Tips dan Cara Menyusun Skripsi yang Baik dan Benar

0
()

karyatulisku.com – Bagi anda mahasiswa yang tengah duduk pada semester akhir masa perkuliahan tentunya akan berhadapan dengan yang namanya skripsi. Skripsi sering kali menjadi hal yang dianggap sulit dan ditakuti oleh mahasiswa. Jangan khawatir, menyusun skripsi mudah kok! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menyusun skripsi yang baik dan benar. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini 😉

Cara Menyusun Skripsi
Cara Menyusun Skripsi

Apa Itu Skripsi ?

Skripsi adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia, di bawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing, untuk memenuhi kriteria-kriteria kualitas yang telah ditetapkan sesuai keilmuannya masing-masing.

Secara umum, panduan tata cara penulisan skripsi mempunyai sistematika yang sama. Tetapi sering juga dijumpai pedoman penulisan yang tidak seragam. Pada dasarnya, tata cara penulisan skripsi secara umum terbagi menjadi tiga bagian yakni bagian pertama yang berisi awalan, bagian kedua berisi isi skripsi, dan bagian ketiga yang berisi akhiran skripsi.

Struktur Skripsi

1. Bagian Awalan

Pada bagian awalan skripsi, biasanya terdiri dari beberapa halaman, seperti berikut :

Halaman sampul adalah halaman terdepan yang pastinya menjadi yang paling pertama terbaca dari suatu karya ilmiah. Untuk itu, Halaman Sampul harus dapat memberikan informasi secara singkat, jelas dan tidak bermakna ganda atau ambigu kepada pembaca mengenai isi karya ilmiah tersebut. Halaman sampul menyatakan judul, jenis karya ilmiah (skripsi/tesis/disertasi) yang dibuat, identitas penulis, institusi, dan tahun pengesahan.

Halaman Judul secara umum memberi informasi yang sama dengan Halaman Sampul. Tetapi pada Halaman Judul, dicantumkan beberapa informasi tambahan yaitu berupa tujuan dan dalam rangka apa karya ilmiah tersebut dibuat.

Halaman Pengesahan berfungsi untuk menjamin keabsahan karya ilmiah atau pernyataan tentang penerimaannya, khususnya skrispi, tesis, dan disertasi, oleh institusi penulis.

  • Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih

Kata Pengantar biasanya memuat kata-kata singkat atas skripsi yang telah dibuat. Halaman Ucapan Terima Kasih memuat ucapan terima kasih atau penghargaan kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas akhir.

Ucapan terima kasih atau penghargaan yang di tulis sebaiknya mencantumkan bantuan yang di berikan, misalnya bantuan dalam memperoleh masukan, data, sumber informasi, serta bantuan dalam menyelesaikan tugas akhir.

  • Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan Inggris)

Abstrak adalah ikhtisar suatu tugas akhir yang memuat permasalahan, tujuan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Abstrak di buat untuk memudahkan pembaca mengerti secara cepat isi tugas akhir untuk memutuskan apakah perlu membaca lebih lanjut atau tidak.

Halaman Daftar Isi memuat semua bagian tulisan beserta nomor halaman masing-masing, yang di tulis sama dengan isi skripsi. Biasanya, agar daftar isi terlihat ringkas dan jelas, sub bab derajat ke dua dan ke tiga boleh tidak di tulis.

  • Daftar Tabel, Gambar, Rumus, dan Daftar Lain (jika di perlukan)

Halaman Daftar tabel, gambar, dan daftar lain digunakan untuk memuat nama tabel, gambar, dan sebagainya yang ada dalam tugas akhir. Penulisan nama tabel, gambar, dan sebagainya menggunakan huruf kapital di awal kata (title case).

2. Bagian Isi

Bagian Isi dari skripsi biasanya di sampaikan dalam sejumlah bab. Jumlah bab dalam skripsi pada umumnya terdiri dari bab 1 hingga bab 5. Isi pada setiap bab nya seperti berikut.

Pada bab 1 pada umumnya berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, serta kerangka atau landasan teori secara singkat.

