Review 10 Rekomendasi Film dengan Plot Twist Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 10 Rekomendasi Film dengan Plot Twist Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film dengan Plot Twist Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film dengan Plot Twist Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film dengan Plot Twist Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film dengan Plot Twist Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

Anda barangkali bosan menonton film dengan alur yang begitu-begitu saja atau mudah ditebak. Agar acara menonton film Anda makin seru, Anda bisa memilih film dengan plot twist. Di layanan streaming Anda akan menemukan banyak film dengan plot twist, baik film Hollywood, India, Korea, maupun film Indonesia.

Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan tips memilih film dengan plot twist yang bagus. Film dengan plot twist terbaik, seperti Interstellar, Parasite, dan Drishyam ada dalam rekomendasi kami. Temukan film dengan plot twist paling mengejutkan dan paling gila di artikel ini, ya!

Daftar Isi

Serunya nonton film dengan plot twist

Serunya nonton film dengan plot twist

Anda barangkali sering mendengar kata plot twist, tetapi apakah Anda mengerti maksud dari kata tersebut? Plot twist adalah pemutarbalikan atau pelintiran alur dalam sebuah cerita. Dengan adanya plot twist, film akan menghadirkan alur yang tidak mudah ditebak dan bahkan bisa memberikan efek kejutan.

Plot twist pada sebuah film akan berhasil jika penonton bisa terkejut, tak menduga, teperdaya, atau tertipu. Dengan adanya plot twist, film akan jadi tontonan yang seru. Bahkan, Anda pun bisa menonton sambil mengumpat-umpat kesal karena alurnya susah ditebak. Jadi, sudah siap seru-seruan menonton film dengan plot twist?

Cara memilih film dengan plot twist

Sebelum memutuskan untuk menonton sebuah film dengan plot twist, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Asal negara, sineas yang terlibat, dan penghargaan yang diterima sebuah film adalah beberapa hal yang patut dipertimbangkan. Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin berikut ini!

Pilih berdasarkan negara asalnya

Di layanan streaming, seperti Disney+ Hotstar, Viu, Netflix, dan Vidio, Anda akan menemukan film plot twist dari berbagai negara. Film dari tiap negara mempunyai ciri khasnya tersendiri. Berikut ini karakteristik film dengan plot twist berdasarkan negara asalnya.

Hollywood, banyak pilihan film-film terbaik sepanjang masa

Banyak film dengan plot twist yang berasal dari hollywood atau Amerika Serikat. Anda akan menemui banyak film dengan plot twist terbaik sepanjang masa. Sebut saja The Shawshank Redemption (1994), Psycho (1960), Se7en (1995), hingga Fight Club (1999). Selain bertabur bintang, film dengan plot twist asal Hollywood juga terkenal karena teknisnya yang digarap dengan baik. Beberapa film bahkan menyabet penghargaan atau nominasi Academy Awards atau Piala Oscar.

India, penuh misteri yang dikemas dengan tarian dan lagu

Film Bollywood atau India terkenal dengan tarian dan lagu yang dihadirkan di sela-sela filmnya. Dalam film-film India dengan plot twist, Anda akan mendapati film penuh misteri yang diselingi tarian dan lagu. Contohnya adalah film Kahaani (2012), Talaash (2012), Drishyam (2015), dan Andhadhun (2018). Selain memiliki plot twist mengejutkan, film-film tersebut meraih penghargaan atau nominasi Filmfare Awards.

Korea, penuh drama dan ending-nya susah ditebak

Industri film di Korea Selatan terkenal dengan dramanya yang dikenal dengan K-drama, tetapi film-film bioskopnya pun patut Anda pertimbangkan. Beberapa film Korea yang biasanya kental dengan drama yang mengharu biru memiliki ending yang susah untuk ditebak. 

Anda bisa mengambil contoh Oldboy (2003), The Handmaiden (2016), Parasite (2019), hingga yang terbaru The Call (2020). Film-film dengan plot twist tersebut menang atau meraih nominasi pada Baeksang Arts Awards, Cannes, bahkan Oscar.

Indonesia, sajian lokal dengan ending yang mengejutkan

Untuk Anda pencinta film Indonesia atau lokal, Anda juga bisa menemukan film-film dengan plot twist terbaik. Film dengan sajian lokal yang membumi ini kadang memiliki ending atau plot twist yang mengejutkan. 

