Judul Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Berbagai Jurusan

0
()

karyatulisku.com – Judul penelitian merupakan hal yang sangat penting dalam suatu laporan penelitian. Hal ini dikarenakan, judul dapat menggambarkan keseluruhan isi dari penelitian yang dilakukan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih judul yang baik dan mudah dipahami. Nah, dalam artikel ini akan kita bahas mengenai ciri-ciri, langkah membuat, serta contoh judul penelitian dari berbagai jurusan yang baik dan benar.

Judul Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Judul Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Penelitian merupakan suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.

Metode penelitian kualitatif merupakan metode yang lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke subtansi makna dari fenomena tersebut. Perhatian penelitian kualitatif lebih tertuju pada elemen manusia, objek, dan institusi, serta hubungan atau interaksi di antara elemen-elemen tersebut, dalam upaya memahami suatu peristiwa, perilaku, atau fenomena.

Metode penelitian kuantitatif merupakan serangkaian investigasi sistematika terhadap fenomena dengan mengumpulkan data untuk kemudian diukur dengan teknik statistik matematika atau komputasi. Tujuan penelitian kuantitatif memiliki beberapa poin, seperti untuk pengembangan model matematis karena penelitin ini tidak sekadar menggunakan teori yang diambil lewat kajian literatur dan teori. Namun juga pentingnya membangun hipotesa yang memiliki keterkaitan dengan fenomena yang akan kita teliti menggunakan metode penelitian ini.

Sebelum menentukan judul, kita perlu memahami mengenai metode penelitian yang akan kita gunakan terlebih dahulu. Sehingga kita perlu mengetahui ciri-ciri serta karakteristik dari penelitian kualitatif dan kuantitatif guna mendapatkan judul yang sesuai dengan penelitian kita.

Baca juga : Contoh Tujuan Kualitatif dan Kuantitatif : Perbedaan dan Contohnya

Ciri Penelitian Kualitatif

Sebelum lebih jauh membahas mengenai judul penelitian kualitatif, hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu mengenali apa penelitian kualitatif itu sendiri. Memahami ciri-cirinya akan membantu kamu untuk bisa menentukan judul dengan lebih tepat.

Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri dari penelitian kualitatif, sebagai berikut:

  1. Menggunakan sumber data dengan lingkungan alamiah seperti peristiwa asli di dalam situasi dan kondisi sosial yang ada.
  2. Peneliti melaksanakan pengamatan, mencari tahu, dan menggali data dari sumber yang bersangkutan.
  3. Hasil pengamatan penelitian disampaikan dengan cara deskriptif analitik narasi yang jelas. 
  4. Penjelasan hasil penelitian berguna untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah penelitian terkait.
  5. Pelaksanaan penelitian lebih banyak menekankan pada proses kegiatan yang nyata dan langsung.
  6. Penelitian lebih bersifat induktif yaitu berawal dari fakta empiris yang terjadi di lapangan, kemudian fakta tersebut dipelajari untuk mendapatkan kesimpulan.
  7. Hasil dari proses penelitian berbentuk prinsip, konsep, maupun juga teori yang masih perlu untuk dikembangkan lebih jauh.
  8. Lebih banyak menekankan pada makna dari peristiwa yang menjadi objek penelitian terkait.

Ciri Penelitian Kuantitatif

Sedangkan untuk penelitian kuantitatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Pertama, dalam penelitian kuantitatif, pertanyaan penelitian menanyakan derajat pengaruh atau hubungan erat antara dua variabel atau lebih.
  2. Kedua, penelitian kuantitatif mengambil teori sebagai titik tolak dan mencari konsep-konsep yang terkandung dalam teori. Inilah yang kemudian kita sebut sebagai variabel.
  3. Ketiga, penelitian kuantitatif berguna untuk mengukur satu atau lebih variabel pada suatu penelitian. Melakukan penelitian yang lebih kuantitatif untuk mengukur hubungan atau korelasi/pengaruh antara dua variabel atau lebih.
  4. Keempat, penelitian kuantitatif menggunakan persentase, rumus, dan tabel sampel keseluruhan untuk menentukan ukuran responden atau ukuran sampel, yang semuanya merupakan penerapan prinsip representasi.
  5. Kelima, penelitian kuantitatif yang menggunakan perspektif etis, yaitu data yang dikumpulkan dibatasi atau ditentukan oleh peneliti. Dalam hal ini, pemilihan indikator atau sifat variabel, termasuk kuantitas dan jenisnya.

