Cara Menulis Latar Belakang Penelitian Kualitatif & Kuantitatif

0
()

karyatulisku.com – Dalam menulis karya ilmiah, hal pertama yang perlu kita buat dan pikirkan adalah latar belakang. Latar belakang penelitian menjadi pilar utama sebelum melakukan penelitian. Penulisan latar belakang memiliki syarat-syarat serta komponennya tersendiri. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian, komponen, cara membuat, dan contoh dari latar belakang untuk masing-masing penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Menulis Latar Belakang Penelitian Kualitatif & Kuantitatif
Menulis Latar Belakang Penelitian Kualitatif & Kuantitatif

Apa Itu Latar Belakang Penelitian?

Latar belakang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah dasar (alasan) suatu tindakan (perbuatan). Secara umum, latar belakang penelitian merupakan informasi yang tersusun sistematis berkenaan dengan fenomena dan masalah problematik yang menarik untuk diteliti.

Latar belakang juga dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah dalam penelitian ingin diteliti, pentingnya permasalahan dan pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut baik dari sisi teoritis dan praktis.

Dalam latar belakang masalah setidaknya memuat hal-hal sebagai berikut:

  1. Faktor-faktor apa saja yang menjadi perhatian untuk di jadikan suatu latar belakang, atau yang biasa kita sebut dengan latar belakang faktual (identifikasi masalah yang relevan). 
  2. Informasi kasus, baik secara langsung lewat pengamatan di masyarakat maupun lewat buku-buku referensi, dan hasil-hasil penelitian lain yang sejenis, ini kita sebut latar belakang teoritis. Peneliti menghubungkan kasus yang satu dengan yang lain. Bagaimana kasus-kasus kontemporer berhubungan dengan kasus-kasus terdahulu, dan bagaimana antara teori-teori yang dapat menjelaskan fenomena perubahan tersebut dari waktu ke waktu. 
  3. Tonggak problematik yang berisi berbagai persoalan yang akan di jawab dalam bab-bab selanjutnya. Latar belakang memberi alur berpikir sehingga mempermudah peneliti untuk mensistematisir persoalan yang ingin di pecahkan. Setiap masalah yang akan di jawab sebaiknya kita utarakan sebagai problematik yang akan di bahas dalam bab-bab berikutnya.

Struktur Penulisan Latar Belakang

1. Bagian Awal

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah memberikan gambaran secara umum pada bagian awal. Gambaran ini mencakup mengenai topik permasalahan yang ingin untuk di angkat dan di bahas dalam skripsi itu sendiri. Untuk metode penulisannya sendiri, kamu dapat memilih untuk menggunakan metode dengan model piramida terbalik. Kamu bisa memulainya dari hal yang sifatnya umum kemudian secara perlahan baru membahas permasalahan inti yang ada. 

2. Bagian Tengah

Bagian ini menjelaskan mengenai adanya fenomena, fakta, serta data pendukung yang relevan dengan topik permasalahan. Kamu juga bisa memasukkan pendapat dari para ahli untuk mendukung argumen yang kamu tuliskan di dalamnya. Selain itu, bagian ini juga akan membahas mengenai urgensi dari topik permasalahan itu sendiri yang perlu untuk segera mendapatkan solusi tepat.

3. Bagian Akhir

Pada bagian akhir, kamu bisa menuliskan secara umum terkait dengan alternatif solusi yang tepat untuk permasalahan yang diangkat tersebut. Solusi yang di berikan ini bisa di lihat dari sisi teoritis maupun juga praktis dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Setelah itu, kamu mulai membahas secara mengerucut mengenai judul yang ingin untuk diangkat dalam penelitianmu.

