10 Rekomendasi Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru 2022)

0
()

Berkegiatan di bawah terik matahari dapat membuat mata tidak nyaman dan pandangan terganggu. Untuk itu, Anda memerlukan kacamata photochromic, yakni kacamata dengan lensa yang bisa berubah menjadi gelap atau jernih tergantung intensitas cahaya di sekitarnya.

Beberapa produsen kacamata, seperti Oakley, Ray-Ban, atau Rockbros, memproduksi kacamata photochromic dengan beberapa jenis dan kegunaan. Dalam artikel ini, PickyBest akan memberikan rekomendasi kacamata photochromic terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!

Apa Itu Kacamata Photochromic?

Kacamata photochromic adalah kacamata dengan lensa yang adaptif terhadap cahaya. Setiap kali terkena sinar matahari atau sumber sinar ultraviolet lainnya, kacamata ini dapat bertransisi dari warna jernih ke warna yang gelap.

Fungsi dari kacamata photochromic adalah melindungi mata dari sinar ultraviolet. Bagi Anda yang berkacamata minus, kacamata photochromic sangat berguna, sebab Anda tidak lagi membutuhkan kacamata hitam dengan minus yang sama secara terpisah.

Cara Memilih Kacamata Photochromic

Tertarik untuk menggunakan kacamata photochromic? Agar Anda mendapatkan kacamata photochromic yang cocok, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum Anda membelinya!

Pilih Ukuran Lensa yang Besar

blank

Kacamata photochromic memiliki fungsi yang sama seperti sunglasses. Untuk meminimalisir cahaya matahari masuk dari pinggiran lensa, sebaiknya pilih kacamata photochromic yang berukuran agak besar seperti sunglasses pada umumnya. Lensa berukuran kecil akan membuat kacamata photochromic kurang maksimal dalam melindungi mata Anda.

Meski demikian, hindari ukuran lensa yang terlalu besar. Sebab, ukuran lensa yang terlalu besar akan mudah melorot dari wajah dan membuat Anda kurang nyaman selama menggunakannya. Pilihlan ukuran lensa yang sesuai dengan wajah Anda agar Anda tetap nyaman menggunakannya sepanjang hari.

Untuk Dipakai Berolahraga, Pilih Frame Model Wraparound

blank

Mata minus terkadang menghalangi kegiatan Anda berolahraga di luar ruangan. Untuk itu, Anda bisa memilih kacamata photochromic dengan bingkai atau frame model wraparound. Sesuai namanya, frame ini seolah membungkus area mata Anda untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan saat berolahraga.

Frame wraparound ini memiliki banyak manfaat, yakni:

  • Memiliki cakupan bidang pandang yang luas
  • Memberi perlindungan terhadap benturan dan dampak lateral
  • Lebih nyaman dengan hydrophilic nosepad dan bagian pelipis antiselip
  • Mengurangi cahaya yang masuk di sekitar bingkai
  • Bisa digunakan untuk kacamata resep (minus dan/atau plus)

Pilih Warna Lensa Sesuai Karakteristiknya

blank

Kacamata photochromic hadir dengan berbagai macam warna lensa. Umumnya warna lensa yang tersedia adalah hitam, abu-abu, cokelat, biru, kuning, pink, dan gradasi. Setiap warna lensa memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing. Anda dapat mempertimbangkan warna lensa dari segi fungsi, adaptasi terhadap cuaca, medan yang Anda hadapi, serta preferensi Anda.

Berikut ini adalah karakteristik dan fungsi dari warna lensa pada umumnya.

