Review 10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

0
()
  • 10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

Gaming mouse merupakan perangkat wajib bila Anda hobi bermain game di komputer. Pemilihan gaming mouse sangat erat kaitannya dengan performa Anda selama bermain. Meski demikian, keterbatasan dana mungkin membuat Anda bingung menemukan gaming mouse murah terbaik.

Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih gaming mouse murah lengkap dengan sepuluh rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat memilih mouse gaming murah 100 ribuan dengan fitur yang tidak kalah menarik. Kami akan membahas mouse gaming murah wireless dan wired dari sejumlah merek, seperti Logitech, Razer, dan Fantech. Selamat membaca!

Daftar Isi

Cara memilih gaming mouse murah

Gaming mouse murah dapat menjadi pilihan di kala bujet terbatas. Namun, keterbatasan dana sebaiknya tidak membuat Anda asal-asalan dalam memilih produk. Simak penjelasan selengkapnya dari kami berikut ini untuk menemukan gaming mouse murah yang tepat. 

Perhatikan fitur-fitur dalam gaming mouse

Berbeda dari mouse biasa, gaming mouse biasanya memiliki sejumlah fitur tambahan guna meningkatkan performa permainan. Karena itu, Anda tetap perlu memperhatikan fitur-fitur yang ditawarkan gaming mouse meskipun harganya terjangkau. 

Cek responsivitas dan sensitivitas mouse

Cek responsivitas dan sensitivitas mouse

Responsivitas dan sensitivitas merupakan poin penting dalam memilih gaming mouse. Mayoritas game memerlukan pergerakan kursor yang lancar dan cepat. 

Perhatikan tipe sensor yang tersedia dalam mouse. Fungsi sensor melacak gerakan mouse di permukaan dan menerjemahkannya menjadi kursor pada layar komputer. Saat ini mayoritas sensor yang digunakan dalam mouse adalah sensor laser dan optik

Satuan yang digunakan mengukur sensivitas mouse adalah DPI atau CPI. DPI merupakan singkatan dari Dots per Inch, sedangkan CPI adalah Counts per Inch. Keduanya menunjukkan seberapa banyak pergerakan kursor setelah menggerakkan mouse satu inci.

DPI dan CPI mouse yang tersedia mulai dari 50–20.000 Makin tinggi DPI atau CPI, berarti mouse lebih sensitif dan cepat. Jadi, sedikit saja pergeseran akan menghasilkan banyak gerakan di layar. Sementara itu, DPI rendah memungkinkan penargetan yang lebih presisi. 

Cari tahu polling rate dan IPS-nya

Cari tahu polling rate dan IPS-nya

Polling rate merupakan kemampuan mouse untuk melaporkan posisinya pada sistem per detik. Angka polling rate berpengaruh pada kecepatan dan akurasi mouse. Namun, makin tinggi polling rate menyebabkan proses di komputer lebih berat sehingga perlu disesuaikan.

Bila Anda mengutamakan pergerakan tangan yang lincah, perhatikan juga tracking speed yang ditulis dalam satuan IPS. Tracking speed adalah batas kecepatan maksimum yang bisa dideteksi oleh mouse.

Wired atau wireless? Pilih sesuai kebutuhan

Wired atau wireless? Pilih sesuai kebutuhan

Bila dilihat dari konektivitasnya, gaming mouse dibagi menjadi dua tipe, yaitu wired dan wireless. Tiap jenis memiliki karakteristik dan keunggulannya tersendiri.

  • Wired mouse atau tersambung kabel dapat dipilih bila tidak ingin terdapat jeda pengiriman data. Karena terus tersambung, wired mouse tidak akan kehabisan baterai. Harganya pun biasanya lebih terjangkau.

  • Wireless mouse atau nirkabel dinilai lebih compact dan mendukung mobilitas tinggi. Mouse tipe ini biasanya terhubung menggunakan koneksi Bluetooth atau USB wireless receiver. Anda dapat membaca artikel yang secara khusus membahas wireless mouse di bawah ini.

Ketahui jumlah tombol dan program bawaannya

Ketahui jumlah tombol dan program bawaannya

Sekilas, mouse pada umumnya hanya terdiri dari tiga tombol, yaitu tombol kiri, kanan, dan scroll. Ada juga yang menyertai tombol on-off di bagian bawah mouse. Namun, gaming mouse biasanya dilengkapi tombol lebih banyak yang bisa diatur sesuai kebutuhan. 

