Review 10 Merk Kurma Medjool Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 10 Merk Kurma Medjool Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Kurma Medjool Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Kurma Medjool Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Kurma Medjool Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Kurma Medjool Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

Kurma Medjool adalah jenis kurma yang banyak dicari saat memasuki bulan Ramadan. Kurma Medjool berasal dari Maroko. Namun, sekarang kurma Medjool juga dibudidayakan di Arizona dan California, Amerika Serikat. Kurma ini juga dapat ditemukan di berbagai negara Timur Tengah, seperti Palestina, Syam atau Suriah, dan Arab Saudi.

Kurma Medjool digemari di Indonesia karena cocok dengan lidah masyarakat. Pada artikel ini kami akan membahas tips memilih kurma Medjool yang enak. Kami juga akan merekomendasikan berbagai merek kurma Medjool yang bagus, seperti Date Crown, Dahnoun Palestine, dan Timur Tengah. Selamat membaca!

Kenali manfaat kurma Medjool
Kurma Medjool banyak digemari karena rasanya yang legit. Kurma jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada kurma pada umumnya. Selain itu, warna kurma Medjool cenderung lebih gelap. Tidak sekadar punya rasa yang enak, kurma Medjool ternyata banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak mengherankan jika kurma Medjool memiliki harga yang cenderung mahal.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung: Kurma Medjool mengandung antioksidan karotenoid dan asam fenolat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

  • Menjaga kesehatan pencernaan: Dalam setiap butir kurma Medjool terkandung banyak bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

  • Meningkatkan metabolisme: Vitamin B kompleks dalam kurma Medjool dapat membantu proses metabolisme sehingga mengurangi rasa letih pada tubuh.

  • Mendukung fungsi saraf: Kurma Medjool mengandung kalium 50% lebih banyak dari pisang. Kandungan kalium tersebut dapat membantu mendukung fungsi saraf.

  • Menurunkan risiko diabetes: Meskipun terasa manis, ternyata kurma Medjool dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Pasalnya, kurma Medjool dapat membantu mengurangi penyerapan gula dalam tubuh.

Cara memilih kurma Medjool

Dengan mengenali manfaatnya, Anda tentu tidak ragu lagi untuk mengonsumsi kurma Medjool. Namun, Anda harus memilih kurma Medjool terbaik untuk dikonsumsi. Karena itulah, perhatikan cara memilih kurma Medjool yang akan kami bahas berikut.

Kenali jenis kurma Medjool

Kenali jenis kurma Medjool
Kurma Medjool umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kurma basah dan kurma kering. Kedua jenis kurma Medjool tersebut tentu memiliki karakteristik berbeda. Hal ini karena kandungan air kurma basah dan kurma kering berbeda.

  • Kurma basah: Sesuai namanya, kurma basah memilih kandungan air yang lebih banyak daripada kurma kering. Hal ini menjadikan masa simpan kurma basah paling lama sekitar 6 bulan. Selain itu, kandungan vitamin C pada kurma basah lebih banyak daripada kurma kering.

  • Kurma kering: Kurma kering memiliki kandungan air yang relatif sedikit. Tidak mengherankan jika masa simpannya bisa lebih dari 1 tahun, bahkan sampai 5 tahun. Kurma kering juga mengandung gula alami (fruktosa), kalori, protein dan lemak, serta mineral yang lebih banyak daripada kurma basah. Di e-commerce kurma kering jauh lebih mudah ditemukan daripada kurma basah.

Pilih berdasarkan ukuran kemasan

Pilih berdasarkan ukuran kemasan
Kurma Medjool yang dijual di pasaran pada umumnya sudah dikemas dengan berat tertentu. Anda bisa menyesuaikan pilihan ukuran kemasan kurma Medjool dengan kebutuhan. Pastikan Anda memilih kurma dengan ukuran berat yang pas agar bisa menikmatinya dengan cukup.

  • Ukuran kecil: Kemasan berukuran kecil untuk kurma Medjool biasanya berkisar antara 250–500 gram. Namun, ada juga beberapa merek yang menjual kurma Medjool dengan kemasan lebih sedikit dari 250 gram. Kurma dengan kemasan kecil cocok untuk dimakan satu orang dalam jangka waktu sekitar setengah bulan.

