Cara Mudah Menentukan Topik Skripsi

0
()

karyatulisku.com – Ketika kita hendak menyusuk skripsi, langkah awal yang perlu kita lakukan sebelum menentukan judul adalah menentukan topik. Topik merupakan suatu landasan dasar yang harus ada sebelum langkah penelitian kita laksanakan. Topik penelitian biasanya berdasarkan pada bidang studi masing-masing. Kita sering dihadapkan dengan kebingungan dalam memilih topik yang sesuai untuk kita dan apa yang kita kuasai. Berikut merupakan beberapa cara menentukan topik skripsi yang sangat mudah untuk diterapkan. Simak caranya di bawah ini.

Cara Menentukan Topik Skripsi
Cara Menentukan Topik Skripsi

Apa Itu Topik Skripsi ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), topik memiliki arti pokok pembicaraan dalam diskusi, ceramah, karangan, dan sebagainya. Topik skripsi atau topik penelitian adalah pokok dari penelitian atau pembicaraan dalam penulisan suatu artikel ilmiah.

Terdapat dua unsur topik penelitian yang perlu diperhatikan, yaitu unsur utama dan unsur penunjang. 

  1. Unsur utama yaitu unsur topik penelitian yang utama memiliki beberapa catatan, yaitu topik belum pernah diangkat dan diteliti oleh peneliti yang lain. Misalnya topik mirip, fokus penelitian harus berbeda. Selain itu topik yang baik harus bisa dijangkau. Terakhir, Setiap topik yang diangkat, dapat diselidiki lebih lanjut. 
  2. Unsur penunjang dalam menentukan topik penelitian wajib dikuasai oleh peneliti. Hal ini bertujuan agar peneliti tidak mengalami kesulitan. Jika tidak menguasai topik tersebut, mengapa harus dipaksakan untuk diteliti, jatuhnya justru akan menyusahkan diri sendiri. Unsur penunjang dalam topik penelitian yang lain adalah, data yang tersedia untuk topik penelitian yang yang dipilih. Terdapat satu tambahan lagi, pastikan topik yang akan diambil setidaknya menarik untuk diselidiki. Agar pembaca pun juga tertarik untuk membaca sampai akhir.

Langkah Menentukan Topik Skripsi

1. Ketahui Kriteria Topik Skripsi / Penelitian

Terdapat beberapa kriteria dalam menentukan topik skripsi, diantaranya:

  • Pertama, topik yang dibuat harus sesuai dengan bidang yang kamu tekuni. Topik penelitian yang baik hendaknya disesuaikan dengan minat dari peneliti supaya bisa membangkitkan semangat peneliti untuk menyelesaikan penelitian tersebut.
  • Kedua, topik yang diangkat setidaknya harus mempunyai nilai manfaat baik itu untuk bidang studi yang ditekuni oleh peneliti maupun untuk masyarakat luas.
  • Ketiga, topik yang diambil termasuk topik yang baru dan tidak ada unsur plagiasi dari topik penelitian sebelumnya.
  • Keempat, suatu topik yang dipilih akan lebih baik bila masuk dalam jangkauan peneliti. Dalam kata lain, topik tersebut termasuk dalam kapasitas kemampuan peneliti, tidak membutuhkan dana di luar kemampuan, serta proses pengerjaannya diperkirakan bisa selesai sesuai dengan deadline yang ditentukan.
  • Kelima, topik penelitian pada dasarnya merupakan permasalahan yang butuh untuk dijelaskan, dipecahkan, dan dideskripsikan lebih lanjut lagi. Oleh karenanya, ketika suatu topik tidak memerlukan pemecahan masalah, maka topik tersebut tak dapat diangkat dalam sebuah penelitian.

2. Gali Minat dan Passion Secara Spesifik

Cara selanjutnya adalah dengan mengetahui dan menggali minat serta passiona kamu di perkuliah dengan cara spesifik. Jika skita memilih bidang yang sesuai maka kita tidak akan merasa terbebani dengan tugas ini.

3. Perbanyak Literatur dan Update Mengenai Informasi-Informasi Terbaru

Salah satu kunci untuk menulis skripsi dengan materi yang berisi itu adalah dengan banyak membaca dan mengetahui banyak informasi. Dengan selalu mendengar informasi terbaru dan kekinian yang terjadi di masyarakat maka akan tercipta satu judul skripsi yang menarik dan orisinil.

Selain itu dengan banyaknya literatur yang dibaca maka menemukan ide untuk membuat judul juga akan jauh lebih cepat. Banyaknya bacaan dan informasi yang diserap juga akan memperbanyak bahan tulisan untuk skripsi yang akan disusun.

4. Mulai Mendalami Suatu Topik Skripsi Secara Spesifik

Untuk lebih mempermudah proses ini, kamu dapat mendalami topik lebih spesifik dengan mencari lebih banyak sumber yang berhubungan dengan topik tersebut.  Tahapan ini dilakukan untuk mengetahui apakah topik yang kamu pilih mempunyai dukungan sumber-sumber yang memadahi atau tidak.

Dalam pencarian sumber atau referensi untuk, terdapat beberapa kata kunci yang dapat dijadikan patokan seperti tempat, waktu, individu atau kelompok masyarakat, dan kejadian yang berhubungan langsung dengan topik yang diangkat.

5. Buat Outline dan Riset Mendalam

Buat outline mengenai apa saja yang akan kamu jabarkan dalam penelitian. Tak lupa, lakukan riset yang lebih mendalam untuk memperkaya hasil penelitian nantinya.

6. Berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing

Tak ada salahnya untuk bertanya dan membuka dialog aktif dengan dosen yang telah menjadi pembimbing skripsimu saat ini. Jangan ragu untuk mendatangi dosen pembimbing untuk berkonsultasi. Ada baiknya jika sebelum bertemu dengan dosen pembimbing membawa beberapa judul skripsi yang mau diajukan. Setelah itu berkonsultasilah.

7. Berdiskusi dengan Teman dan Kakak Tingkat

Usahakan untuk berdiskusi dengan kakak tingkat atau teman yang telah mengerjakan skripsi sehingga bisa mendapat gambaran yang jelas untuk memulai menentukan topik, membuat judul dan proses menyusun skripsi berikutnya.

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian topik penelitian, beserta langkah-langkah dalam menentukannya. Hal utama yang harus kita perhatikan dalam memilih topik adalah pastikan bahwa topik yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan passion mu. Hal ini bertujuan agar penelitian yang akan kamu laksanakan pun dapat berjalan lancar. Semoga ulasan ini dapat memberikan sedikit jalan keluar bagi kalian yang tengah kebingungan menentukan topik untuk penelitian skripsi kalian. Apabila terdapat kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar, terima kasih 🙂

Baca juga :

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.