Fungsi dari tombol tambahan yang biasanya ada di sisi mouse adalah sebagai shortcut untuk skill pada game. Makin banyak tombol, makin banyak pula skill yang bisa diaktifkan. Anda dapat mengaturnya dalam program yang sudah ditentukan produsen.

Saat pertama kali Anda menghubungkan mouse biasanya akan langsung diarahkan ke pengaturan. Anda sebaiknya melakukan pengaturan mouse di awal agar saat bermain dapat lebih mudah beradaptasi. 

Periksa adanya lampu RGB

Periksa adanya lampu RGB

Demi mendukung suasana bermain yang menyenangkan, memilih mouse dengan fitur lampu LED RGB dapat menjadi opsi. Keberadaan lampu tersebut dapat membuat game set Anda terlihat memukau. Terlebih lagi, biasanya lampu tersebut merupakan indikator dari DPI yang dipilih.

Sesuaikan mouse dengan game yang sering dimainkan

Sesuaikan mouse dengan game yang sering dimainkan

Sesuai namanya, gaming mouse ditujukan untuk meningkatkan performa bermain. Sebelum menjatuhkan pilihan mouse, ada baiknya Anda menyesuaikannya dengan game yang paling sering dimainkan. Di antara banyaknya kategori game, dua jenis game ini tergolong paling populer.

  • FPS (First Person Shooter): Permainan menembak dengan mengambil sudut pandang seolah pemain terlibat langsung dalam game. Contoh game ini adalah Call of Duty, Counter Strike, dan Point Blank. Pilih mouse dengan tombol DPI yang bisa disesuaikan agar tempo dan bidikan lebih akurat.

  • MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) atau MMO (Massively Multiplayer Online): Pemain dapat menggunakan karakter dengan skill khusus secara berkelompok dan daring. Permainan ini membutuhkan mouse dengan banyak tombol untuk mengaktifkan skill dengan cepat. Dota 2 Arena of Valor, dan World Of Warcraft termasuk dalam kategori ini. 

Pastikan bentuk dan grip mouse nyaman di tangan

Pastikan bentuk dan grip mouse nyaman di tangan

Saat memilih gaming mouse, jangan lupa mempertimbangkan kenyamanan tangan Anda. Terlebih bila mouse akan digunakan dalam waktu lama. Pemilihan mouse yang tidak tepat dapat membuat tangan mudah pegal bahkan cedera.

Ukuran telapak tangan dan genggaman tiap orang berbeda satu sama lain. Karena itu, Anda perlu menyesuaikan ukuran mouse yang akan dibeli. Bila Anda kidal, usahakan memilih gaming mouse yang simetris atau memang ditujukan untuk pengguna tangan kiri. Ketahui juga jenis grip atau genggaman Anda saat bermain. Berikut penjelasannya.

  • Palm grip: Seluruh permukaan telapak tangan menutupi mouse. Tipe ini cocok dengan mouse yang ukurannya pas dengan telapak tangan.

  • Fingertip grip: Mirip palm grip, tetapi pangkal telapak tangan menjauh dari punggung mouse. Mouse yang kecil dan ringan sangat pas untuk tipe ini.

  • Claw grip: Ujung jari dan telapak tangan menyentuh mouse seperti pose mencakar. Mouse yang agak besar akan lebih mudah dan sesuai untuk grip jenis ini. 

Pertimbangkan dari sisi merek dan review pembeli

Pertimbangkan dari sisi merek dan review pembeli

Bila Anda masih merasa bingung menemukan gaming mouse murah yang tepat, cobalah memilih dari merek populer. Anda dapat mempertimbangkan merek Logitech, Razer, serta Fantech yang dikenal sebagai produsen gaming gear ternama. Selain itu, pastikan Anda membeli mouse dari official store atau reseller resmi agar tidak mendapatkan produk palsu.

Untuk lebih meyakinkan, baca atau tontonlah review gaming mouse incaran dari pembeli terdahulu. Anda juga dapat menanyakan langsung spesifikasinya kepada penjual. Dengan begitu, Anda dapat melihat performanya sebelum membeli produknya.