  • Hitam atau abu-abu: Mengurangi cahaya yang silau dengan tetap mempertahankan warna asli objek yang Anda lihat, cocok untuk dipakai sehari-hari, terutama saat road cycling di hari yang cerah atau berawan dengan intensitas ringan.
  • Cokelat kemerahan: Membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata, cocok untuk bersepeda di hari yang cerah atau untuk Anda yang sensitif terhadap cahaya.
  • Biru: Mengurangi cahaya silau, mempertajam kontur, meningkatkan warna, dan mengurangi kelelahan mata, tapi kurang ideal dipakai pada hari yang cerah, cocok untuk Anda yang ingin tampil trendy dan fashionable.
  • Kuning: Meningkatkan kontras dan fokus, mengurangi silau, dan membuat objek tampak lebih tajam pada pencahayaan redup, cocok dipakai untuk olahraga outdoor di pagi, sore, atau saat hari berawan.
  • Pink: Mengurangi kelelahan mata dan meningkatkan ketajaman visual, terutama dalam pencahayaan redup, cocok untuk dipakai saat bersepeda di pegunungan. Namun, warna pink akan mendistorsi warna asli.
  • Gradasi: Cocok untuk Anda yang sering mengemudi, dengan warna gelap di bagian atas membantu mengurangi silau dari atas, dan warna terang di bagian bawah membantu Anda melihat kontrol dashboard dengan jelas.

Periksa Persentase Transmisi Cahayanya

blank

Lensa kacamata photochromic dapat berubah gelap saat hari cerah dan dapat kembali jernih saat tidak ada cahaya matahari. Hal ini terjadi karena molekul yang terdapat pada lensa mengubah strukturnya saat terkena sinar UV.

Seberapa banyak tingkat kegelapan lensa tergantung dari jumlah cahaya yang ditransmisikan lewat lensa. Transmisi cahaya menunjukkan jumlah sinar matahari yang mampu masuk menembus lensa. Semakin kecil persentasenya, semakin sedikit cahaya yang ditransmisikan (menembus) lensa.

Lensa photochromic dalam keadaan hampir jernih memiliki sekitar 43-80% transmisi cahaya. Sedangkan pada saat lensa menjadi gelap, transmisi cahayanya hanya sekitar 8-18%. Artinya, sebesar itulah persentase sinar matahari yang masuk menembus lensa kacamata Anda di saat lensa dalam keadaan jernih atau gelap.

Untuk Mengurangi Glare, Pilih Lensa yang Polarized

blank

Untuk mengurangi efek silau dari sinar matahari pada kacamata, Anda dapat menggunakan lensa yang terpolarisasi (polarized). Lensa ini memiliki coating tambahan yang akan melindungi mata Anda dari cahaya yang menyilaukan. Keuntungan lain dari lensa polarized adalah membantu mengurangi glare dan meningkatkan ketajaman pandangan Anda saat dalam situasi silau tinggi.

Namun, lensa polarized juga memiliki kelemahan, yakni tidak tersedia untuk kacamata baca biasa, sulit untuk melihat layar LCD seperti yang tertera pada dashboard atau layar gadget, terkadang bereaksi negatif terhadap warna tertentu, sulit untuk melihat dalam situasi cahaya redup atau gelap.

Karena itulah, kacamata photochromic dengan lensa polarized hanya cocok bila dipakai untuk berolahraga atau kegiatan full outdoor terutama pada saat hari sangat cerah, tapi tidak cocok untuk penggunaan sehari-hari atau malam hari.

10 Rekomendasi Kacamata Photochromic Terbaik

Berikut ini rekomendasi kacamata photochromic terbaik dengan beragam kegunaan, mulai dari penggunaan sehari-hari hingga untuk bersepeda. Mana yang paling cocok untuk Anda?

1. Oakley Radar EV Advancer

blank

Sumber: Oakley.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Blibli
Cek Harga di Bukalapak

Ringan dan estetik, bebas silau dan bebas melorot

Saat bersepeda atau olahraga outdoor lainnya, Anda perlu Oakley Radar EV Advancer, kacamata photochromic terbaik yang dirancang untuk membuat mata Anda tetap sejuk dan nyaman meski terkena teriknya sinar matahari.

Dibuat dari bahan yang ringan dan desain yang estetik, kacamata ini memiliki lensa dengan cakupan pandangan yang luas. Kacamata ini juga memiliki nosepad dan pelipis Unobtainium™ dengan daya cengkeram tinggi sehingga tidak mudah melorot saat Anda berkeringat.

