Kata Pengantar Laporan Praktikum: Cara Membuat, dan Contohnya

0
()

karyatulisku.com – Laporan praktikum bukan merupakan hal yang asing lagi bagi seorang pelajar maupun mahasiswa. Setiap selesai mengerjakan suatu penelitian tentunya kita dituntut untuk membuat pelaporannya sekaligus. Dalam sebuah laporan praktikum terdapat beberapa bagian yang menyusunnya, salah satunya adalah kata pengantar. Pada ulasan ini kita akan membahas lebih rinci mengenai cara membuat beserta contoh dari kata pengantar laporan praktikum.

Cara Membuat dan Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum
Cara Membuat dan Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Apa Itu Kata Pengantar?

Kata Pengantar merupakan sebuah halaman dalam sebuah karya tulis yang biasanya berisi ucapan rasa syukur dan rasa terima kasih dari seorang penulis karya tersebut. Kata Pengantar umumnya terletak di awal karya tulis dan memuat beberapa bagian penting seperti pembukaan, isi, dan penutup.

Adapun Isi dari kata pengantar sendiri merupakan hal-hal yang telah penulis lalui dan alami selama menyelesaikan karyanya tersebut, serta siapa saja pihak-pihak yang tergabung dan telah membantu penyusunan karya tersebut.

Selain ucapan terima kasih, kata pengantar juga memiliki fungsi yang penting, dimana fungsinya untuk mengantarkan para pembaca (viewer) kepada isi atau uraian yang terdapat pada karya tulis tersebut. Sejatinya tidak hanya itu, tetapi juga memuat gambaran umum tentang karya tersebut sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Jenis-Jenis Kata Pengantar

Kata Pengantar bukan hanya terdiri atas satu jenis. Kamu bisa menemukan dua jenis berbeda dengan definisi dan isi berbeda juga. Dua jenis Kata Pengantar itu adalah:

  1. Preface merupakan jenis yang sering ditemukan dan paling sering digunakan dalam sebuah karya ilmiah. Preface ditulis oleh penulis sendiri dimana di dalamnya menjabarkan singkat apa isi laporan.
  2. Freword merupakan jenis yang penulisannya dilakukan oleh orang lain, bukan pemilik naskah. Penulis freword tidak bisa sembarangan, harus tokoh yang di segani atau memiliki pengaruh besar bahkan namanya melebihi penyusun naskah.
Baca juga:   Pengertian, Jenis, Sistem Organ, Strukturnya

Dua hal besar yang membedakan contoh kata pengantar laporan praktikum dan cara membuatnya dari dua jenis tersebut adalah siapa penulisnya. Penulis kata pengantar belum tentu penyusun naskah.

Struktur Kata Pengantar Laporan Praktikum

1. Pembukaan

Pembukaan berisi rasa syukur karena telah berhasil menyelesaikan penelitian ataupun praktik dan menyusun laporan. Rasa syukur paling utama ditujukan pada Tuhan.

Sebagai contoh kata pengantar dan cara pembuatannya dari segi pembukaan, kurang lebih seperti ini:

Puji dan syukur penyusun panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karunia-Nya lah tugas akhir berjudul, “Perubahan Massa pada Benda Cair” ini dapat diselesaikan.

Tidak lupa penyusun sampaikan terima kasih juga kepada beberapa pihak terlibat, seperti:

1. Bapak X selaku…
2. Ibu Y sebagai…
3. Orang tua yang telah mendukung secara materi maupun moril agar penyusun bisa sampai ke tahap ini.
4. Kepada rekan-rekan seperjuangan.

2. Isi

Isi adalah lanjutan dari pembukaan dan awalan sebelum ke penutupan. Sebuah Kata Pengantar biasanya memiliki isi mengenai sedikit rangkuman dari tugas akhir yang di susun. Intinya lebih ke isi mengenai materi yang di laporkan. Berikan gambaran sedikit saja yang dapat menjadi pembukaan sebelum orang membaca utuh hasil laporan anda.

Sebagai contoh kata pengantar dan cara pembuatannya dari segi isi, kurang lebih seperti ini:

Tugas akhir ini berisi tentang bagaimana reaksi air ketika ditempatkan pada ruang tertutup selama 30 hari. Kami memantaunya setiap hari berdasarkan metode tepat.

Adapun detail praktik telah runut kami sampaikan dalam laporan secara teliti dan maksimal.

3. Penutup

Penutup merupakan bagian akhir dari kata pengantar dan biasanya berisi tentang permohonan maaf maupun permohonan kritik dan saran yang membangun untuk menyempurnakan laporan berikutnya.