Langkah – Langkah Menentukan Judul Penelitian

1. Menentukan Topik

Langkah pertama saat menentukan judul penelitian yaitu mencari topik penelitian. Topik ini nantinya yang akan menjadi fokus dari pelaksanaan penelitian tersebut agar bisa berjalan secara terarah.

2. Menentukan Masalah Penelitian

Langkah selanjutnya adalah menentukan masalah. Satu hal yang perlu untuk kamu perhatikan yaitu sebaiknya permasalahan yang kita gunakan memang benar-benar ada. Tidak perlu untuk mengada-ada masalah karena hal ini akan mempengaruhi perjalanan dari penelitian ke depannya lebih lanjut.

3. Melakukan Identifikasi Masalah

Setelah berhasil menentukan masalah apa yang ingin kita teliti, selanjutnya yaitu melakukan identifikasi terhadap masalah tersebut. Berbeda dengan tahapan sebelumnya, identifikasi ini sendiri lebih dilakukan secara terperinci. Hasil yang kamu dapatkan dari tahapan ini yaitu permasalahan yang diteliti menjadi semakin fokus.

4. Menentukan Batasan Masalah

Langkah yang cukup penting saat menentukan yaitu judul penelitian dengan melihat batas permasalahan yang ada. Setelah melakukan identifikasi masalah dengan lebih terperinci, anda perlu untuk membatasi pembahasan masalah tersebut.

Cara ini perlu untuk dilakukan agar anda bisa menegaskan dengan lebih lanjut mengenai pembahasan penelitian yang dilakukan. Tanpa adanya batasan ini, penelitian menjadi semakin luas dan fokusnya menjadi kurang baik.

5. Menentukan Judul Penelitian

Setelah menjalankan langkah-langkah sebelumnya, langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah menentukan judul penelitian. Penulisan judul ini akan lebih baik menggunakan kalimat yang pendek dan menyeluruh.

Contoh Judul Penelitian Kualitatif

1. Judul Penelitian Kualitatif Jurusan Ekonomi

a) Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau dari Motif Bertransaksi

b) Mudik Lebaran dalam Analisis Ekonomi Pembangunan

c) Desain Sistem Informasi Akuntansi Siklus Pelaporan pada UMKM Songket di Palembang

d) Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram

e) Hubungan Antara Harga dan Merek Produk dengan Pembelian Konsumen

f) Peran Google Ads Terhadap Media Komunikasi Pemasaran Digital

g) Analisa Pengambilan Keputusan Konsumen Atas Merek Produk

2. Judul Penelitian Kualitatif Jurusan Psikologi

a) Strategi Penanggulangan Kasus Ibu dengan Postpartum Blues di Rumah Sakit Dr. Sardjito

b) Analisa Hubungan Perceraian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak Remaja

c) Analisa Kenakalan Remaja dan Dampaknya Terhadap Hubungan Pertemanan Sebaya

d) Faktor Pengaruh Terhadap Kematangan Emosi Antara Pasangan Pernikahan di Bawah Umur

e) Hubungan Antara Tingkat Religiusitas Terhadap Kecemasan Moral Siswa Anggota Rohis

f) Analisa Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Anak di Sekolah

3. Judul Penelitian Kualitatif Pendidikan

a) Analisa Peran Guru Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Siswa

b) Hubungan Cara Mengajar dengan Hasil Belajar Siswa

c) Analisa Metode Pembelajaran sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa

d) Analisa Peran Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Guru SMA

e) Analisa Pengaruh Metode Pembelajaran Efektif Demi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

f) Analisa Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Konseling di SMA XXXXX

4. Judul Penelitian Kualitatif Komunikasi

a) Analisis Deskriptif Kuantitatif Terkait Pengungkapan Emosi Dalam Pemasangan Display Picture Blackberry Messenger Berupa Wordpics Pada Siswa SMA Xx.

b) Dampak Adanya Promosi Official Account Alfamart Terhadap Sikap Pengguna LINE Aktif (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi).

c) Efek dari Brand Image Terhadap Brand Equity Yang Dimediasi Oleh Brand Awareness (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Pendengar Radio Mahkota FM di Xx).

d) Analisis Perempuan Dalam Media (Analisis Isi Kuantitatif Pemberitaan Tentang Hedonisme dan Seksualitas Perempuan Dalam Kasus Korupsi Kuota Impor Daging Sapi Oleh X dan Xx di Situs Berita Online Detik.com Selama Bulan Xx).

e) Analisis Terhadap REPUTASI (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Reputasi Dalam Pandangan Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Xx).

f) Pandangan Masyarakat Terhadap Brand Image dan Public Figure Dalam Iklan Xx (Studi Kuantitatif Brand Image Xx Bagi Masyarakat Desa Xx Kecamatan X Kabupaten Bojonegoro).

