Review 10 Merk Wok Pan yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 10 Merk Wok Pan yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Wok Pan yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Wok Pan yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Wok Pan yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Wok Pan yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

Wok pan adalah wajan dengan bentuk yang lebih cekung dibandingkan fry pan. Wajan ini termasuk alat masak serbaguna. Wok pan dapat dipakai memasak berbagai hidangan, seperti tumisan, sauté, rebusan, hingga deep frying

Jika Anda sedang mencari review wok pan yang bagus, mari merapat. Kami akan membahas jenis-jenis wok pan, seperti wok stainless steel, cast iron, carbon steel, hingga wok pan antilengket. Kami juga akan menyajikan tips dan trik memilih wok pan. Ada juga rekomendasi wok pan dari beberapa merek, seperti Tefal, Pero, BOLDë, dan Maxim. Selamat menemukan wajan penggorengan terbaik!

Daftar Isi

Apa bedanya wok pan dengan fry pan?

Apa bedanya wok pan dengan fry pan?

Wok pan dan fry pan merupakan dua macam wajan penggorengan yang biasa ditemui di dapur. Perbedaan yang paling kentara di antara keduanya bisa Anda lihat dari bentuknya.

Wok pan memiliki bentuk dasar yang lebih cekung, sedangkan fry pan memiliki bentuk yang lebih rata. Karena bentuk wok pan yang lebih dalam dibandingkan fry pan, alat masak ini ideal untuk menggoreng dengan banyak minyak (deep fry). Dipakai menumis, membuat nasi goreng, ataupun membuat masakan berkuah pun lebih mudah dengan wok pan karena tidak takut tumpah. 

Wok pan juga bisa menampung porsi masakan yang lebih banyak serta memiliki persebaran panas yang lebih cepat. Wok pan bisa dengan mudah Anda temui pada tempat makan yang menyajikan Chinese food. Anda mungkin juga kerap melihat pedagang kaki lima menggunakan wok pan untuk membuat nasi goreng ataupun menggoreng gorengan.


Cara memilih wok pan

Sebelum memasuki review wok pan terbaik, mari simak beberapa tips memilih wok pan di bawah ini. Ketiga tips di bawah ini akan memudahkan Anda dalam menemukan produk wok pan yang bagus dan berkualitas. 

Pilih berdasarkan material utamanya

Layaknya wajan penggorengan lainnya, wok pan juga terbuat dari material yang beragam. Bahan pembuat wok pan, umumnya terbuat dari aluminium, stainless steel, cast iron, dan carbon steel. Mari simak keunggulan dari tiap-tiap bahan ini!

Aluminium, cepat menghantarkan panas

Aluminium, cepat menghantarkan panas

Wajan aluminium merupakan material yang mudah menghantarkan panas. Wok pan aluminium paling umum dipakai oleh banyak orang. Pilihan harganya pun variatif. Mencari wok pan aluminium yang harganya murah bukanlah hal yang sulit.

Wajan aluminium saat ini punya bentuk, corak, dan model yang banyak sekali. Tak sebatas wok pan aluminium klasik seperti pada gambar di atas, wajan ini juga hadir dalam balutan lapisan antilengket. Kami akan membahas lebih jauh mengenai wok pan aluminium yang dilengkapi lapisan antilengket pada segmen setelah ini.

Stainless steel, tahan karat dan antipenyok

Stainless steel, tahan karat dan antipenyok

Stainless steel merupakan besi antikarat yang tahan gores dan tahan penyok. Jika dibandingkan dengan aluminium, wok pan stainless steel lebih awet dan durable. Dari segi bobot, wajan stainless steel biasanya lebih berat daripada aluminium. 

Jika Anda concern dengan alat masak yang lebih sehat, wok pan berbahan stainless steel SUS 304 bisa Anda pilih. Stainless steel jenis SUS 304 dikatakan tahan korosi dan food safe, alias aman bersentuhan dengan makanan. 

Cast iron, kokoh dan sangat awet

Cast iron, kokoh dan sangat awet

Cast iron atau besi tuang merupakan alat masak yang non-toxic sehingga bisa dipilih jika Anda concern dengan kesehatan. Alat masak ini memiliki bobot yang sangat berat. Saking beratnya, mungkin Anda akan kesulitan memegangnya hanya dengan satu tangan. 

