Review 10 Rekomendasi Audio Interface Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 10 Rekomendasi Audio Interface Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Audio Interface Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Audio Interface Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Audio Interface Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Audio Interface Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

Audio interface adalah pilihan pintar untuk mendapatkan hasil rekaman dengan kualitas audio yang mumpuni. Pasalnya, alat ini mampu menangkap sinyal suara secara detail dan bersih. Karena itu, produknya umum digunakan musisi, streamer, content creator, hingga podcaster.

Kali ini kami akan mengulas audio interface untuk Anda dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga akan membagikan rekomendasi audio interface dari merek yang bagus, seperti Focusrite dan Behringer. Yang menggunakan koneksi USB sampai PCIe, semuanya ada. Yuk, baca artikel ini sampai tuntas agar Anda menemukan audio interface terbaik!

Daftar Isi

Apa fungsi audio interface?

Audio interface adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan instrumen musik dan mikrofon ke komputer. Hal ini karena suara dari instrumen musik dan suara Anda merupakan jenis sinyal analog. Agar bisa dibaca oleh komputer, Anda perlu mengubah sinyal analog ke sinyal digital melalui audio interface.

Maka dari itu, audio interface menjadi perangkat yang penting untuk para musisi, content creator, podcaster, hingga streamer. Sebenarnya, fungsi audio interface sama seperti soundcard. Perbedaannya, audio interface memiliki kualitas rekaman yang jauh lebih baik dan minim noise. Dengan begitu, proses mengolah audio jadi makin mudah. 

Cara memilih audio interface

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda menjatuhkan pilihan. Agar Anda mendapat produk yang tepat, simak baik-baik penjelasan mengenai cara memilih audio interface dari kami berikut.

Sesuaikan fitur audio interface dengan kebutuhan

Saat ini audio interface digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti music recording, podcast, dan live streaming. Tiap jenis kebutuhan membutuhkan produk dengan fitur yang berbeda. Kami akan memerincinya di bawah ini untuk Anda.

Recording dan voice over, pas dengan produk yang menghasilkan suara natural

Recording dan voice over, pas dengan produk yang menghasilkan suara natural

Jika Anda menggunakan audio interface untuk music recording atau voice over, pilih produk yang tidak memiliki banyak efek suara. Hal ini karena Anda membutuhkan hasil rekaman yang natural sehingga fitur efek suara pada audio interface tidak banyak digunakan. Carilah produk dengan suara yang natural dan clean sehingga bebas noise. Dengan demikian, mengolah audio saat editing jadi lebih optimal.

Podcast dan live streaming, makin praktis dengan fitur serta efek yang beragam

Podcast dan live streaming, makin praktis dengan fitur serta efek yang beragam

Ada juga audio interface dengan fitur dan efek suara yang beragam. Jenis ini cocok untuk Anda yang ingin membuat podcast atau live streaming. Fitur ini memungkinkan Anda mengatur rekaman langsung di produknya tanpa perlu diolah di komputer.

Ada pula produk yang menggunakan sistem plug and play. Sistem ini memungkinkan Anda mengambil audionya melalui smartphone tanpa harus disambungkan ke PC lebih dahulu. Dengan begitu, kegiatan podcast atau live streaming Anda jadi makin praktis.

Periksa jenis koneksinya untuk terhubung dengan komputer

Ada beberapa jenis koneksi yang bisa Anda temukan pada audio interface. Setiap tipe koneksi memengaruhi kecepatan transfer datanya. Sebab itu, ketahuilah karakternya masing-masing lebih dahulu.

USB, kompatibilitas tinggi dan mudah tersambung ke berbagai PC

Koneksi USB biasanya digunakan pada audio interface untuk home studio. Jenis ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan koneksi lainnya. Keunggulan produk dengan koneksi USB adalah punya kompatibilitas yang tinggi.


Audio interface dengan koneksi USB bisa dipasangkan ke banyak perangkat, seperti PC, laptop, dan notebook, dengan mudah. Meskipun demikian, kecepatan transfer data koneksi ini tergolong yang paling lambat. Meski sudah banyak yang menggunakan koneksi USB-C, tidak sedikit pula audio interface yang masih dilengkapi port USB 2.0.