Contoh dari bagian penutupan adalah:

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan hasil akhir ini masih jauh dari kategori sempurna. Untuk itu, kritik maupun saran penulis harapkan tersampaikan secara santun agar menyempurnakan tugas-tugas selanjutnya.

Akhir kata, semoga tugas ini dapat memberikan manfaat sebanyak mungkin bagi semua orang, khususnya para pembaca. 

Baca juga:   Pengertian, Ciri, Tipe, Teori, komponen

Unsur yang Harus Ada dalam Kata Pengantar

Dalam menyusun kata pengantar, terdapat beberapa unsur yang wajib ada. Berikut merupakan beberapa unsur yang wajib ada ketika kita menyusun kata pengantar laporan praktikum :

  1. Ucapan syukur terhadap Tuhan YME.
  2. Memasukkan judul karya ilmiah sebagai pengantar singkat supaya pembaca tahu sedikit isi dari laporan tersebut.
  3. Penyebutan pihak-pihak yang memberikan bantuan dan pengucapan rasa terima kasih kepada mereka.
  4. Harapan penulis kepada pembaca, termasuk permintaan kritik serta saran positif untuk menyempurnakan tugas berikutnya serta harapan agar tulisan memberikan manfaat.
  5. Bubuhan tempat, tanggal, bulan, serta tahun diikuti oleh tanda tangan serta nama jelas penulis.

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

a. Praktik Kerja Lapangan

Segala puji milik Tuhan Yang Maha Esa, yang hingga detik ini menganugerahkan nikmat sehat kepada kita semua. Berkat-Nya kami dapat menyelesaikan laporan praktikum praktik kerja lapangan ini.

Kami telah berusaha semaksimal mungkin menyusun report berdasarkan penelitian dan praktik di lapangan. Namun, kami mengharapkan juga saran serta kritik yang membangun sebagai perbaikan bagi kami di masa mendatang.

Dalam kesempatan ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu hingga laporan dapat diselesaikan, diantaranya:

1. Bapak Thaha, M.Pd., selaku Kepala SMA 657 Kahyangan.
2. Ibu Iroh, SE., selaku Kepala Program Administrasi Perkantoran.
3. Bapak H. Assalammu, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Kota Cinta Kasih.
4. Bapak Arimbi Doa Ibu, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi.
5. Bapak Abadi Selamanya, S.Pd., selaku Pembimbing dari pihak sekolah.
6. Kawan-kawan semua.

Kami berharap apa yang kami susun dapat memberikan manfaat bagi seluruh siswa 657 Kahyangan. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak terlibat dan tidak lupa kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat-Nya laporan ini dapat kami selesaikan.

b. Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Segala puji bagi Tuhan Semesta Alam, berkat limpahan kasih sayang-Nya kami dapat menyelesaikan program KKN di Desa Union dengan baik. Mengapresiasi bantuan dari berbagai pihak, kami ucapkan terima kasih kepada:

1. Ibu Kasih sebagai dosen pembina.
2. Bapak Amin sebagai Ketua Panitia Pelaksana KKN Universitas Oye-oye.
3. Ibu Mawar sebagai Kepala Desa Melati
4. Masyarakat Desa Melati yang membantu kami selama melaksanakan program KKN.

Baca juga:   Platyhelminthes : Pengertian, Karakteristik, Sistem, Ciri

Selaku penyusun, kami mengharapkan laporan ini dapat memberikan manfaat bagi orang banyak, khususnya pembaca. 

c. Laporan Praktikum Fisika Dasar

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas yang berjudul “Laporan Praktikum Enzim Katalase” ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari laporan ini adalah untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Fisika Dasar. Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang enzim katalase di kehidupan sehari-hari bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Terlebih dahulu, saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Susilawati, M.Sc, selaku Dosen Fisika dasar yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni ini.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan semua, terima kasih atas bantuannya sehingga sehingga saya dapat menyelesaikan tugas ini.

Kemudian, saya menyadari bahwa tugas yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun kami butuhkan demi kesempurnaan laporan ini.

Depok, 18 Mei 2021

Penulis

Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat dan contoh dari kata pengantar laporan praktikum. Dalam membuat kata pengantar tentu kita harus memperhatikan mengenai unsur yang wajib ada, yaitu ucapan syukur, penulisan judul, ucapan terima kasih, kalimat harapan dan permohonan kritik, serta tanda tangan.

Semoga dengan membaca ulasan ini dapat menambah wawasan serta membantu para pembaca dalam menyusun laporan praktikumnya. Apabila terdapat kritik dan saran, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih 🙂

Baca juga :

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.