  • Ukuran sedang: Kemasan berukuran 500 gram hingga 1 kg termasuk ukuran sedang. Kurma dengan kemasan ukuran sedang bisa digunakan untuk dimakan bersama keluarga kecil. Kurma Medjool dengan ukuran ini biasanya habis dalam waktu setengah bulan jika dimakan secara bersama-sama.

  • Ukuran besar: Kemasan kurma Medjool yang lebih dari 1 kg dapat dikategorikan dalam ukuran besar. Kurma dengan kemasan besar cocok dipilih untuk dimakan keluarga besar atau ketika ada acara besar. Selain itu, kurma kemasan besar juga dapat dijadikan stok. 

Pastikan produk sudah bersertifikat BPOM dan dikemas higienis

Pastikan produk sudah bersertifikat BPOM dan dikemas higienis
Kualitas kurma Medjool tentunya harus menjadi pertimbangan utama. Anda bisa mengecek kualitasnya berdasarkan izin edar dan jenis kemasan. Selain itu, kualitas kurma Medjool juga dapat Anda pastikan dari pengemasannya.

  • Izin edar: Produk makanan yang beredar di Indonesia haruslah mendapat izin edar dari BPOM, tidak terkecuali kurma Medjool. Kurma Medjool yang telah mendapatkan nomor registrasi dari BPOM tentu aman ketika Anda konsumsi. Selain dari BPOM, ada juga kurma Medjool yang mendapat sertifikasi dari Kementerian Pertanian RI. 

  • Jenis kemasan: Kurma Medjool dijual dengan jenis kemasan yang berbeda. Ada yang dikemas dengan plastik, pouch, stoples, dan kardus. Pastikan Anda memilih kurma Medjool dengan kemasan rapat agar kualitas kurma tetap terjaga.

10 Rekomendasi kurma Medjool terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kurma Medjool terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Dahnoun PalestineKurma Medjool

Mulai dari Rp 39.500,00

JenisKering
Varian berat180 g, 250 g, 320 g, 500 g
Izin edar✔︎
KemasanKardus, kotak plastik
Negara asalPalestina
9
JenisKering
Varian berat500 g
Izin edar✔︎
KemasanStoples
Negara asalArab Saudi
8
JenisKering
Varian berat5 kg
Izin edar
KemasanKardus
Negara asalArab Saudi
7
JenisKering
Varian berat500 gr
Izin edar✔︎
KemasanKardus
Negara asalArab Saudi
6
JenisKering
Varian berat227 g, 340 g, 454 g, 907 g
Izin edar✔︎
KemasanKotak plastik
Negara asalAmerika Serikat
5
JenisKering
Varian berat500 g
Izin edar✔︎
KemasanKardus
Negara asalPalestina
4
JenisKering
Varian berat500 g, 1 kg, 5 kg
Izin edar
KemasanKardus
Negara asalArab Saudi
3

Al RowadKurma Medjool Palestine

Mulai dari Rp 59.999,00

JenisKering
Varian berat250 g, 500 g, 1 kg, 2 kg
Izin edar
KemasanKardus, kaleng, stoples
Negara asalPalestina
2
JenisKering
Varian berat250 g, 500 g, 1 kg, 2 kg, 5 kg
Izin edar
KemasanKardus
Negara asalPalestina
1
JenisKering
Varian berat1 kg
Izin edar
KemasanKotak Plastik
Negara asalArab Saudi