Anda bisa menilik film-film karya Joko Anwar seperti Pintu Terlarang (2009), Modus Anomali (2012), dan Impetigore (2019) yang memiliki plot twist mengejutkan. Film-film dengan plot twist tersebut meraih penghargaan atau nominasi pada Festival Film Indonesia (FFI).

Baca juga:   10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Kering, Bikin Lembap! (2021)

Jika Anda penggemar berat Joko Anwar, kami memiliki rekomendasi film-film terbaik karya beliau. Silakan klik tautan di bawah ini untuk menemukan film Joko Anwar yang bagus!

Cari tahu sineas di balik layarnya

Cari tahu sineas di balik layarnya

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui sineas di balik layarnya. Sineas yang terlibat dalam sebuah film dapat menentukan filmnya akan seperti apa dengan menilik karya-karya mereka sebelumnya. Sineas-sineas yang perlu Anda cari tahu di antaranya adalah:

  • Sutradara yang mengarahkan sebuah film. Beberapa sutradara memiliki ciri khas dalam film-film besutannya. Beberapa sutradara bahkan kerap membuat film dengan plot twist. Karena itu, Anda bisa mencari tahu track record seorang sutradara melalui karya-karya sebelum atau lainnya.

  • Penulis skenario merancang plot sebuah film. Beberapa orang mengatakan bahwa skenario adalah tulang punggung sebuah film. Karena itu, penulisan skenario yang baik akan membuat film jadi bagus. Peran penulis skenario yang baik akan membuat film dengan plot twist akan terasa masuk akal.

Pertimbangkan film yang mendapat banyak penghargaan

Pertimbangkan film yang mendapat banyak penghargaan

Dalam memilih film dengan plot twist, Anda sebaiknya berhati-hati membaca ulasannya karena beberapa ulasan dapat membocorkan isi film. Agar Anda tidak terkena spoiler tersebut, sebaiknya Anda mempertimbangkan kualitas sebuah film dari penghargaan yang diraih. Ada beberapa penghargaan yang bisa Anda pertimbangkan, di antaranya adalah:

  • Academy Awards, disebut juga Piala Oscar, merupakan penghargaan film paling tinggi dan populer di Amerika Serikat. Piala Oscar diberikan oleh Academy Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) yang memiliki keanggotaan lebih dari 5.000 orang. Penghargaan tertinggi dari Academy Awards adalah Best Picture yang diberikan kepada film terbaik.

  • Cannes Film Festival, salah festival film internasional tertua dan paling bergengsi di dunia. Festival ini kali pertama diselenggarakan pada 1946 di kota peristirahatan Cannes, Prancis. Festival film ini disorot oleh media massa dari segala penjuru dunia. Penghargaan tertinggi untuk film terbaik di Cannes adalah Palme d’Or atau Palem Emas.

  • Filmfare Awards, salah satu penghargaan terpopuler untuk film Bollywood. Penghargaan ini kali pertama diberikan pada 1954 oleh The Times Group dengan menggunakan sistem voting dari masyarakat. Sebuah komite ahli kemudian menentukan film, aktor, dan sineas yang layak menerima penghargaan.

  • Baeksang Arts Awards, salah satu penghargaan tertinggi untuk film di Korea Selatan. Penghargaan ini diprakarsai oleh Chang Key-young, pendiri surat kabar Hankook Ilbo yang memiliki nama pena “Baeksang”. Penghargaan ini kali pertama diberikan pada 1965 untuk insan film, televisi, dan teater di Korea Selatan. 

  • Festival Film Indonesia, penghargaan tertinggi untuk film Indonesia. Festival Film Indonesia (FFI) kali pertama diadakan pada 1955. FFI menganugerahkan Piala Citra untuk insan perfilman Indonesia. Salah satu penghargaan paling bergengsi di FFI adalah Piala Citra untuk Film Terbaik.