Baca juga : BAB 1 Skripsi : Struktur dan Cara Menyusunnya

Kemudian untuk bab 2, Anda harus menuliskan tinjauan pustaka yang biasanya berisi uraian teoretis atau pendapat dari para ahli secara sistematis yang bersumber dari hasil penelusuran literatur yang relevan dengan permasalahan, tujuan, dan manfaat penelitian.

Baca juga : BAB 2 Skripsi : Format dan Cara Penulisannya

Pada bab ini Anda dapat menuliskan mengenai metode penelitian. Metode penelitian yang Anda tuliskan dalam bab ini bisa memuat seputar tempat dan waktu, bahan dan alat, variabel, cara kerja, pengumpulan data, dan cara analisis data.

Baca juga : Cara Menyusun BAB 3 Skripsi dengan Baik dan Benar

Dalam menyusun skripsi bab 4, Anda harus menuliskan seputar hasil yang kamu dapatkan dalam penelitian dan pembahasannya. Hasil dan pembahasan tersebut memuat hasil penelitian, hasil analisis data, dan pembahasan yang terpadu. Anda bisa menyajikan hasil penelitian dalam bentuk teks atau gambar, tabel, dan diagram yang sudah Anda olah sebelumnya agar orang lain lebih mudah dalam membaca data penelitian Anda. Sementara untuk hasil analisis data bisa kamu sajikan dengan menjelaskan ringkasan hasil pengujian hipotesis.

Baca juga : BAB 4 Skripsi: Format dan Cara Penulisannya

Pada bab 5 berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan yang dimaksud memuat pernyataan singkat tentang hasil penelitian serta analisis data yang relevan dengan permasalahan. Sementara bagian saran memuat ulasan pendapat dari peneliti mengenai kemungkinan dan pemanfaatan hasil penelitian lebih lanjut.

3. Bagian Akhiran

Pada bagian ketiga atau bagian akhir ini, skripsi biasanya memuat dua hal yakni daftar referensi atau daftar pustaka dan lampiran (jika ada).

Daftar Referensi atau daftar pustaka adalah daftar bacaan yang menjadi sumber, referensi atau acuan dan dasar penulisan tugas akhir. Daftar referensi biasanya berisi buku, artikel jurnal, majalah, atau surat kabar, wawancara, dan sebagainya yang digunakan oleh penulis skripsi sebagai sumber data-datanya.

Sementara itu, halaman Lampiran berisi data pelengkap atau hasil olahan yang menunjang penulisan tugas akhir, tetapi tidak di cantumkan di dalam isi tugas akhir karena di khawatirkan akan mengganggu kesinambungan pembacaan. Lampiran yang perlu di sertakan di kelompokkan menurut jenisnya antara lain jadwal, tabel, daftar pertanyaan, gambar, grafik, desain dan lainnya.

Cara Menyusun Skripsi

Pada dasarnya dalam menyusun skripsi tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Apabila Anda mengetahui tahapannya, maka hal tersebut tentu akan menjadi lebih mudah. Berikut beberapa tips dalam menyusun skripsi!

1. Pilih Topik Penelitian Sesuai Passion

Dalam memilih topik akan lebih baik memilih sesuai dengan passion anda. Apabila topik penelitian sudah sesuai passion, biasanya Anda akan menikmati mengulik lebih lanjut tentang tema riset tersebut. Coba untuk memperhatikan problematika yang terasa dekat dengan Anda. Hal ini akan membuat diri Anda merasa tertantang mencari solusi terhadap permasalahan tersebut.

2. Pahami Konsep yang Dipilih

Setelah memilih topik penelitian, pelajari dengan tekun topik tersebut dan perhatikan bagian-bagian apa saja yang ingin Anda dalami dan hubungan-hubungannya. Hal ini bertujuan agar Anda memahami secara mendalam konsep yang telah dipilih dan saat dipertanyakan di sidang nanti Anda dapat menjawabnya dengan lancar. Untuk memudahkan dalam pemahaman konsep, Anda dapat membuat mindmap

Pembuatannya sederhana, catatlah tema dan istilah-istilah yang akan Anda riset, lalu hubungkan satu dengan lainnya. Kegiatan ini akan mempermudah Anda untuk menyampaikan skripsi baik secara lisan maupun tulisan.