Tinggi lensa 59 mm
Lebar bridge 18 mm
Panjang tangkai 126 mm
Kisaran harga Rp3.045.000


2. Rockbros 1016

blank

Sumber: rockbrosbike.de

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Lensa berwarna sejuk dan nyaman dengan frame yang kokoh

Kacamata dari Rockbros ini hadir dengan pilihan varian dua jenis lensa. Pertama, lensa photochromic, yang akan menggelap sendiri saat terkena sinar matahari. Kedua, lensa polarize, yang akan mengurangi pantulan cahaya yang masuk ke mata.

Karena sinar UV yang masuk ke mata berkurang, pandangan menjadi lebih jelas, sejuk, dan nyaman. Hadir dengan desain yang keren, kacamata photochromic terbaik ini memiliki frame dari bahan premium yang kokoh untuk menemani Anda bersepeda atau bertualang.

Tinggi lensa 55 mm
Lebar bridge Tidak disebutkan
Panjang tangkai Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp228.000


3. Ray-Ban Square 1971 Mirror Evolve

blank

Sumber: Ray-ban.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Bukalapak
Cek Harga di Tokopedia

Warna berubah lebih cepat dan responsif cahaya tinggi

Ray-Ban menawarkan kacamata photochromic terbaik yang fungsional sekaligus fashionable. Selain memberikan visibilitas luar biasa, kacamata ini juga hadir dengan dengan efek cermin yang ikonik dan berkesan berani.

Dengan meningkatkan teknologi responsif cahaya Evolve, lensa kacamata ini dapat berubah warna lebih cepat daripada yang lain. Sehingga, Anda tetap nyaman menggunakannya saat berada di luar maupun di dalam ruangan.

Tinggi lensa 54 mm
Lebar bridge 19 mm
Panjang tangkai 145 mm
Kisaran harga Rp2.730.000


4. Hamlin Adkins Steampunk Iron Man

blank

Sumber: Tokopedia.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Tampil keren seperti Tony Stark, mata terlindungi dari sinar UV

Ingin bergaya keren seperti Tony Stark alias Iron Man? Gunakan kacamata photochromic terbaik Hamlin Adkins Steampunk Iron Man yang dibuat serupa dengan kacamata Tony Stark!

Dilengkapi lensa photochromic dan anti-reflective, kacamata ini berfungsi melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet. Ditambah dengan warna kaca merah ciri khas Iron Man, kacamata ini akan memaksimalkan penampilan Anda di mana pun Anda berada.

Tinggi lensa 52 mm
Lebar bridge 19 mm
Panjang tangkai 140 mm
Kisaran harga Rp533.000


5. Berry Barton Tony Stark K0039

blank

Sumber: Tokopedia.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Melindungi mata dari sinar UV dan sinar biru komputer

Tak ingin ketinggalan, Berry Barton juga mengeluarkan kacamata ala Tony Stark Iron Man. Tak hanya lensa photochromic yang melindungi mata Anda dari sinar matahari, kacamata ini juga dilengkapi dengan lensa blueray yang menahan sinar biru komputer.

Lensa kacamata photochromic terbaik ini juga antipantulan, antiradiasi, dan antigores. Dijual dengan harga yang lebih terjangkau, model kacamata ini cocok untuk pria dan wanita berbagai usia, serta dapat digunakan untuk mata minus, plus, atau silinder.

Tinggi lensa 45 mm
Lebar bridge 27 mm
Panjang tangkai 148 mm
Kisaran harga Rp89.000


6. Rockbros 10128

blank

Sumber: Rockbrosbike.de

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Desain sporty untuk penggiat olahraga outdoor

Dirancang untuk kacamata olahraga sepeda, lari, memancing, atau kegiatan outdoor lainnya, Rockbros 10128 hadir dengan desain yang lebih sporty. Dilengkapi dengan lensa photochromic UV 400, kacamata ini hadir dengan bingkai dan lensa multiwarna.

Di samping itu, kacamata photochromic terbaik ini juga memiliki nose pad antiselip yang dapat diatur sesuai kenyamanan sehingga tidak akan merosot dari hidung Anda.