FireWire, transfer speed konsisten untuk merekam beragam instrumen

FireWire, transfer speed konsisten untuk merekam beragam instrumen
Koneksi FireWire memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi dan lebih konsisten dari USBAudio interface dengan koneksi ini biasanya digunakan untuk merekam banyak perangkat sekaligus. Untuk kebutuhan home studio, harganya masih tergolong terjangkau.

Hanya saja masih sedikit PC dengan port FireWire sehingga tidak semuanya kompatibel dengan koneksi ini. Maka dari itu, Anda perlu memeriksanya dengan saksama, ya. Jika masih ingin menggunakan audio interface dengan koneksi ini, Anda bisa memasang FireWire adapter card yang dijual terpisah.

Thunderbolt, teknologi terbaru untuk PC yang high-end

Thunderbolt, teknologi terbaru untuk PC yang high-end
Jenis koneksi ini memiliki kecepatan transfer data yang tinggi dengan daya latensi yang rendah. Teknologi yang digunakan juga lebih modern, terlebih untuk Thunderbolt 3 yang dipasang pada Mac terbaru.

Thunderbolt 3 diketahui dua kali lebih cepat dari Thunderbolt 2 dan delapan kali lebih cepat dari USB 3.0. Koneksi ini bahkan mendukung kecepatan transfer data hingga 40 Gbps dan panjang kabel hingga 100 meter. Biasanya laptop atau PC yang high-end, seperti Mac, sudah mendukung koneksi Thunderbolt.

Baca juga:   10 Rekomendasi Tangga Lipat Terbaik (Terbaru 2022)

PCIe, untuk kebutuhan profesional

PCIe, untuk kebutuhan profesional

Untuk kebutuhan profesional, Anda bisa memilih audio interface dengan koneksi PCIe. Koneksi ini menawarkan transfer data yang sangat cepat dengan sistem pemrosesan audio yang kuat. Audio interface dengan koneksi ini biasanya digunakan untuk menangani high track-count sessions dengan banyak layer audio.

Perlu diketahui, PCIe adalah antarmuka berbasis kartu internal sehingga tidak bisa disambungkan dengan USB, FireWire, atau Thunderbolt. Agar dapat tersambung, Anda harus melakukan instalasi koneksinya langsung ke motherboard komputer. Selain itu, produk dengan koneksi PCIe relatif lebih mahal dari koneksi lainnya.

Periksa kualitas audio yang dihasilkan

Ada dua faktor penting yang dapat memengaruhi kualitas suara dari audio interface. Keduanya adalah nilai sample rate dan bit depth. Kami akan menjelaskan kedua hal ini untuk Anda pada poin berikut.

Sample rate, menghasilkan gelombang suara yang jernih

Sample rate, menghasilkan gelombang suara yang jernih

Agar dapat diolah, sinyal analog harus diubah ke sinyal digital. Karena memiliki resolusi tak terhingga, tidak semua sinyal analog bisa diubah ke sinyal digital. Maka dari itu, dibutuhkan sampling yang mampu mewakili sinyal tersebut.

Bisa dibilang sample rate adalah jumlah sampling dari sinyal digital dalam satu detik. Nilai sample rate yang besar menghasilkan sinyal digital yang menyerupai gelombang aslinya. Meski begitu, nilai sample rate yang terlalu besar membutuhkan penyimpanan yang besar pula. Tidak semua gelombang suara tersebut mampu terdengar oleh telinga manusia. 

Standar minimal sample rate di industri musik adalah 44,1 kHz. Audio dengan sample rate tersebut sudah terdengar bersih dan nada yang ditangkap juga akurat. Jika Anda menginginkan kualitas audio yang lebih detail, pilih audio interface dengan sample rate minimal 48 kHz

Bit depth, memengaruhi volume yang mampu direkam audio interface

Bit depth, memengaruhi volume yang mampu direkam audio interface

Bit depth adalah garis gelombang suara berdasarkan amplitudonya. Makin banyak jumlah garis gelombang, makin akurat juga amplitudo suara yang ditangkap. Sementara itu, makin tinggi nilai bit depth, makin banyak garis gelombangnya. Jadi, nada suara yang ditangkap makin presisi.