3. Kuasai Pedoman Penulisan Skripsi

Tata cara membuat skripsi yang baik dan benar selanjutnya adalah mengetahui dengan jelas pedoman penulisan skripsi. Setiap perguruan tinggi memiliki pedomannya masing-masing. Pastikan Anda membaca pedoman tersebut secara rinci dan jeli.

4. Susun Kerangka Penelitian dengan Jelas

Salah satu hal penting sebagai cara membuat skripsi yang benar adalah menata kerangka penelitian sejelas mungkin agar penelitian Anda bisa terbaca dengan mudah. Secara umum, kerangka penelitian skripsi adalah seperti berikut:

  • Bab 1. Pendahuluan
  • Bab 2. Tinjauan Pustaka, Kerangka Pemikiran, Hipotesis
  • Bab 3. Metode Penelitian
  • Bab 4. Hasil Penelitian dan Pembahasan
  • Bab 5. Kesimpulan dan Saran

5. Sajikan Data Terpercaya

Data merupakan salah satu hal yang tak boleh Anda lewatkan. Pastikan Anda mencari data-data yang dibutuhkan dari berbagai sumber untuk kemudian disajikan dalam skripsi. Namun, jangan lupa pastikan sumber tersebut terpercaya atau tidak.

6. Jangan Takut Bertanya Pada Dosen Pembimbing

Jangan lupa untuk senantiasa menghormati dosen-dosen Anda dan memperlakukan mereka dengan baik. Sebab dosen memiliki pengalaman ekstensif di bidang yang sedang Anda teliti serta mempunyai andil dalam kelancaran skripsi Anda.

Selain itu, jangan pernah takut bertanya dan jalin komunikasi yang baik dengan dosen. Jika Anda bingung tentang suatu topik penelitian dan tidak mau bertanya pada dosen pembimbing Anda, maka seterusnya Anda pun akan bingung. Sehingga pengerjaan skripsi jadi tidak lancar.

7. Buat Deadline Skripsi Mandiri

Tips selanjutnya mengenai cara membuat skripsi bagi pemula ialah membuat deadline skripsi mandiri. Terlebih jika ingin menyelesaikannya dalam satu semester, Anda perlu mengatur waktu Anda dengan matang. Contohnya, Anda membuat bab 1 dan 2 di bulan pertama, kemudian lanjutkan dengan merancang bab 3 dan seterusnya di bulan berikutnya.

8. Konsisten dalam Mengerjakan Skripsi

Sesuai dengan tips sebelumnya, pastikan Anda mencicil skripsi secara rutin tiap harinya dan jangan terlalu lama mengambil momen healing maupun istirahat. Pasalnya dengan konsisten mengerjakan skripsi, kesempatan untuk merampungkannya juga akan meningkat.

Tips supaya Anda bisa konsisten, contohnya dengan membuat jadwal harian, set alarm selama 30 menit selama beberapa kali untuk mengerjakan skripsi dengan fokus. Anda juga bisa menjadwalkan istirahat selama 10 menit per 30 menitnya agar tak cepat jenuh.

9. Kurangi Kegiatan Tidak Penting

Kurangi dulu kegiatan tidak penting seperti bermain. Hal ini supaya Anda lebih punya banyak waktu untuk fokus menyelesaikan skripsi. 

10. Tanamkan Niat untuk Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat

Tips terakhir tentang langkah-langkah membuat skripsi adalah menanamkan niat serta tekad yang kuat supaya skripsi selesai dengan lancar dan meraih nilai memuaskan. Tak lupa, banyak berdoa dalam kepercayaan yang dianut agar dalam perjalanan skripsi diberi semangat yang berlimpah.

Demikian beberapa tips dan cara dalam menyusun skripsi. Penyusunan skripsi dalam setiap perguruan tinggi memiliki pedomannya masing-masing. Oleh karena itu, hal terpenting yang harus kita lakukan adalah memahami pedoman skripsi terlebih dahulu. Niatkan diri untuk cepat menyelesaikan skripsi. Karena selesai atau tidaknya suatu skripsi bergantung pada niatmu sendiri. Serta perlu diketahui bahwa skripsi yang bagus bukan berdasarkan topik apa yang anda angkat, namun skripsi yang bagus adalah skripsi yang selesai. Semangat para pejuang skripsi 🙂

Baca juga :

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.