Tinggi lensa 48 mm
Lebar bridge Tidak disebutkan
Panjang tangkai Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp168.000


7. Barry Barton 101902

blank

Sumber: Tokopedia.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Mengurangi kerusakan mata dengan antiradiasi sinar biru komputer

Terpapar radiasi sinar biru dari komputer bisa berakibat buruk bagi kesehatan mata dan kulit. Untuk menghindarinya, gunakan kacamata Barry Barton 101902 yang dilengkapi dengan lensa photochromic blueray.

Dapat berubah menjadi gelap saat terkena sinar matahari, kacamata ini juga sekaligus menghalangi efek radiasi sinar biru saat Anda berada di depan komputer atau gadget. Sebagai tambahan, kacamata photochromic terbaik ini dilengkapi dengan antipantulan dan tahan gores.

Tinggi lensa 40 mm
Lebar bridge 20 mm
Panjang tangkai 145 mm
Kisaran harga Rp339.000


8. Oakley Plazma

blank

Sumber: Oakley.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Bukalapak
Cek Harga di Tokopedia

Kuat, ringan, dan tahan benturan dengan bidang pandang lebih luas

Saat kacamata minus biasa membatasi gerak Anda, Oakley Plazma memberikan solusi yang Anda butuhkan! Kacamata ini memiliki bingkai yang kuat, ringan, dan tahan benturan, sehingga dapat dipakai oleh Anda yang bermata minus ketika berolahraga.

Apalagi dengan nosepad dan earsock antiselip, kacamata photochromic terbaik ini akan tetap nyaman dipakai saat Anda bergerak dan berkeringat. Dengan bidang pandang yang lebih luas, kacamata ini dapat meningkatkan performa Anda di ruang terbuka.

Tinggi lensa 43 mm
Lebar bridge 18 mm
Panjang tangkai 126 mm
Kisaran harga Rp3.045.000


9. Lacoste Ultra Light Photochromic

blank

Sumber: Tokopedia.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Simpel, ringan, dan nyaman untuk sehari-hari

Lacoste Ultra Light Photochromic hadir dengan model full frame yang simpel dan kasual, lengkap dengan lensa photochromic. Lensa kacamata ini berubah warna menjadi abu-abu saat terkena cahaya matahari, sehingga membuat mata Anda lebih nyaman saat berada di luar ruangan di siang hari.

Terbuat dari material plastik yang ringan, membuat kacamata photochromic terbaik ini nyaman dipakai sehari-hari.

Tinggi lensa 40 mm
Lebar bridge 18 mm
Panjang tangkai 138 mm
Kisaran harga Rp300.000


10. Shimano S-PHYRE R

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Dirancang khusus untuk balap sepeda dengan fitur-fitur juara

Bagi bike riders, kacamata Shimano S-PHYRE R ini layak menemani Anda gowes di jalan raya maupun off-road. Kacamata photochromic terbaik ini memiliki lensa one-piece yang lebar untuk meningkatkan visibilitas yang luas sekaligus perlindungan terhadap angin.

Dengan bingkai rimless yang ringan namun kuat, kacamata ini memiliki lensa photochromic berwarna gelap dengan transmisi 13%-62% untuk perubahan kondisi cahaya. Dirancang khusus untuk balap sepeda, kacamata ini tahan benturan dan tahan air, awet dan tangguh serta tetap jernih dalam kondisi apapun.

Tinggi lensa Tidak disebutkan
Lebar bridge Tidak disebutkan
Panjang tangkai Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp2.800.000


Tabel Perbandingan Kacamata Photochromic

Yuk, cek rekomendasi kacamata dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Kacamata photochromic sangat membantu Anda yang aktif di luar maupun di dalam ruangan berkat lensanya yang adaptif terhadap cahaya. Bagi Anda yang berkacamata, Anda tak perlu lagi mengganti kacamata Anda dengan kacamata hitam biasa saat berada di alam terbuka. Namun demikian, hindari melihat langsung ke arah matahari karena akan merusak mata Anda.

Anda dapat memilih kacamata photochromic terbaik yang sesuai dengan bentuk wajah, lensa yang cepat beradaptasi dengan cahaya, serta angka transmisi cahaya yang rendah. Bagi Anda yang bermata minus, plus, atau silinder, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan lensa yang Anda butuhkan. Selamat bergaya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Baca juga:   Review 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jawa Tengah (Terbaru Tahun 2022)