Cara Membuat Latar Belakang Penelitian

1. Penelitian Kualitatif

Perlu untuk diingat kembali bahwa kualitatif menggunakan dasar permasalahan yang faktual. Perlu adanya penyelesaian dengan memiliki pemahaman yang mendalam mengenai fenomena yang terjadi. Maka dari itu, penulisan latar belakang membutuhkan alur yang lebih sistematis untuk bisa menjelaskan permasalahan secara lebih mengalir.Terdapat tiga tahapan dalam membuat latar belakang kualitatif, sebagai berikut:

  1. Memberikan penjelasan secara mendetail dan runtut mengenai fenomena yang di jadikan sebagai dasar topik permasalahan. Penjelasan fenomena ini juga di barengi dengan adanya bukti data maupun fakta yang relevan.
  2. Menjelaskan mengenai metode analisis yang akan digunakan dalam proses pemecahan permasalahan yang ada. Hal ini di barengi dengan penjelasan mengenai temuan penelitian terdahulu, teori, dan pendapat para ahli untuk di jadikan sebagai perbandingan. Ketiga hal tersebut menjadi alasan akan pembaharuan atau novelty dari penelitian skripsi ini.
  3. Memaparkan kesimpulan mengenai pentingnya penelitian untuk dilakukan dalam membantu memecahkan masalah. Berikan penjelasan secara padat dan dalam garis besar mengenai manfaat yang di hasilkan dari adanya penelitian tersebut.

2. Penelitian Kuantitatif

Berbeda dengan cara membuat latar belakang penlitian kualitatif, pada metode kuantitatif perlu untuk melakukan penyusunan kerangka terlebih dahulu. Akan lebih baik lagi jika diawali dengan membuat gagasan pokok dari setiap paragraf yang dituliskan. Lalu anda dapat menyesuaikan jumlah gagasan pokok maupun paragraf sesuai dengan arahan dan juga kebutuhan dari topik skripsi yang ada. Berikut ini merupakan cara membuat latar belakang kuantitatif, seperti berikut:

  1. Tentukan terlebih dahulu mengenai topik permasalahan yang ingin di angkat dan judul yang akan di ajukan.
  2. Tuliskan ide pokok untuk setiap paragraf yang digunakan sebagai kerangka pemikiran.
  3. Tuliskan judul skripsi yang akan digunakan pada bagian paragraf paling akhir sebagai penutup latar belakang.

Contoh Latar Belakang Penelitian

Solusi untuk Mengatasi Limbah

Limbah merupakan zat sisa yang sudah tak berguna dan harus dibuang. Begitu banyak limbah yang ada di sekeliling kita, misalnya limbah dari pabrik, rumah sakit, rumah tangga, dan lain-lain.

Bentuk limbah pun bermacam-macam, ada yang padat, cair, bahkan gas. Semua limbah ini harus dibuang karena sudah tidak punya fungsi lagi. Sebab, seperti apapun bentuk dan jenisnya, limbah berpotensi paling besar untuk mencemari lingkungan.

Pencemaran lingkungan oleh limbah ini sudah pasti memberikan dampak kurang bagus bagi lingkungan, baik dari segi kesehatan maupun kenyamanan bersama. Misalnya, lingkungan jadi kurang nyaman, makhluk hidup seperti ikan ikut mati, kesehatan banyak orang yang jadi sesak napas atau asma karena limbah gas, dan lapisan ozon menipis. 

Untuk itu, solusi apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi limbah ini? Pemerintah perlu mengeluarkan solusi yang bisa mengatasi limbah padat, cair, maupun gas agar pencemaran lingkungan bisa terhentikan. Dengan adanya solusi penanganan limbah ini, diharapkan lingkungan sekitar bisa membaik, sehingga semua makhluk hidup termasuk manusia bisa diselamatkan.

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian, komponen, cara membuat, serta contoh dari latar belakang penelitian. Dalam membuat latar belakang kita perlu memperhatikan komponen-komponen serta aturan yang berlaku. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam membuat latar belakang untuk karya ilmiah nya. Apabila terdapat kritik dan saran, silahkan tinggalkan pada kolom komentar 🙂

Baca juga :

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.