10 Rekomendasi gaming mouse murah yang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming mouse murah yang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

ArmaggeddonGRUMMAN RAVEN-III STEALTH

Mulai dari Rp 299.000,00

DPI/CPI500–6.400 CPI
IPS160 IPS
JenisWired
Bobot90 gram
Polling rate125 Hz
Jumlah tombol5
Cara memegangFingertip grip, palm grip
Daya tahanHingga 5 juta klik
RGB
9
DPI/CPI5.000 DPI
IPS100 IPS
JenisWired
Bobot108 gram
Polling rate1.000 Hz
Jumlah tombol10
Cara memegangPalm grip
Daya tahanHingga 20 juta klik
RGB
8

CIJIMouse Gaming Wireless A5

Mulai dari Rp 299.000,00

DPI/CPI800, 1.200, 1.600 DPI (adjustable)
IPSTidak disebutkan
JenisWireless
Bobot140 gram
Polling rateTidak disebutkan
Jumlah tombol7
Cara memegangPalm grip, fingertip grip
Daya tahanTidak disebutkan
RGB
7

CorsairHARPOON RGB PRO FPS/MOBA Gaming Mouse

Mulai dari Rp 329.000,00

DPI/CPI12.000 DPI
IPSTidak disebutkan
JenisWired
Bobot85 gram
Polling rateTidak disebutkan
Jumlah tombol6
Cara memegangClaw grip
Daya tahanHingga 20 juta klik
RGB
6

Aula IndonesiaMouse Macro-Honey Comb-7 Buttons-Breathe Light

F-810

Mulai dari Rp 430.000,00

DPI/CPI800, 1.600, 2.400, 3.200, 4.800, 6.400 DPI (adjustable)
IPSTidak disebutkan
JenisWired
Bobot98 gram
Polling rate125 Hz
Jumlah tombol7
Cara memegangClaw grip
Daya tahanTidak disebutkan
RGB
5
DPI/CPI800–6.400 DPI
IPS220 IPS
JenisWired
Bobot96 gram
Polling rate500–1.000 Hz
Jumlah tombol5
Cara memegangClaw grip
Daya tahanHingga 10 juta klik
RGB✓ (green only)
4

AlcatrozX-Craft Classic Electro

Mulai dari Rp 119.000,00

DPI/CPI800, 1.200, 1.600, 2.400 CPI (adjustable)
IPSTidak disebutkan
JenisWired
BobotTidak disebutkan
Polling rateTidak disebutkan
Jumlah tombol4
Cara memegangPalm grip, fingertip grip
Daya tahanHingga 5 juta klik
RGB
3

RexusGaming Wireless Mouse Xierra S5 Aviator

Mulai dari Rp 149.000,00

DPI/CPI800–2.400 DPI
IPS30 IPS
JenisWireless
BobotTidak disebutkan
Polling rate125 Hz
Jumlah tombol6
Cara memegangClaw grip
Daya tahanHingga 3 juta klik
RGBx
2

LogitechG300s Mouse Gaming Wired Optical RGB with Macro

Mulai dari Rp 349.000,00

DPI/CPI2.500 DPI
IPS60 IPS
JenisWired
Bobot80 gram
Polling rate1.000 Hz
Jumlah tombol9
Cara memegangClaw grip, palm grip
Daya tahanHingga 20 juta klik
RGB
1

FantechMouse Gaming Wireless RAIGOR II WG10

Mulai dari Rp 139.000,00

DPI/CPI800, 1.600, 2.000 DPI (adjustable)
IPS30 IPS
JenisWireless
Bobot83 gram
Polling rateTidak disebutkan
Jumlah tombol6
Cara memegangClaw grip, fingertip grip
Daya tahanHingga 5 juta kali klik
RGBx