Contoh Judul Penelitian Kuantitatif

1. Judul Penelitian Kuantitatif Jurusan Ekonomi

a) Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja pada Perusahaan Pertamina di Palembang.

b) Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM di Jambi

c) Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kera (Studi Kasus pada Karyawan Restoran di Kembang Joyo Sekayu)

d) Analisis Pemetaan Budaya Organisasi dengan Menggunakan OCAI (Organisational Culture Assessment Instrument) pada Fakultas Ekonomi Universitas XYZ

e) Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek pada Perusahaan Minuman

2. Judul Penelitian Kuantitatif Jurusan Psikologi

a) Hubungan Antara Leader Member Exchange Dengan Kepercayaan Karyawan Terhadap Atasan (Correlation Of Between Leader Member Exchange With Employee Trust To Manager)

b) Hubungan Antara Academic Self Efficacy Dengan Kecenderungan Menjadi Pelaku Bullying Pada Remaja Awal (Correlation Between Academic Self Efficacy And Bullying Tendency At Early Adolescence)

c) Hubungan Antara Iklim Komunikasi Organisasi Dengan Perilaku Produktif Karyawan

d) Hubungan Antara Pribadi Optimis Dengan Kepatuhan Menjalankan Terapi Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2

e) Hubungan Antara Harga Diri Dengan Konformitas Pada Remaja Putri Yang Merokok

f) Hubungan Antara Persepsi Atas Ekspresi Emosi Orangtua Dengan Tingkat Kecenderungan Depresi Pada Remaja.

3. Judul Penelitian Kuantitatif Jurusan Ilmu Komunikasi

a) Pengaruh Terpaan Pemberitaan Kecelakaan Lalu Lintas Bus Sumber Kencono Di Media Terhadap Citra Bus Sumber Kencono Di Mata Masyarakat Desa Ngale Kabupaten Ngawi Tahun 2013.

b) Pengaruh Kualitas Pelayanan MMC (Muhammadiyah Medical Centre) Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Analisis Regresi Tingkat Kepuasan Mahasiswa FKI UMS).

c) Pengaruh Intensitas Menonton Serial Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta).

d) Manajemen Diri Dalam Komunikasi Antarbudaya (Studi Kasus Manajemen Komunikasi untuk Mengelola Ketidakpastian dan Kecemasan Dalam Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Asal Kalimantan Barat di Surakarta.

e) Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Terhadap Perilaku Olga Sebagai Presenter Acara Musik Dahsyat Di RCTI.

4. Judul Penelitian Kuantitatif Jurusan Teknik Informatika

a) Metode Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Matematika Untuk Siswa Kelas XI SMP Negeri 3 Cirebon.

b) Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Smartphone Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Semarang.

c) Pengembangan Sistem Informasi Presensi Kuliah Berbasis NFC di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret

d) Perancangan Aplikasi Human Resource Information System (HRIS) Berbasis Website Pada PT. Super Tata Raya Steel

5. Judul Penelitian Kuantitatif Pendidikan

a) Pengaruh metode pembelajaran yang efektif di dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

b) Pengaruh orang tua dalam membangun karakter anak.

c) Pengaruh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak.

d) Pengaruh orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak.

e) Keputusan konsumen dalam membeli produk berdasarkan harga dan bukan merknya.

f) Analisa tentang keputusan konsumen dalam menentukan suatu produk berdasarkan merknya.

g) Penelitian tentang kebiasaan membaca para siswa di SMP Negeri 01 Sutajaya.

Itu lah beberapa contoh, ciri-ciri, serta langkah-langkah menentukan judul penelitian kualitatif dan kuantitatif dari berbagai jurusan. Semoga dapat menjadi sumber serta inspirasi bagi pembaca dalam mengerjakan penelitiannya. Apabila terdapat kritik dan saran, atau mungkin request mengenai topik selanjutnya yang dapat kita bahas, harap meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

Baca juga :

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.