Ada tiga nilai bit depth dari audio interface, yakni 16 bit, 24 bit, dan 32 bit float. Nilai yang disarankan untuk recording adalah 16 bit dan 24 bit. Pasalnya, audio interface 32 bit float memiliki dynamic range yang terlalu luas. Nilai bit depth tersebut disarankan untuk Anda yang merekam suara tinggi atau teriakan.

Nilai 16 bit artinya ada sekitar 65.000 garis gelombang yang mampu dijangkau oleh audio interface. Di sisi lain, nilai 24 bit mempunyai garis gelombang hingga 16 juta. Alhasil, tingkat presisi suara yang ditangkap makin akurat. Nilai bit depth tersebut bahkan tetap mampu menangkap suara yang sangat keras sekalipun.

Ketahui detail input/output dari audio interface

Penting untuk memeriksa apakah jumlah dan jenis input/output (I/O) dari audio interface sudah sesuai dengan instrumen Anda. Dengan begitu, penggunaannya menjadi lebih optimal. Yuk, simak penjelasan selengkapnya dari kami di bawah ini.

Jumlah I/O, memengaruhi jumlah perangkat yang akan direkam

Jumlah I/O, memengaruhi jumlah perangkat yang akan direkam

Jumlah I/O pada audio interface perlu disesuaikan dengan perangkat yang akan digunakan. Jumlahnya beragam, mulai dari dua, empat, hingga di atas enam. Makin banyak perangkat yang direkam, makin banyak juga I/O yang dibutuhkan.

 
Jika Anda merekam suara untuk podcast dua orang atau voice over, audio interface dengan dua I/O sudah cukup. Perangkat dengan dua I/O juga bisa digunakan untuk live acoustic. Untuk kebutuhan tersebut, Anda hanya membutuhkan satu input untuk mic dan satunya lagi untuk gitar/keyboard.

 
Jika Anda seorang songwriter dalam tim kecil, audio interface dengan empat sampai delapan I/O sudah cukup. Untuk kebutuhan merekam drum elektrik, pilih produk dengan delapan I/O. Sementara itu, produk dengan enam belas I/O ke atas digunakan untuk kebutuhan profesional, seperti band recording.

Jenis I/O, menentukan jenis kabel yang dapat terhubung

Periksa juga apakah jenis I/O audio interface sesuai dengan kabel pada instrumen Anda. Secara umum, jenis I/O audio interface meliputi XLR dan TRS. Ada juga audio interface yang sudah dibekali input tipe combo. Ini merupakan input multifungsi yang bisa digunakan untuk jack gitar maupun condenser.

Biasanya audio interface untuk live streaming menggunakan input TRS 3,5 mm atau 1/8″. Ini adalah jack audio untuk mikrofon yang tidak membutuhkan phantom power. Jika Anda menggunakan alat musik digital, seperti synthesizer atau drum elektrik, pilih audio interface yang memiliki input MIDI.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi audio interface terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh audio interface terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Koneksi USB 2.0
Bit depth/sample rate 24 bit/192 kHz
Input 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced/unbalanced mic/Hi-Z 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced mic/line, 2 x 1/4″ TRS balanced/unbalanced
Output 4 x 1/4″ TRS balanced/unbalanced line, 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 2 x 1/4″ TRS unbalanced headphone
OS yang kompatibel macOS 10.13 ke atas, iOS 10 ke atas, Windows 7 ke atas
9

