautan produk
Baca juga:   Review 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
10

Archery PicturesFate: The Winx Saga

Jenis film Series
Genre Fantasi, action, adventure
Kategori usia 18+
Tahun rilis 2021 (Season 1), 2022 (Season 2)
Negara asal Inggris
Sutradara Lisa James Larsson, Hannah Quinn, David Moore, Edward Bazalgette, dan lain-lain
Pemeran Abigail Cowen, Hannah Van Der Westhuysen, Precious Mustapha, Eliot Salt, Elisha Applebaum
Penghargaan ReFrame (2021)
Rating di IMDb 6,8 dari 10
9

Walt Disney Pictures, Walden MediaThe Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe

Jenis film Movie
Genre Sci-Fi, adventure
Kategori usia PG
Tahun rilis 2005
Negara asal Inggris
Sutradara Andrew Adamson
Pemeran Georgie Henley, Skandar Keynes, William Moseley, Anna Popplewell, Tilda Swinton
Penghargaan Academy Awards (2006), BAFTA Awards (2006), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films (2006), BMI Film & TV Awards (2006), Broadcast Film Critics Association Awards (2006), dan lain-lain
Rating di IMDb 6,9 dari 10
8

Artists Public DomainAnother Earth

Jenis film Movie
Genre Sci-Fi, romance, drama
Kategori usia 17+
Tahun rilis 2011
Negara asal Amerika
Sutradara Mike Cahill
Pemeran Brit Marling, William Mapother, William Mapother, Meggan Lennon, Bruce Colbert
Penghargaan Golden Trailer Awards (2012), Locarno International Film Festival (2011), National Board of Review (2011), San Diego Film Critics Society Awards (2011), Sitges – Catalonian International Film Festival (2011), Sundance Film Festival (2011)
Rating di IMDb 6,9 dari 10
7

Marvel StudiosDoctor Strange in the Multiverse of Madness

Jenis film Movie
Genre Sci-Fi, action, adventure
Kategori usia 13+
Tahun rilis 2022
Negara asal Amerika
Sutradara Sam Raimi
Pemeran Benedict Cumberbatch, Elizabeth Olsen, Benedict Wong, Xochitl Gomez, Rachel McAdams
Penghargaan Tidak ada
Rating di IMDb 7,0 dari 10
6
Jenis film Series
Genre Sci-Fi, drama, misteri
Kategori usia 18+
Tahun rilis 2019
Negara asal Amerika
Sutradara Marc Webb, Haifaa Al-Mansour, Patricia Cardoso, dan lain-lain
Pemeran Kathryn Newton, Gideon Adlon, Sean Berdy, Nastasha Liu Bordizzo, Jacques Colimon
Penghargaan Tidak ada
Rating di IMDb 7,1 dari 10
5

Robot CommunicationsAlice in Borderland

Jenis film Series
Genre Sci-Fi, action, misteri
Kategori usia 18+
Tahun rilis 2020
Negara asal Jepang
Sutradara Shinsuke Sato
Pemeran Kento Yamazaki, Tao Tsuchiya, Nijiro Murakami, Yuki Morinaga, Keita Machida
Penghargaan Tidak ada
Rating di IMDb 7,6 dari 10
4

Studio Dragon, Hwa & Dam PicturesThe King: Eternal Monarch

Jenis film Series
Genre Fantasi, misteri, romansa
Kategori usia 16+
Tahun rilis 2020
Negara asal Korea Selatan
Sutradara Baek Sang-hoon
Pemeran Lee Min-ho, Kim Go-eun, Woo Do-hwan, Kim Kyung-nam, Jung Eun-chae
Penghargaan SBS Drama Awards (2020)
Rating di IMDb 8,1 dari 10
3
Jenis film Series
Genre Fantasi, romansa
Kategori usia 16+
Tahun rilis 2016
Negara asal Korea Selatan
Sutradara Dae Yoon-jung
Pemeran Lee Jong-suk, Han Hyo-joo, Kim Eui-sung, Lee Si-eon, Kang Ki-young
Penghargaan APAN Star Award (2016), Seoul International Drama Awards (2017)
Rating di IMDb 8,1 dari 10
2

Marvel Studios, Columbio PicturesSpider-Man: No Way Home

Jenis film Movie
Genre Sci-Fi, action
Kategori usia 13+
Tahun rilis 2021
Negara asal Amerika
Sutradara Jon Watts
Pemeran Tom Holland, Zendaya, Andrew Garfield, Tobey Maguire, Benedict Cumberbatch
Penghargaan BET Awards (2022), Columbus Film Critics Association (2022), Critics Choice Super Awards (2022), Georgia Film Critics Association (2022), Golden Schmoes Awards (2022), dan lain-lain
Rating di IMDb 8,3 dari 10
1

Paramount Pictures, Warner BrosInterstellar

Jenis film Movie
Genre Sci-Fi, action, drama
Kategori usia 13+
Tahun rilis 2014
Negara asal Amerika
Sutradara Christopher Nolan
Pemeran Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chastain, Michael Caine, Ellen Burstyn
Penghargaan Academy Awards (2015), BAFTA Awards (2015), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films (2015), AFI Awards (2015), ASCAP Film and Television Music Awards (2015), dan lain-lain
Rating di IMDb 8,6 dari 10

Baca juga rekomendasi film menarik lainnya di sini

Kami juga telah mengulas film-film lain dengan tema menarik, seperti time travel, luar angkasa, dan alien. Jika Anda berencana mengisi waktu luang dengan menonton, list dari kami mungkin dapat membantu Anda memilihnya. Yuk, cek review lengkapnya dengan click tautan di bawah!

Kesimpulan

Pada artikel ini kami telah menyajikan daftar film tentang dunia paralel yang menarik untuk Anda tonton. Dari sepuluh rekomendasi yang kami berikan, manakah film yang ingin Anda masukkan ke dalam daftar tontonan?

Film tentang dunia paralel akan membuat Anda terkagum-kagum dengan fantasi yang disajikannya. Anda juga mungkin akan bertanya-tanya tentang kemungkinan adanya dimensi lain di kehidupan nyata. Selamat menonton dan siapkan diri untuk kejutannya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.