10 Rekomendasi film dengan plot twist terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film dengan plot twist terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

Gambar produk
1
Paramount Pictures, Warner Bros., Legendary Entertainment Interstellar 1

Paramount Pictures, Warner Bros., Legendary Entertainment

2
CJ Entertainment, Barunson E&A Parasite 1

CJ Entertainment, Barunson E&A

3
Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios Coco 1

Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

4
Matchbox Pictures, Viacom18 Motion Pictures Andhadhun 1

Matchbox Pictures, Viacom18 Motion Pictures

5
Panorama Studios, Rajkumar Theaters Private Limited, Viacom18 Motion Pictures Drishyam 1

Panorama Studios, Rajkumar Theaters Private Limited, Viacom18 Motion Pictures

6
Twentieth Century Fox, New Regency Productions, TSG Entertainment Gone Girl 1

Twentieth Century Fox, New Regency Productions, TSG Entertainment

7
Lionsgate, Media Rights Capital (MRC), T-Street Knives Out 1

Lionsgate, Media Rights Capital (MRC), T-Street

8
Yong Film The Call 1

Yong Film

9
Base Entertainment, CJ Entertainment, Ivanhoe Pictures Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore) 1

Base Entertainment, CJ Entertainment, Ivanhoe Pictures

10
Netflix, Chris Morgan Productions, Dylan Clark Productions Bird Box 1

Netflix, Chris Morgan Productions, Dylan Clark Productions

Nama produk

Interstellar

Parasite

Coco

Andhadhun

Drishyam

Gone Girl

Knives Out

The Call

Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore)

Bird Box

Keunggulan

Film berat dengan plot twist yang sayang untuk dilewatkan

Best Picture Oscar dari Korea yang tak boleh Anda lewatkan!

Dunia roh dan keinginan kuat Miguel untuk tetap bermusik

Kisah pianis yang pura-pura buta dan ancaman pembunuhan

Salah satu film India dengan plot twist terbaik

Penulis terkenal yang hilang secara misterius

Film detektif bertabur bintang, makin seru menebak siapa pelakunya!

Telepon yang mengancam dari masa lalu

Penuh misteri dan adegan berdarah sepanjang film

Perjuangan melawan ancaman dari makhluk tak kasatmata

Asal negara Amerika Serikat Korea Selatan Amerika Serikat India India Amerika Serikat Amerika Serikat Korea Selatan Indonesia Amerika Serikat
Tahun 2014 2019 2017 2018 2015 2014 2019 2020 2019 2018
Genre Petualangan, drama, sci-fi Drama, thriller Animasi, petualangan, komedi Komedi, kriminal, musikal Kriminal, drama, misteri Drama, misteri, thriller Komedi, kriminal, drama Kriminal, horor, misteri Horor, misteri, thriller Horor, misteri, sci-fi
Durasi 2 jam 49 menit 2 jam 12 menit 1 jam 45 menit 2 jam 19 menit 2 jam 36 menit 2 jam 28 menit 2 jam 10 menit 1 jam 52 menit 1 jam 47 menit 2 jam 4 menit
Kategori usia 13+ 18+ 7+ 16+ 13+ 21+ 13+ 16+ 18+ 18+
Sutradara Christopher Nolan Bong Joon-ho Lee Unkrich Sriram Raghavan Nishikant Kamat David Fincher Rian Johnson Chung-Hyun Lee Joko Anwar Susanne Bier
Penghargaan/nominasi Academy Awards/Oscar Academy Awards/Oscar, Cannes Film Festival, Baeksang Arts Awards Academy Awards/Oscar Filmfare Awards Filmfare Awards Academy Awards/Oscar Academy Awards/Oscar Baeksang Arts Awards Festival Film Indonesia
Rating di IMDb 8,6 dari 10 8,5 dari 10 8,4 dari 10 8,2 dari 10 8,2 dari 10 8,1 dari 10 7,9 dari 10 7,1 dari 10 6,6 dari 10 6,6 dari 10
Tautan produk
Baca juga:   Review 10 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
10

Netflix, Chris Morgan Productions, Dylan Clark ProductionsBird Box

Asal negara Amerika Serikat
Tahun 2018
Genre Horor, misteri, sci-fi
Durasi 2 jam 4 menit
Kategori usia 18+
Sutradara Susanne Bier
Penghargaan/nominasi
Rating di IMDb 6,6 dari 10
9