Universal AudioApollo Solo

Mulai dari Rp 11.495.570,00

Koneksi USB-C (Thunderbolt 3)
Bit depth/sample rate 24 bit/192 kHz
Input 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced mic/line, 1 x 1/4″ TS unbalanced Hi-Z
Output 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 1 x 1/4″ TRS unbalanced headphone
OS yang kompatibel macOS 10.14 ke atas, Windows 10 ke atas
8
Koneksi USB-C
Bit depth/sample rate 192 kHz
Input 2 x XLR/TRS
Output 2 x 1/4″ TRS line, 2 x RCA analog, 1 x 1/4″ TRS stereo headphone
OS yang kompatibel macOS 10.11 ke atas, Windows 7 ke atas
7
Koneksi USB 2.0
Bit depth/sample rate 24 bit/96 kHz
Input 1 x 1/4″ TS Hi-Z
Output 1 x 1/4″ TS re-amp, 1 x 1/8″ TRS headphone
OS yang kompatibel Mac OS X 10.6 ke atas, iOS 6.0 ke atas, Windows
6
Koneksi USB-C
Bit depth/sample rate 24 bit/192 kHz
Input 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced/unbalanced mic/line/Hi-Z
Output 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 1 x 1/4″ TRS unbalanced headphone
OS yang kompatibel Mac OS X 10.11 ke atas, Windows 10 ke atas
5
Koneksi USB 2.0
Bit depth/sample rate 24 bit/192 kHz
Input 2 x combo XLR/TRS hybrid interface, 2 x LR/TRS hybrid interface
Output 4 x LR/TRS hybrid interface
OS yang kompatibel Windows XP/Vista/7/8/10, Mac OS X
4
Koneksi USB-C
Bit depth/sample rate 24 bit/96 kHz
Input 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced mic/line, 1 x 1/4″ TS unbalanced Hi-Z
Output 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 1 x 1/4″ TRS unbalanced headphone
OS yang kompatibel Windows 7 ke atas, Mac OS X 10.7.5 ke atas
3

MaonoAll-In-One Podcast Production Studio Maonocaster Lite

Mulai dari Rp 1.230.000,00

Koneksi USB-C
Bit depth/sample rate 24 bit/120 kHz
Input 2 x 1/8″ analag
Output 3 x 1/8″ analog
OS yang kompatibel Android, ChromeOS, iOS, Linux, macOS, Windows
Baca juga:   10 Rekomendasi Cleansing Milk untuk Kulit Sensitif Terbaik (Terbaru 2022)
2

Focusrite Scarlett 2i2 Studio 3rd Gen

Mulai dari Rp 3.299.000,00

Koneksi USB-C
Bit depth/sample rate 24 bit/192 kHz
Input 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced/unbalanced mic/line/Hi-Z
Output 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 1 x 1/4″ TRS unbalanced headphone
OS yang kompatibel Windows, Mac
1
Koneksi USB 2.0
Bit depth/sample rate 24 bit/48 kHz
Input 1 x combo XLR-1/4″ TRS mic/line, 1 x 1/4″ TRS Hi-Z
Output 1 x stereo RCA line, 1 x 1/4″ TRS headphone
OS yang kompatibel Mac OS X ke atas, Windows XP ke atas

Tabel perbandingan produk audio interface terbaik

Gambar produk
1
Behringer UM2 1

Behringer

2
Focusrite  Scarlett 2i2 Studio 3rd Gen 1

Focusrite

3
Maono All-In-One Podcast Production Studio Maonocaster Lite 1

Maono

4
Audient EVO 4 1

Audient

5
MidiPLUS Studio 4 1

MidiPLUS

6
Solid State Logic  SSL 2 1

Solid State Logic

7
IK Multimedia iRig HD 2 1

IK Multimedia

8
MOTU  M2 1

MOTU

9
Universal Audio Apollo Solo 1

Universal Audio

10
Steinberg UR44 1

Steinberg

Nama produk

UM2

Scarlett 2i2 Studio 3rd Gen

All-In-One Podcast Production Studio Maonocaster Lite

EVO 4

Studio 4

SSL 2

iRig HD 2

M2

Apollo Solo

UR44

Keunggulan

Belajar dunia rekaman tak harus keluarkan bujet besar

Cover lagu jadi lebih renyah apa pun mikrofonnya

Punya banyak fitur dan tidak ribet untuk podcast

Bisa langsung merekam audio di komputer!

