Kumpulan Judul Skripsi Teknik Informatika Terlengkap

0
()

karyatulisku.com – Jurusan Teknik informatika biasa terkenal dengan skripsinya yang menghasilkan suatu program atau aplikasi. Namun tau kah kamu bagaimana cara agar kita mudah menentukan dan menyusun skripsi teknik informatika? Berikut merupakan contoh judul skripsi teknik informatika beserta tips untuk menyusunnya.

Tips dan Contoh Judul Skripsi Teknik Informatika
Tips dan Contoh Judul Skripsi Teknik Informatika

Tips Menulis Skripsi Teknik Informatika

1. Mencari Tahu Kemampuan Diri Sendiri

Pilih bidang dimana anda merasa cukup menguasai, seperti jaringan, programming, multimedia, atau analisis. Mengerjakan skripsi yang sesuai kemampuan anda akan sangat berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya skripsi tersebut selesai, hal ini juga akan mempengaruhi suasana hati anda ketika mengerjakan skripsi. Ketika kita memilih bidang yang kita sukai maka kita akan mengerjakan dengan senang dan tanpa terbebani.

2. Memilih Topik yang Tepat

Setelah mengetahui bidang apa yang ingin kita ambil, kita dapat menentukan topik yang sesuai dengan bidang tersebut. pilih topik yang sekiranya menarik minat anda / yang telah anda kuasai, topik yang sesuai dengan minat tentunya akan memberikan motivasi tersendiri dalam proses mengerjakan skripsi.

3. Mengumpulkan Referensi

Membaca adalah jendela dunia, pepatah ini benar adanya. Karena dengan membaca kita mengetahui banyak hal. Dalam menyelesaikan skripsi, kita dituntut untuk banyak membaca. Lalu bacaan apa yang baik ? dan tepat untuk kita ? Dalam jurusan ilmu komputer / teknik informatika cobalah untuk membaca jurnal internasional yang megkhusus pada perkembangan teknologi, kita bisa baca di IEEE , Elsevier , IJCTT (International Journal of Computer Trends and Technolgy) , dan lain sebagainya. Atau search di google : computer science journal.

Lalu cobalah untuk membaca salah satu skripsi kakak kelas. Hal ini akan memberi banyak materi yang bisa kita pelajari dari satu buah skripsi untuk kemudian kita cari pengembangannya terhadap permasalahan tersebut.

4. Membuat Prototype Program/Aplikasi

Buat prototype program yang akan anda ajukan. Untuk mencari referensi program (mendownload source code) anda dapat mengunjungi beberapa situs, salah satunya github.com. Setelah mendapat referensi untuk membuat prototype selanjutnya kita pelajari dan modifikasi program tersebut.

5. Rajin Berkonsultasi Kepada Dosen

Untuk mengetahui kekurangan Prototype Program anda agar bisa dijadikan sebagai sebuah skripsi, silakan konsultasikan ke dosbing dan minta masukan darinya, selesai mendapat masukan silakan perbaiki program anda.

Baca juga:   Pengertian Membrane Plasma : Sejarah Perkembangan, Struktur

6. Ikuti Project Dosen

Dosen adalah pembimbing paling tepat dalam menentukan topik skripsi. Tidak jarang banyak mahasiswa yang lulus dengan topik-topik yang diberikan oleh Dosen. Umumnya dosen memiliki banyak projek yang dikerjakan diluar Kampus. Jadi ini bisa jadi kesempatan kita untuk mendapatkan bantuan yang tidak terduga dari Dosen.

Ketika dosen mengajak kita untuk menyelesaikan sebuah projek, dan itu sesuai dengan kemampuan sobat maka sebaiknya patut dicoba. Cobalah untuk mendiskusikan projek tersebut kepada Dosen, khususnya yang berhubungan dengan topik skripsi. Ketika kita sudah bekerja dengan baik membantu projek Dosen, biasanya kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dan Dosen tersebut akan lebih respect terhadap kita.

7. Gunakan Metode/Algoritma Baru

Umumnya dalam jurusan ilmu komputer, skripsi di bolehkan untuk penerapan algoritma atau implementasinya. Jadi akan sangat baik bagi kita untuk menentukan algoritma terbaik yang akan kita gunakan. Bagaimana mendapatkannya ? tentunya dnegan referensi jurnal internasional terbaru.

Sebaiknya jangan membandingkan beberapa algoritma yang masih dalam satu topik. Misalnya perbandingan algoritma steganografi A , B, dan C. Karena jika A adalah algoritma paling awal, sedangkan B, dan C adalah terbaru, sudah pasti algoritma C yang akan memberikan nilai paling baik.

