Daun Sejajar : Pengertian, Contoh, Melengkung, Menjari,

0
()

Pengertian Daun Sejajar

Daun sejajar (rectinervis) adalah daun tumbuhan yang memiliki tulang daun dengan susunan sejajar. Biasanya daun dengan tulang semacam ini dapat kita temukan pada tumbuhan monokotil dengan daun yang berbentuk pita. Daun tulang sejajar memiliki satu ibu tulang daun yang terletak di bagian tengah.

daun sejajar


Contoh Daun Sejajar


Contoh daun bertulang sejajar yang pertama adalah padi. Padi termasuk tumbuhan monokotil dalam keluarga graminae. Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk pita. Daun padi memanjang dengan tulang daun membujur dari pangkal hingga ujungnya.


Jagung juga termasuk tumbuhan yang memiliki daun bertulang sejajar. Daun jagung berbentuk seperti pita dengan ibu dan anak tulang daun membujur dari pangkal pelepah hingga ujung daunnya. Sisi daun jagung sering kali sangat tajam sehingga kita harus berhati-hati jika memasuki kebun jagung supaya kulit kita tidak tersayat.


Tebu adalah tanaman penghasil gula yang banyak dibudidayakan di daerah tropis. Tanaman ini juga merupakan contoh daun sejajar. Bentuknya menyerupai pita dan tulang daunnya membujur dari pangkal hingga ujung. Tebu juga termasuk tumbuhan dalam keluarga rumput-rumputan.


Pengertian Daun Melengkung

Daun melengkung (cervinervis) adalah daun dengan satu ibu tulang daun yang membujur dari pangkal hingga ke ujung, di mana anak-anak tulang daunnya melengkung sejajar mengikuti arah ibu tulang daunnya. Anak tulang daun melengkung dari satu isi ibu tulang daun dan akan bertemu pada sisi yang lainnya.

Baca juga:   Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagiannya


Contoh Daun Melengkung


  1. Daun Genjer

Genjer adalah contoh tumbuhan hidrofit yang mampu melakukan adaptasi morfologi. Tumbuhan ini hidup di daerah ekosistem air tawar dengan cara mengambang di permukaannya. Genjer memiliki daun yang lebar dengan susunan tulang daun yang melengkung.


  1. Daun Sirih

Daun sirih merupakan daun yang kaya akan kandungan minyak atsiri. Oleh karenanya sangat wajar jika daun tumbuhan ini sering dimanfaatkan sebagai obat herbal berbagai jenis penyakit. Daun dengan tulang melengkung ini juga memiliki kandungan antifungi sehingga dapat pula digunakan sebagai bahan pembuatan pestisida nabati.


  1. Daun Gotong Royong

Tumbuhan gotong royong atau biasa disebut rumput merdeka (Euphorbia hirta) merupakan tumbuhan yang memiliki daun dengan tulang melengkung. Daun gotong royong mengandung minyak atsiri yang tinggi dan bisa digunakan sebagai obat penyembuhan luka atau gatal-gatal.


Pengertian Daun Menjari

Daun menjari (palminervis) adalah daun yang memiliki tulang daun menyerupai susunan jari-jari tangan kita. Daun menjari umumnya memiliki ibu tulang daun yang jumlahnya ganjil lebih dari satu.


Contoh Daun Menjari


  1. Daun Singkong

Contoh daun menjari yang paling mudah kita temukan misalnya pada daun singkong. Perhatikan susunan tulang daun pada tumbuhan ini, kemudian letakan jari tangan Anda secara terbuka di atasnya. Anda akan melihat susunan tulang daun singkong sama seperti susunan jari jemari Anda.


  1. Daun Pepaya

Daun pepaya sering digunakan sebagai bahan baku jamu penambah nafsu makan. Selain itu, ia juga sering dimanfaatkan sebagai lalapan, terutama oleh orang-orang Sunda. Nah, daun dari tanaman bernama latin Carica papaya ini ternyata juga termasuk contoh daun menjari. Jika tak percaya, coba lihat gambar di bawah ini!


  1. Daun Jarak

Daun jarak (Ricinus communis) juga termasuk contoh daun dengan tulang daun menjari. Daun jarak memiliki sedikitnya 3-5 ibu tulang daun yang masing-masing terpencar seperti jari-jari tangan yang terbuka.

Baca juga:   HUBUNGAN INTERAKSI REMAJA TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL


Pengertian Daun Menyirip

Daun menyirip (penninervis) adalah daun dengan tulang yang tersusun seperti sirip ikan Dari ibu tulang tersebut keluar anak-anak tulang daun yang tersusun seperti sirip ikan. Daun dengan bentuk tulang menyirip biasanya dimiliki oleh contoh tumbuhan dikotil.


Contoh Daun Menyirip


Bunga kenanga banyak dipelihara sebagai penghias pekarangan rumah. Daun bunga kenanga ini juga termasuk contoh daun menyirip. Coba perhatikan susunan tulang daunnya, persis seperti susunan tulang ikan bukan?


Siapa yang tak suka rambutan? Rasanya yang manis membuat kita semua begitu menggemarinya. Nah, perlu diketahui, rambutan juga ternyata merupakan tumbuhan dengan tulang daun menyirip. Daun tumbuhan ini memiliki satu ibu tulang daun yang menjalar dari pangkal hingga ujung. Dari ibu tulang daun tersebut akan muncul anak tulang daun di kiri dan kanannya.


Nangka juga termasuk contoh tanaman yang memiliki daun dengan tulang menyirip. Struktur tulang daunnya berbentuk menyerupai sirip tulang ikan. Tanaman ini juga termasuk contoh tumbuhan dikotil yang memiliki biji belah saat melakukan perkecambahan.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Daun Sejajar : Pengertian, Contoh, Melengkung, Menjari, dan Juga Menyirip, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.