Kelebihannya, wok pan berbahan besi tuang sangat kuat dan awet, bahkan bisa dipakai seumur hidup jika dirawat dengan benar. Alat ini juga aman terkena suhu yang sangat tinggi. Banyak pengguna cast iron yang memberikan review bahwa masakan yang dimasak menggunakan alat ini rasa dan aromanya lebih sedap!

Carbon steel, aman digunakan pada suhu tinggi

Carbon steel, aman digunakan pada suhu tinggi

Carbon steel sekilas mirip dengan cast iron. Namun, carbon steel memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang cast iron. Jika Anda tipikal orang yang suka mengayunkan handel wajan ketika menumis, carbon steel bisa Anda pertimbangkan. 

Sama seperti cast iron, wok pan berbahan carbon steel aman terkena suhu tinggi. Jika Anda gemar membuat Chinese food atau masakan yang diproses dengan api besar, carbon steel bisa menjadi pilihan. 

Ketahui tipe wok pan berdasarkan bahan pelapisnya

Setelah mengetahui ragam material wok pan, mari masuk ke pembahasan berikutnya. Kali ini, kami akan menjabarkan tentang bahan pelapis wok pan. Anda mencari wok pan antilengket? Kami juga akan menjelaskan tipe-tipe lapisan antilengket di bawah ini!

Uncoated, lebih aman untuk kesehatan

Uncoated, lebih aman untuk kesehatan

Uncoated wok pan berarti wajan tersebut tidak memiliki lapisan antilengket. Cast iron, carbon steel, dan stainless steel adalah jenis bahan yang biasanya tidak memiliki lapisan antilengket.

Anda harus menggunakan minyak agar masakan Anda tidak mudah gosong atau menempel di dasar wok pan. Jika tidak, wajan yang Anda gunakan mungkin akan lengket ketika dipakai memasak.

Kelebihannya, alat masak tanpa lapisan antilengket lebih sehat dan awet. Mengapa demikian? Lapisan antilengket, seperti teflon dapat mengelupas seiring umur pemakaian. Jika lapisan tersebut mengelupas dan tak sengaja tertelan bersama makanan, tentu akan berbahaya bagi tubuh. Itulah alasan wajan yang lapisan antilengketnya sudah tergores atau mengelupas sebaiknya segera diganti.

Non-stick, mudah dipakai dengan sedikit minyak

Non-stick, mudah dipakai dengan sedikit minyak

Wok pan non-stick biasanya menggunakan material utama aluminium yang kemudian diberi lapisan antilengket. Bagi Anda yang sedang diet atau mengurangi konsumsi minyak goreng, wajan antilengket bisa menjadi penyelamat.

Wajan antilengket banyak disukai karena membuat proses memasak jadi lebih mudah dan praktis. Proses mencucinya pun tidak menjengkelkan karena tak ada kerak gosong masakan yang menempel di dasar wajan. 

Karena banyak penggemarnya, inovasi wajan yang dilengkapi lapisan non-stick ada banyak sekali macamnya. Beberapa lapisan antilengket yang marak saat ini, misalnya wok pan dengan lapisan Teflon, keramik, granit, marble, dan titanium

Pertimbangkan wok pan dengan gagang tahan panas

Pertimbangkan wok pan dengan gagang tahan panas

Wok pan umumnya memiki dua model. Pertama, wok pan dengan dua buah handel pada kedua sisinya. Kedua, wok pan dengan handel panjang seperti yang dipakai di Chinese restaurant

Baik model pertama maupun kedua, proses memasak akan lebih mudah jika handelnya terbuat dari bahan tahan panas. Handel kayu atau silikon bisa Anda pertimbangkan. Dengan bahan yang tahan panas, Anda pun dapat memegangi handel wajan dengan lebih nyaman. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Maxim Valentino Wajan Teflon 2 pcs Set

Mulai dari Rp 266.500,00

10 Rekomendasi wok pan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wok pan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

BimaHeritance Pro-Lite Western Wok

BP121432B

Mulai dari Rp 558.800,00

MaterialStainless steel
Tipe coatingUncoated
Handel tahan panasTidak disebutkan
Diameter32 cm
9

Golden Flying FishWajan Hitam Carbon Steel

Mulai dari Rp 150.000,00

MaterialBaja karbon
Tipe coatingUncoated
Handel tahan panasTidak
Diameter36 cm
8
MaterialCast iron
Tipe coatingUncoated
Handel tahan panasTidak
Diameter27 cm
7