Contoh Judul Skripsi Teknik Informatika

1. Contoh Judul Penerapan Algoritma

Algoritma adalah suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang digunakan untuk memecahkan permasalahan tertentu.

Contoh :

  1. Penerapan Algoritma Differential Evolution untuk Penyelesaian Permasalahan Vehicle Routing Problem with Delivery and Pick-up
  2. Optimasi Kecepatan Motor DC Menggunakan Algoritma Kelelawar (Bat Algorithm)
  3. Algoritma Genetika Ganda untuk Capacitated Vehicle Routing Problem
  4. Algoritma Differential Evolution Untuk Penjadwalan Flow Shop Banyak Mesin Dengan Multi Obyektif
  5. Penyelesaian Capacitatedvehicle Routing Problem (Cvrp) Menggunakan Algoritma Sweep Untuk Optimasi Rute Distribusi Surat Kabar Kedaulatan Rakyat
  6. Pembangunan Aplikasi Penyusunan Jadwal Kuliah Menggunakan Algoritma Semut
  7. Tabu search sebagai local search pada algoritma ant colony untuk penjadwalan flowshop
  8. Optimasi fungsi multi-obyektif berkendala menggunakan algoritma genetika adaptif dengan pengkodean real
  9. Penerapan SPB Online Menggunakan Rinfo Transformation Pada Bagian Pengadaan Perguruan Tinggi
  10. Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun

2. Contoh Judul Menggunakan Arduino

Arduino merupakan sebuah perangkat elektronik yang bersifat open source dan sering digunakan untuk merancang dan membuat perangkat elektronik serta software yang mudah untuk digunakan. Arduino ini memiliki beberapa komponen penting di dalamnya, seperti pin, mikrokontroler, dan konektor yang nanti akan di bahas lebih dalam selanjutnya. Selain itu, Arduino juga sudah menggunakan bahasa pemrograman Arduino Language yang sedikit mirip dengan bahasa pemrograman C++. 

Contoh :

  1. Prototype Weather Station Berbasis Arduino Yun
  2. Prototype Pengontrolan Lampu Dengan Android Berbasis Arduino Via Wifi
  3. Sistem Kontrol Tingkat Kekeruhan pada Aquarium Menggunakan Arduino Uno
  4. Rancang Bangun Alat Ukur Desibel (dB) Meter Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3
  5. Pembelajaran Embedded System Berbasis Proyek Menggunakan Arduino Mega2560
  6. Perancangan Sistem Data Logger Temperatur Baterai Berbasis Arduino Duemilanove
  7. Simulasi Sistem Pendeteksi Polusi Ruangan Menggunakan Sensor Asap Dengan Pemberitahuan Melalui SMS (Short Message Service) Dan Alarm Berbasis Arduino
  8. Perancangan Sistem Telemetri Wireless untuk Mengukur Suhu dan Kelembaban Berbasis Arduino Uno R3 ATmega328p dan XBee Pro
  9. Sistem Monitoring Kinerja Panel Listrik Tenaga Surya Menggunakan Arduino Uno
  10. Perancangan Prototype Sistem Kendali Lampu Menggunakan Handphone Android Berbasis Arduino
Baca juga:   Sistem Adalah : Definisi, Pengertian, Konsep,Kerangka Kerja

3. Contoh Judul Algoritma Fuzzy Logic

Fuzzy logic adalah metode sistem kontrol pemecahan masalah, yang cocok untuk di implementasikan pada sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, Jaringan PC, Multi channel atau workstation berbasis akuisisi data, dan sistem kontrol.

Contoh :

  1. Prediksi Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan Menggunakan Metode Genetic Fuzzy Systems Studi Kasus: Rumah Sakit Usada Sidoarjo
  2. Perbandingan Regresi Linear, Backpropagation Dan Fuzzy Mamdani Dalam Prediksi Harga Emas
  3. Perancangan Manajemen Bandwidth Inter Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno
  4. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pembimbing Dengan Metode Logika Fuzzy
  5. Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Jumlah Jam Overtime Pada Produksi Barang di PT Asahi Best Base Indonesia (ABBI) Bekasi
  6. Penerapan Fuzzy Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Telepon Seluler
  7. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pekerjaan Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani Studi Kasus: Amik Bsi Tasikmalaya
  8. Diagnosis penyakit gigi periodontal menggunakan sistem pakar fuzzy
  9. Fuzzy Logic Metode Mamdani Untuk Membantu Diagnosa Dini Autism Spectrum Disorder
  10. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Jurusan Menggunakan Fuzzy Inferrence Sistem Metode Mamdani

4. Contoh Judul Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa HTML, PHP, CSS, JS yang membutuhkan web server dan browser untuk menjalankannya seperti Chrome, Firefox atau Opera.