Tabel perbandingan produk gaming mouse murah yang terbaik

Gambar produk
1
Fantech Mouse Gaming Wireless RAIGOR II WG10 1

Fantech

2
Logitech G300s Mouse Gaming Wired Optical RGB with Macro 1

Logitech

3
Rexus Gaming Wireless Mouse Xierra S5 Aviator 1

Rexus

4
Alcatroz X-Craft Classic Electro 1

Alcatroz

5
Razer DeathAdder Essential 1

Razer

6
Aula Indonesia Mouse Macro-Honey Comb-7 Buttons-Breathe Light 1

Aula Indonesia

7
Corsair HARPOON RGB PRO FPS/MOBA Gaming Mouse 1

Corsair

8
CIJI Mouse Gaming Wireless A5 1

CIJI

9
Digital Aliance Luna X2 1

Digital Aliance

10
Armaggeddon GRUMMAN RAVEN-III STEALTH 1

Armaggeddon

Nama produk

Mouse Gaming Wireless RAIGOR II WG10

G300s Mouse Gaming Wired Optical RGB with Macro

Gaming Wireless Mouse Xierra S5 Aviator

X-Craft Classic Electro

DeathAdder Essential

Mouse Macro-Honey Comb-7 Buttons-Breathe Light

HARPOON RGB PRO FPS/MOBA Gaming Mouse

Mouse Gaming Wireless A5

Luna X2

GRUMMAN RAVEN-III STEALTH

Keunggulan

Koneksi wireless stabil dengan konsumsi daya rendah

Merek sejuta umat dengan desain simpel dan tombol simetris

Desain futuristis seperti pesawat tempur dengan fitur hemat baterai

Finishing karet buat tangan tidak terasa licin

Model ergonomis sesuai struktur tangan kanan

Honeycomb mouse untuk mobilitas lebih fleksibel

Fitur mumpuni untuk game FPS dan MOBA

Tampilan penuh warna dengan baterai yang bisa diisi ulang

Dilengkapi thumb rest sehingga jempol bebas pegal

Lebih personal dengan lampu dan nama yang bisa dikustomisasi

Harga mulai dariRp 139.000,00Rp 349.000,00Rp 149.000,00Rp 119.000,00Rp 299.000,00Rp 430.000,00Rp 329.000,00Rp 299.000,00Rp 259.000,00Rp 299.000,00
DPI/CPI800, 1.600, 2.000 DPI (adjustable)2.500 DPI800–2.400 DPI800, 1.200, 1.600, 2.400 CPI (adjustable)800–6.400 DPI800, 1.600, 2.400, 3.200, 4.800, 6.400 DPI (adjustable)12.000 DPI800, 1.200, 1.600 DPI (adjustable)5.000 DPI500–6.400 CPI
IPS30 IPS60 IPS30 IPSTidak disebutkan220 IPSTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan100 IPS160 IPS
JenisWirelessWiredWirelessWiredWiredWiredWiredWirelessWiredWired
Bobot83 gram80 gramTidak disebutkanTidak disebutkan96 gram98 gram85 gram140 gram108 gram90 gram
Polling rateTidak disebutkan1.000 Hz125 HzTidak disebutkan500–1.000 Hz125 HzTidak disebutkanTidak disebutkan1.000 Hz125 Hz
Jumlah tombol69645767105
Cara memegangClaw grip, fingertip gripClaw grip, palm gripClaw gripPalm grip, fingertip gripClaw gripClaw gripClaw gripPalm grip, fingertip gripPalm gripFingertip grip, palm grip
Daya tahanHingga 5 juta kali klikHingga 20 juta klikHingga 3 juta klikHingga 5 juta klikHingga 10 juta klikTidak disebutkanHingga 20 juta klikTidak disebutkanHingga 20 juta klikHingga 5 juta klik
RGBxx✓ (green only)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan gaming lainnya di sini

Pembahasan kami di artikel ini memang berfokus pada gaming mouse berharga terjangkau. Apabila Anda memerlukan informasi mengenai perlengkapan gaming lainnya kami telah menyiapkan artikelnya di bawah. Anda bisa membaca artikel yang membahas tips memilih beserta rekomendasi mousepad, keyboard, dan laptop gaming

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sudahkah Anda menemukan gaming mouse murah yang paling sesuai? Silakan jadikan artikel ini sebagai acuan dalam memilih gaming mouse dengan harga terjangkau. 

Agar performa dalam bermain game meningkat, penting bagi Anda untuk menemukan gaming mouse yang tepat. Di sisi lain, bujet terbatas bukanlah halangan untuk memiliki gaming mouse yang bagus. Selamat memilih dan bermain!


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.