Tabel perbandingan produk kurma Medjool terbaik

Gambar produk
1
Kurma Madinah Premium Dates 1

Kurma Madinah

2
Ariha Palestinian Medjoul Dates 1

Ariha

3
Al Rowad Kurma Medjool Palestine 1

Al Rowad

4
Nakhela Dates Medjool 1

Nakhela Dates

5
Timur Tengah Kurma Medjool 1

Timur Tengah

6
Bard Valley Natural Delights Whole Fresh Medjool Dates 1

Bard Valley Natural Delights

7
Arofah Kurma Medjool 1

Arofah

8
Date Crown Kurma Medjool Jumbo 1

Date Crown

9
Sykava Kurma Medjool 1

Sykava

10
Dahnoun Palestine Kurma Medjool 1

Dahnoun Palestine

Nama produk

Premium Dates

Palestinian Medjoul Dates

Kurma Medjool Palestine

Medjool

Kurma Medjool

Whole Fresh Medjool Dates

Kurma Medjool

Kurma Medjool Jumbo

Kurma Medjool

Kurma Medjool

Keunggulan

Temukan sensasi renyah dalam setiap gigitan

Beli kurma Medjool sekaligus berdonasi untuk rakyat Palestina

Daging padat dan berisi, rasa tidak begitu manis

Memiliki aroma wangi yang menggugah selera

Kurma premium yang terverifikasi Kementerian Pertanian

Bebas dari pemanis dan pestisida, aman bagi tubuh

Daging kurma lebih tebal dan lembap

Tekstur begitu lembut, terasa meleleh di mulut

Kurma semanis karamel yang cocok untuk buah tangan

Dikemas dengan cantik, pas untuk isian hampers Lebaran

Harga mulai dariRp 99.000,00Rp 79.999,00Rp 59.999,00Rp 60.000,00Rp 125.000,00Rp 69.900,00Rp 230.000,00Rp 1.000.000,00Rp 125.000,00Rp 39.500,00
JenisKeringKeringKeringKeringKeringKeringKeringKeringKeringKering
Varian berat1 kg250 g, 500 g, 1 kg, 2 kg, 5 kg250 g, 500 g, 1 kg, 2 kg500 g, 1 kg, 5 kg500 g227 g, 340 g, 454 g, 907 g500 gr5 kg500 g180 g, 250 g, 320 g, 500 g
Izin edar✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
KemasanKotak PlastikKardusKardus, kaleng, stoplesKardusKardusKotak plastikKardusKardusStoplesKardus, kotak plastik
Negara asalArab SaudiPalestinaPalestinaArab SaudiPalestinaAmerika SerikatArab SaudiArab SaudiArab SaudiPalestina
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kurma Medjool

Pertanyaan umum seputar kurma Medjool

Kami telah membahas cara memilih dan rekomendasi produk kurma Medjool. Selanjutnya, kami akan membahas pertanyaan umum seputar kurma Medjool. Berikut ini adalah pertanyaan terkait kurma Medjool beserta jawabannya.

Bagaimana cara membedakan kurma Medjool asli dan palsu?

Kurma asli dan palsu dapat dibedakan berdasarkan rasanya. Kurma yang terlalu manis patut Anda curigai sebagai kurma palsu. Kurma palsu biasanya sudah ditambahi pemanis buatan sehingga mudah dikerubungi semut. Selain itu, kurma palsu juga tidak ada serat ketika dimakan. Anda juga jangan tertipu dengan kurma tanpa biji karena dapat menandakan tidak asli.

Tips menyimpan kurma Medjool agar awet

Tips menyimpan kurma Medjool agar awet
Setelah membeli, ada baiknya Anda mempertimbangkan tempat penyimpanannya. Pasalnya, penyimpanan yang salah dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada kurma. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa penyimpanan yang tidak tepat memicu munculnya kutu. Dalam menyimpan kurma, perhatikan jenis kurma yang Anda miliki.

  • Kurma kering: Simpanlah kurma Medjool kering yang sudah Anda beli di dalam wadah kedap udara. Kurma kering dapat bertahan selama 3 bulan hingga 6 bulan. Jika Anda menyimpannya dalam kulkas, kurma dapat bertahan hingga 1 tahun.

  • Kurma basah: Sama seperti kurma kering, kurma Medjool basah juga harus Anda simpan di wadah kedap udara agar awet. Jika Anda meletakkan pada suhu ruang, kurma basah hanya akan bertahan 3 hari sebelum ditumbuhi jamur. Namun, jika Anda menyimpan di kulkas, kurma akan bertahan selama 1 bulan. Jika Anda menyimpan di freezer, kurma akan bertahan hingga 6 bulan lamanya.

Baca juga rekomendasi jenis kurma lainnya di sini

Kurma Medjool adalah salah satu jenis kurma yang patut Anda cicipi. Namun, Anda sebaiknya juga mencoba jenis kurma lainnya untuk mendapatkan sensasi rasa yang berbeda. Dengan mengeklik tautan di bawah ini, Anda akan mendapati berbagai jenis kurma lainnya.

Kesimpulan

Kurma Medjool memang paling cocok untuk menemani buka puasa. Namun, Anda juga bisa menjadikannya camilan sehat pada waktu lain. Karena itu, Anda dapat menjadikan kurma Medjool sebagai salah satu persediaan camilan di rumah.

Jika Anda menjadikan kurma Medjool sebagai persediaan camilan, Anda harus memilihnya dengan baik. Anda bisa memilih produk kurma Medjool yang telah kami rekomendasikan di atas. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan selera.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.