TefalNatura Wok 34 cm with lid

Mulai dari Rp 1.299.000,00

MaterialAluminium
Tipe coatingMineralia coating
Handel tahan panasYa
Diameter34 cm
6
MaterialStainless steel
Tipe coatingUncoated
Handel tahan panasYa
Diameter34 cm
5
MaterialAluminium
Tipe coatingGranite coating
Handel tahan panasYa
Diameter30 cm
4

BMW Kitchen WareKuali Penggorengan Wok Stainless Steel

Mulai dari Rp 110.000,00

MaterialStainless steel
Tipe coatingUncoated
Handel tahan panasTidak
Diameter30 cm
3

PeroBasic Wok Pan + Glass Lid

Mulai dari Rp 1.100.000,00

MaterialAluminium
Tipe coatingGranite coating
Handel tahan panasYa
Diameter32 cm
2
MaterialAluminium
Tipe coatingGranite coating
Handel tahan panasYa
Diameter24 cm
1
MaterialAluminium
Tipe coatingCeramic coating
Handel tahan panasYa
Diameter24

Tabel perbandingan produk wok pan terbaik

Gambar produk
1
Maxim Deep Wok Ceramic 1

Maxim

2
BOLDë Wok Black Dark Knight 1

BOLDë

3
Pero Basic Wok Pan + Glass Lid 1

Pero

4
BMW Kitchen Ware Kuali Penggorengan Wok Stainless Steel 1

BMW Kitchen Ware

5
Stein Wok Pan 30 cm 1

Stein

6
Calypso Wajan/Wok Gagang Kayu 1

Calypso

7
Tefal Natura Wok 34 cm with lid 1

Tefal

8
Skitchen Merauke Wok 1

Skitchen

9
Golden Flying Fish Wajan Hitam Carbon Steel  1

Golden Flying Fish

10
Bima Heritance Pro-Lite Western Wok 1

Bima

Nama produk

Deep Wok Ceramic

Wok Black Dark Knight

Basic Wok Pan + Glass Lid

Kuali Penggorengan Wok Stainless Steel

Wok Pan 30 cm

Wajan/Wok Gagang Kayu

Natura Wok 34 cm with lid

Merauke Wok

Wajan Hitam Carbon Steel

Heritance Pro-Lite Western Wok

Keunggulan

Wajan dengan lapisan keramik yang PFOA free dan PTFE Free

Desain induction bottom-nya membuat panasnya lebih cepat menyebar

Dilengkapi tutup kaca, menggoreng ikan dan ayam jadi lebih aman

Serbaguna dan cocok untuk memasak sehari-hari

Wok pan bernuansa kayu, cocok untuk koleksi dapur Instagrammable Anda

Sajian Chinese food jadi lebih lezat dengan alat masak ini!

Terdapat indikator Thermo-Signal untuk mengetahui suhu ideal memasak

Aroma masakan lebih sedap dengan cast iron wok

Dapat dipakai memasak dalam jumlah banyak!

Alternatif alat masak sehat buatan merek dalam negeri

Harga mulai dariRp 180.000,00Rp 260.000,00Rp 1.100.000,00Rp 110.000,00Rp 669.000,00Rp 95.000,00Rp 1.299.000,00Rp 335.000,00Rp 150.000,00Rp 558.800,00
MaterialAluminiumAluminiumAluminiumStainless steelAluminiumStainless steelAluminiumCast ironBaja karbonStainless steel
Tipe coatingCeramic coatingGranite coatingGranite coatingUncoatedGranite coatingUncoatedMineralia coatingUncoatedUncoatedUncoated
Handel tahan panasYaYaYaTidakYaYaYaTidakTidakTidak disebutkan
Diameter2424 cm32 cm30 cm30 cm34 cm34 cm27 cm36 cm32 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat masak lainnya di sini

Selain review wok pan terbaik, kami juga memiliki review dan rekomendasi alat masak lainnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membacanya!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, wok pan mana yang membuat Anda tertarik? Selain merek wok pan yang terkenal, jangan lupa perhatikan material pembuatnya. Kenali juga ada tidaknya bahan pelapis wajan dan bentuk handle-nya. 

Bagi penggemar wok pan antilengket, Anda dapat memilih wajan dengan coating yang non-toxic (bebas PFOA dan PTFE). Untuk Anda yang concern dengan alat masak sehat, wok stainless steel, cast iron, dan carbon steel bisa dipertimbangkan. 


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.