Base Entertainment, CJ Entertainment, Ivanhoe PicturesPerempuan Tanah Jahanam (Impetigore)

Asal negara Indonesia
Tahun 2019
Genre Horor, misteri, thriller
Durasi 1 jam 47 menit
Kategori usia 18+
Sutradara Joko Anwar
Penghargaan/nominasi Festival Film Indonesia
Rating di IMDb 6,6 dari 10
8
Asal negara Korea Selatan
Tahun 2020
Genre Kriminal, horor, misteri
Durasi 1 jam 52 menit
Kategori usia 16+
Sutradara Chung-Hyun Lee
Penghargaan/nominasi Baeksang Arts Awards
Rating di IMDb 7,1 dari 10
7

Lionsgate, Media Rights Capital (MRC), T-StreetKnives Out

Asal negara Amerika Serikat
Tahun 2019
Genre Komedi, kriminal, drama
Durasi 2 jam 10 menit
Kategori usia 13+
Sutradara Rian Johnson
Penghargaan/nominasi Academy Awards/Oscar
Rating di IMDb 7,9 dari 10
6

Twentieth Century Fox, New Regency Productions, TSG EntertainmentGone Girl

Asal negara Amerika Serikat
Tahun 2014
Genre Drama, misteri, thriller
Durasi 2 jam 28 menit
Kategori usia 21+
Sutradara David Fincher
Penghargaan/nominasi Academy Awards/Oscar
Rating di IMDb 8,1 dari 10
5

Panorama Studios, Rajkumar Theaters Private Limited, Viacom18 Motion PicturesDrishyam

Asal negara India
Tahun 2015
Genre Kriminal, drama, misteri
Durasi 2 jam 36 menit
Kategori usia 13+
Sutradara Nishikant Kamat
Penghargaan/nominasi Filmfare Awards
Rating di IMDb 8,2 dari 10
4

Matchbox Pictures, Viacom18 Motion PicturesAndhadhun

Asal negara India
Tahun 2018
Genre Komedi, kriminal, musikal
Durasi 2 jam 19 menit
Kategori usia 16+
Sutradara Sriram Raghavan
Penghargaan/nominasi Filmfare Awards
Rating di IMDb 8,2 dari 10
3

Walt Disney Pictures, Pixar Animation StudiosCoco

Asal negara Amerika Serikat
Tahun 2017
Genre Animasi, petualangan, komedi
Durasi 1 jam 45 menit
Kategori usia 7+
Sutradara Lee Unkrich
Penghargaan/nominasi Academy Awards/Oscar
Rating di IMDb 8,4 dari 10
2

CJ Entertainment, Barunson E&AParasite

Asal negara Korea Selatan
Tahun 2019
Genre Drama, thriller
Durasi 2 jam 12 menit
Kategori usia 18+
Sutradara Bong Joon-ho
Penghargaan/nominasi Academy Awards/Oscar, Cannes Film Festival, Baeksang Arts Awards
Rating di IMDb 8,5 dari 10
1

Paramount Pictures, Warner Bros., Legendary EntertainmentInterstellar

Asal negara Amerika Serikat
Tahun 2014
Genre Petualangan, drama, sci-fi
Durasi 2 jam 49 menit
Kategori usia 13+
Sutradara Christopher Nolan
Penghargaan/nominasi Academy Awards/Oscar
Rating di IMDb 8,6 dari 10

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Agar tontonan Anda makin beragam, Anda juga perlu menonton film lainnya. Kami memiliki artikel rekomendasi film sejarah, kungfu, dan superhero yang sebaiknya Anda baca. Silakan klik tautan di bawah ini dan temukan rekomendasi film terbaiknya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini Anda pasti sudah memasukkan ke watchlist beberapa film rekomendasi di atas. Menonton film dengan plot twist akan membuat acara menonton Anda jadi lebih seru karena alur yang tidak mudah ditebak.

Sebaiknya, Anda mempertimbangkan asal negara, sineas, dan penghargaan saja agar kegiatan menonton Anda tidak terganggu spoiler. Semoga rekomendasi film di atas dapat menjadikan acara menonton di kala senggang Anda jadi lebih seru. Selamat menonton!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.