Tujuan Penelitian Kualitatif & Kuantitatif: Perbedaan & Contohnya

0
()

karyatulisku.com – Tujuan penelitian merupakan suatu bagian dari sebuah karya tulis yang sangat penting. Dalam menentukannya tentunya kita harus mengetahui jenis metode penelitian apa yang akan kita pilih. Metode penelitian biasanya terbagi atas dua, yaitu metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Berikut kami jabarkan perbedaan dan contoh dari kedua penelitian tersebut.

Tujuan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Tujuan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Penelitian adalah suatu usaha untuk memperoleh fakta atau kebenaran atas gejala alam, masyarakat, atau kemanusiaan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data secara jelas, teliti, sistematis, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan tujuan, melalui sebuah cara tersebut dapat memperoleh sesuatu yang sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian merupakan suatu pembahasaan hasil yang ingin peneliti capai dari rumusan masalah setelah proses penelitian terselesaikan.

Baca juga : Contoh Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian

Apa Itu Penelitian Kualitatif ?

Penelitian kualitatif adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data non-numerik.  Jenis penelitian ini telah lama menarik bagi para ilmuwan sosial karena memungkinkan para peneliti untuk menyelidiki makna yang terkait dengan perilaku, tindakan, dan interaksi mereka dengan orang lain.

Tujuan pada metode kualitatif dirancang untuk menyelidiki makna, interpretasi, simbol, serta proses dan hubungan kehidupan sosial secara komprehensif. Jenis penelitian ini menghasilkan data deskriptif yang kemudian harus diinterpretasikan oleh peneliti dengan menggunakan metode penyalinan, pengodean, dan analisis tren dan tema yang ketat dan sistematis.

Apa Itu Penelitian Kuantitatif ?

Menurut Creswell, penelitian kuantitatif merupakan upaya menyelidiki masalah yang mendasari peneliti mengambil data, menentukan variable, dan kemudian melakukan pengukuran dengan angka agar dapat melakukan analisa sesuai dengan prosedur statistic yang berlaku.

Tujuan pada metode kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Adapun tujuan lain, yaitu membantu dalam menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Termasuk pula membantu dalam menentukan desain penelitian. Desain penelitian kuantitatif, memiliki dua bentuk, yaitu studi deskriptif dan studi eksperimental. Penelitian studi deskriptif terjadi apabila peneliti hanya melakukan uji relasi antar variabel hanya sekali saja. Sedangkan penelitian studi eksperimen adalah apabila peneliti melakukan pengukuran antar variabel sebelum dan sesudah penelitian.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Sifat Penelitian

jenis penelitian kualitatif bersifat umum, fleksibel, dan dinamis. Penelitian kualitatif sendiri dapat berkembang selama proses penelitian berlangsung. Sedangkan jenis penelitian kuantitatif memiliki sifat yang khusus, terperinci, dan statis. Alur dari penelitian kuantatif sendiri sudah direncanakan sejak awal dan tidak dapat diubah lagi.

Analisis Data

Analisis data pada jenis penelitian kualitatif terdapat selama proses penelitian berlangsung, sedangkan penelitian kuantitatif analisis data terletak pada tahap akhir sebelum pembuatan laporan

Metode Pengumpulan Data

Pada penelitian kualitatif pengumpulan data berfokus pada menggali informasi yang sedalam-dalamnya dari seorang narasumber. Kualitas penelitian kualitatif tidak terlalu bergantung oleh banyaknya narasumber yang terlibat, tetapi seberapa dalam peneliti menggali informasi spesifik dari narasumber yang terpilih.

Sedangkan pada penelitian kuantitatif Pengumpulan data dapat menggunakan serangkaian instrumen penelitian berupa tes/kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dikonversikan menggunakan kategori/kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kualitas penelitian kuantitatif ditentukan oleh banyaknya responden penelitian yang terlibat.

Representasi Data

Hasil penelitian kualitatif berupa interpretasi peneliti akan sebuah fenomena, sehingga laporan penelitian akan lebih banyak mengandung deskripsi. Sedangkan hasil representasi data penelitian kuantitatif berupa hasil penghitungan matematis. Hasil penghitungan dianggap sebagai fakta yang sudah terkonfirmasi. Keabsahan penelitian kuantitatif sangat bergantung oleh validitas dan reliabilitas instrumen yang peneliti gunakan.

Implikasi Hasil Riset

Hasil penelitan kualitatif memiliki implikasi yang terbatas pada situasi-situasi tertentu. Sehingga, hasil penelitian kualitatif tidak bisa digeneralisasi dalam setting berbeda. Sedangkan hasil penelitian kuantitatif berupa fakta/teori yang berlaku secara umum. Sehingga hasil penelitian kuantitatif dapat berlaku dalam setting yang berbeda.

Contoh Tujuan Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif menekankan kepada proses dan analisis yang menghasilkan solusi di dalam bentuk deskriptif.

Analisis Kehidupan Sosial Masyarakat di Desa X

Contoh rumusan masalah:

1. Bagaimana keadaan sosial masyarakat di Desa X?

2. Bagaimana pengelolaan objek wisata Y yang masyarakat di Desa X lakukan?

3. Bagaimana dampak dari adanya objek wisata Y terhadap kehidupan masyarakat di Desa X?

Tujuan penelitian:

1. Mengetahui keadaan sosial masyarakat di Desa X.

2. Mengetahui pengelolaan objek wisata Y yang dilakukan oleh masyarakat di Desa X.

3. Mengetahui dampak dari adanya objek wisata Y terhadap kehidupan masyarakat di Desa X.

Contoh Tujuan Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif menekankan kepada seberapa besar pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya.

Analisis Keputusan Pembelian Konsumen di Toko X

Rumusan masalah:

1. Apakah program keanggotaan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Toko X?

2. Apakah kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Toko X?

Tujuan penelitian:

1. Untuk mengetahui pengaruh program keanggotaan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko X.

2. Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan toko terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko X.

Nah, itu tadi merupakan perbedaan beserta contoh tujuan dari kedua metode. Bagaimana? Sudah paham kan? Jangan lupa untuk menentukan jenis metode penelitian terlebih dahulu sebelum kita membuat karya tulis. Sehingga kita tahu desain penelitian, analisis data, metode pengumpulan data, dan implikasi hasil riset seperti apa yang harus kita gunakan. Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa untuk tinggalkan kritik dan saran 🙂

Baca juga :

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.