Contoh :

  1. Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan P Algoritma Dijkstra
  2. APLIKASI MONITORING ABSENSI KARYAWAN PEMASARAN BERBASIS WEB DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS)

5. Contoh Judul Algoritma Ant Colony

Ant Colony Optimization (ACO) merupakan teknik probabilistik untuk memecahkan masalah perhitungan dengan menemukan jalur terbaik melalui graf.

Contoh :

  1. Optimisasi Pengaturan Frekuensi Sistem Interarea Menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) dan Ant Colony Optimization (ACO)
  2. Ant colony optimization on crowdsourced delivery trip consolidation
  3. Simulasi Dan Analisis Pengalokasian Sumber Daya Radio Menggunakan Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) Pada Sistem Long Term Evolution (LTE) Arah …
  4. Studi Perbandingan Algoritma Cheapest Insertion Heuristic Dan Ant Colony System Dalam Pemecahan Travelling Salesman Problem
  5. Analisis algoritma hybrid ant colony optimization (aco) dan local search untuk optimasi pemotongan bahan baku
  6. Implementasi Algoritma Ant Colony Optimization Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Tempat Ibadah Terdekat Di Kota Bandung
  7. Pencarian rute angkutan umum menggunakan algoritma ant colony optimization
  8. Penggunaan Algoritma Ant Colony System dalam Traveling Salesman Problem (TSP) pada PT. Eka Jaya Motor
  9. Optimasi penentuan rute kendaraan pada sistem distribusi barang dengan ant colony optimization
  10. Optimasi Kecepatan Motor DC Menggunakan Pid Dengan Tuning Ant Colony Optimization (ACO) Controller
Baca juga:   Pengertian Inovasi : Faktor, Jenis, Prinsip, Perbedaannya

6. Contoh Judul Metode Klasifikasi

Salah satu metode dalam pengolahan data adalah klasifikasi. Klasifikasi merupakan cara pengelompokkan data sesuai dengan ciri-ciri atau karakteristik data tersebut. 

Contoh :

  1. Klasifikasi Pergerakan Jari Tangan Berdasarkan Sinyal EMG Menggunakan Stacked Denoising Autoencoder untuk Mengendalikan Tangan Prostetik
  2. Klasifikasi Sinyal Eeg Menggunakan Deep Neural Network Dengan Stacked Denoising Autoencoder
  3. Denoising Sinyal Ekg Menggunakan Deep Neural Network Dengan Stacked Denoising Autoencoder
  4. Klasifikasi Sinyal Ecg Menggunakan Deep Learning Dengan Stacked Denoising Autoencoders
  5. PENGENALAN MOTIF BATIK MENGGUNAKAN ROTATED WAVELET FILTERDAN NEURAL NETWORK
  6. Klasifikasi Daun Herbal Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Dan Knearest Neighbor
  7. Deteksi Penyakit Epilepsi dengan Menggunakan Entropi Permutasi, K-means Clustering, dan Multilayer Perceptron
  8. Penerapan Metode Neural Network dengan Struktur Backpropagation untuk Prediksi Stok Obat di Apotek (Studi Kasus: Apotek ABC)

7. Contoh Judul Metode Apriori

Algoritma Apriori adalah algoritma yang paling terkenal untuk menentukan pola frequensi tinggi. Pola frequensi tinggi merupakan pola item-item didalam suatu database yang memiliki frequensi atau support diatas ambang batas tertentu yang disebut istilah minimun support.

Contoh :

  1. Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Kombinasi Antar Itemset Pada Pondok KOPI
  2. Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Simulasi Prediksi Hujan Wilayah Kota Bandung
  3. Implementasi Analisis Keranjang Belanja Dengan Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Motor
  4. Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat
  5. Pengembangan sistem rekomendasi penelusuran buku dengan penggalian association rule menggunakan algoritma apriori (studi kasus Badan Perpustakaan dan …
  6. Pembuatan Perangkat Lunak Data Mining Untuk Penggalian Kaidah Asosiasi Menggunakan Metode Apriori
  7. Penerapan metode data mining market basket analysis terhadap data penjualan produk buku dengan menggunakan algoritma apriori dan frequent pattern growth

Demikian ulasan singkat mengenai tips menulis skripsi dan contoh judul skrispsi teknik informatika. Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi teman-teman pejuang skripsi terutama yang berada di jurusan teknik informatika dalam menentukan judul skripsinya. Apabila terdapat kritik dan saran, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih 🙂

Baca juga :

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.