Live performance di mana saja jadi lebih simpel

Warna suara lebih warm untuk merekam musik mellow

Suara clean bebas noise saat melakukan solo gitar

Bentuk compact yang praktis digunakan di mana saja

Terintegrasi dengan LUNA, tingkatkan produktivitas bermusik!

Enam input untuk band recording secara langsung

Harga mulai dari Rp 840.000,00 Rp 3.299.000,00 Rp 1.230.000,00 Rp 2.490.000,00 Rp 2.650.000,00 Rp 4.395.000,00 Rp 1.980.000,00 Rp 4.199.000,00 Rp 11.495.570,00 Rp 5.258.000,00
Koneksi USB 2.0 USB-C USB-C USB-C USB 2.0 USB-C USB 2.0 USB-C USB-C (Thunderbolt 3) USB 2.0
Bit depth/sample rate 24 bit/48 kHz 24 bit/192 kHz 24 bit/120 kHz 24 bit/96 kHz 24 bit/192 kHz 24 bit/192 kHz 24 bit/96 kHz 192 kHz 24 bit/192 kHz 24 bit/192 kHz
Input 1 x combo XLR-1/4″ TRS mic/line, 1 x 1/4″ TRS Hi-Z 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced/unbalanced mic/line/Hi-Z 2 x 1/8″ analag 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced mic/line, 1 x 1/4″ TS unbalanced Hi-Z 2 x combo XLR/TRS hybrid interface, 2 x LR/TRS hybrid interface 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced/unbalanced mic/line/Hi-Z 1 x 1/4″ TS Hi-Z 2 x XLR/TRS 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced mic/line, 1 x 1/4″ TS unbalanced Hi-Z 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced/unbalanced mic/Hi-Z 2 x combo XLR-1/4″ TRS balanced mic/line, 2 x 1/4″ TRS balanced/unbalanced
Output 1 x stereo RCA line, 1 x 1/4″ TRS headphone 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 1 x 1/4″ TRS unbalanced headphone 3 x 1/8″ analog 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 1 x 1/4″ TRS unbalanced headphone 4 x LR/TRS hybrid interface 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 1 x 1/4″ TRS unbalanced headphone 1 x 1/4″ TS re-amp, 1 x 1/8″ TRS headphone 2 x 1/4″ TRS line, 2 x RCA analog, 1 x 1/4″ TRS stereo headphone 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 1 x 1/4″ TRS unbalanced headphone 4 x 1/4″ TRS balanced/unbalanced line, 2 x 1/4″ TRS balanced monitor, 2 x 1/4″ TRS unbalanced headphone
OS yang kompatibel Mac OS X ke atas, Windows XP ke atas Windows, Mac Android, ChromeOS, iOS, Linux, macOS, Windows Windows 7 ke atas, Mac OS X 10.7.5 ke atas Windows XP/Vista/7/8/10, Mac OS X Mac OS X 10.11 ke atas, Windows 10 ke atas Mac OS X 10.6 ke atas, iOS 6.0 ke atas, Windows macOS 10.11 ke atas, Windows 7 ke atas macOS 10.14 ke atas, Windows 10 ke atas macOS 10.13 ke atas, iOS 10 ke atas, Windows 7 ke atas
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan recording lainnya di sini

Selain audio interface, masih ada beberapa alat yang diperlukan untuk rekaman audio. Kami juga telah mengulas software recording, microphone, dan monitor speaker, untuk kebutuhan rekaman Anda. Yuk, baca ulasan selengkapnya di artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Audio interface penting untuk Anda yang ingin membuat karya dengan audio yang berkualitas. Dari home recording, voice over, live streaming, hingga podcast, semua kegiatan tersebut membutuhkan audio interface.

Setelah membaca tips memilih dan produk-produk yang kami rekomendasikan, apakah Anda telah menemukan audio interface yang tepat? Penting untuk menggunakan audio interface yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka dari itu, pahamilah dahulu hal-hal yang telah kami ulas di artikel ini. Selamat memilih!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.