Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Tidak Ada Nama Pengarang

0
()

karyatulisku.com – Setelah membahas mengenai Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet yang Baik dan Benar. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai cara menulis daftar pustaka dari internet yang tidak ada nama pengarang. Bagaimana susunannya? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Tanpa Nama Pengarang
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Tanpa Nama Pengarang

Komponen Penyusun Penulisan Daftar Pustaka Tanpa Nama

Dalam menulis daftar pustaka, berikut merupakan komponen-komponen penting yang menyusun daftar pustaka :

Ada aturan untuk menuliskan nama pengarang, yaitu denagn menulis nama depan pada bagian belakang. Misal bernama hadi sasanto, maka tulisannya sasanto hadi.

Nah, tulislah sesuai dengan yang sudah tercantum di situs dan berilah tanda kurung.

Untuk penulisan judul, gunakan huruf miring.

  • Tahun, Tanggal & Bulan Akses

Cantumkan tahun, tanggal & bulan kapan kita mengakses situs tersebut

Cantuman nama website beserta domainnya. Seperti ‘karyatulisku.com’

Nah, terakhir kita harus mencantumkan alamat lengkap. Seperti ‘https://karyatulisku.com/10-tips-belajar-efektif-efisien-agar-tidak-mudah-bosan/’.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Tidak Ada Nama Pengarang

1. Dengan Format APA

Daftar pustaka website tanpa nama penulis selanjutnya dengan gaya APA menngunakan susunan: Nama belakang, nama depan. (tanggal publikasi). Judul halaman. Judul Situs. Tanggal mengakses dari alamat web. Jika tidak ada tanggal publikasi, tulis ‘n.d.’ Contoh: Smith, J. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/JohnSmith

Contoh situs web tanpa tanggal publikasi: Smith, J. (n.d.). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/JohnSmith

Sementara jika Anda ingin mengutip situs dengan dua atau lebih penulis. Cantumkan: Nama belakang, inisial nama (dari penulis pertama), & Nama belakang, inisial pertama (dari penulis kedua atau terakhir). (Tanggal Publikasi). Judul Halaman. Judul Situs. Tanggal diakses, dari alamat web.Pastikan untuk selalu menggunakan tanda “&” daripada menulis “dan”. Jika ada enam atau lebih dari enam penulis, Andabisa menggunakan ‘et al’.

Contoh dengan dua penulis: Smith, J., & Doe, J. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/JohnSmith

Lain halnya lagi ketika Anda ingin mencantumkan daftar pustaka website dengan tiga penulis: Smith, J., Doe, J., & LaBla, B. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/JohnSmith

Kemudian daftar pustaka website tanpa nama penulis. Cantumkan: Judul halaman (tanggal penerbitan). Judul situs. Tanggal diakses, dari alamat web. Contoh: The Sky is Blue. (1 Sep. 2012). ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/TanpaPenulis

Mengutip daftar pustaka website yang di buat oleh organisasi atau lembaga berita. Cantumkan: Nama organisasi. (tanggal publikasi). Judul Halaman. Judul Laman. Tanggal di akses, dari alamat web. Contoh: Associated Press. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/Associated

2. Dengan Format MLA

Langkah pertama dalam mengutip gaya MLA adalah kutiplah situs web dengan 1 penulis. Cantumkan: Nama belakang, Nama depan. “Judul halaman.” Judul situs Institut yang mendukung/penerbit, tanggal publikasi. Bentuk (atau medium), tanggal diakses. Contoh: Smith, John. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Kemudian, jika ingin mengutip situs web dengan lebih dari satu penulis. Cantumkan: Nama belakang, Nama depan (dari penulis dengan sesuai abjad), Nama depan, Nama belakang (dari penulis kedua). “Judul halaman.” Judul Situs Institusi yang mendukung/Penerbit, Tanggal Publikasi. Bentuk(atau medium), tanggal diakses. Anda juga bisa menggunakan “et.al” jika Anda tidak ingin mencantumkan seluruh penulis.

Contoh dengan dua penulis: Smith, John, dan Jane Doe. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Contoh tiga penulis: Smith, John, Jane Doe, dan Bob LaBla. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013. Contoh ‘et al.’: Smith, John, et al. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Sementara jika Anda ingin  membuat daftar pustaka website tanpa nama penulis. Cantumkan: “Judul halaman.” Judul situs Institusi yang mendukung/Penerbit, Tanggal Publikasi. Bentuk (atau medium), tanggal diakses. Contoh: “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Terakhir, jika Anda ingin menulis daftar pustaka website tanpa nama penulis yang dibuat oleh organisasi atau lembaga berita. Cantumkan : Nama organisasi. “Judul halaman”. judul situs.institusi pendukung/penerbit, Tanggal publikasi. Medium atau bentuk. Data diakses. Ingat untuk menghilangkan awalan (misal dalam bahasa Inggris, A, An, The etc) dari nama organisasi. Misalnya The Associated Press menjadi Associated Press. Contoh: Associated Press. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

3. Dengan Format Chicago

Menulis daftar pustaka website tanpa nama penulis caranya yakni, cantumkan: Nama pemilik situs. “Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses). Hal ini sama dengan jika tanpa penulis, namun artikel di buat oleh organisasi atau lembaga berita.

Contoh: Obvious Network. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (Diakses September 3, 2013).

Sementara jika ingin menulis daftar pustaka website dengan satu penulis. Cantumkan: Nama belakang, nama depan. “Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses). Contoh: Smith, John. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (Di akses September 3, 2013).

Mengutip situs web dengan dua atau lebih penulis. Cantumkan: Nama belakang, Nama depan, dan nama depan nama belakang (dari penulis kedua).”Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses. Untuk situs dengan lebih dari dua penulis, cantumkan seluruhnya, dengan menaruh koma antar penulis)

Contoh dengan dua penulis : Smith, John, dan Jane Doe. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (di akses September 3, 2013).

Contoh dengan tiga atau lebih penulis : Smith, John, Jane Doe, dan Bob LaBla. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (di akses September 3, 2013)

4. Cara menulis daftar pustaka CSE (Council Of Science Editors)

Cara menulis daftar pustaka dari internet tanpa nama dengan format penulisan Council of Science Editors bisa dilakukan dengan susunan yang dimulai dari nama website, judul artikel [internet], deskripsi website, tanggal artikel dibuat [waktu diakses], URL lengkap.

Contohnya adalah; Liputan6.com. 4 Ciri-ciri Globalisasi yang Tanpa Disadari Mengubah Kehidupan [internet]. Ciri-ciri Globalisasi Bagi Kehidupan, 18 Maret 2019, 13:10 [diakses 19 Maret 2019]. Tersedia dari https://www.liputan6.com/citizen6/read/3919594/4-ciri-ciri-globalisasi-yang-tanpa-disadari-mengubah-kehidupan

5. Daftar pustaka MHRA (Modern Humanities Research Association)

Cara menulis daftar pustaka dari internet tanpa nama selanjutnya adalah dengan format tulisan MHRA atau Modern Humanities Research Association. Susunan dari jenis daftar pustaka ini dimulai dengan nama website, “judul artikel”, deskripsi website, tanggal artikel dibuat,[waktu diakses].

Contohnya adalah; Liputan6.com, “4 Ciri-ciri Globalisasi yang Tanpa Disadari Mengubah Kehidupan”, Ciri-ciri Globalisasi Bagi Kehidupan, 18 Maret 2019, [diakses pada 19 Maret 2019]

Demikian penjelasan mengenai susunan daftar pustaka dari internet yang tidak ada nama pengarang. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam hal menyusun daftar pustaka. Apabila terdapat kritik dan saran, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah 🙂

Baca juga :

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.