Cara Menghias Kelas yang Unik dan 8 Contoh Dekorasi Kelas yang Unik

0
()

Saya adalah seorang guru SD. Setiap hari saya mengajar murid dengan penuh semangat. Saya sangat mencintai mereka seperti saya mencintai keluarga saya. Saya sudah menganggap mereka adalah anak-anak saya. Saya harus bisa membantu menggali potensi masing masing dari anak. Membawanya untuk mempersiapkan masa depan yang lebih cemerlang.

Meski saya sudah bersemangat dalam mengajar (dengan harapan agar setiap anak di dalam kelas ikut bersemangat) nyatanya setiap hari anak datang dengan persoalan yang beraneka ragam. Permasalahan yang ia hadapi membuat ia tidak semangat dalam belajar.

Ternyata semangat dari guru saja tidak cukup. Saya mencoba untuk mencari tau, apakah hal yang dapat meningkatkan semangat anak belajar selain gurunya harus semangat.

Albert Jhosef seorang pakar pendidikan di Singapura mengatakan “lingkungan memberikan peran penting dalam menciptakan minat seorang anak dalam belajar”

Pendapat tersebut membuat saya berfikir, apakah mungkin lingkungan kelas yang menarik dapat membuat anak tertarik untuk belajar?

Saya berusaha untuk mencari tau hal tersebut.

saya mencoba membandingkan dua gambar ini.

Gambar kelas tanpa Hiasan

VS

Gambar Kelas yang Telah di Hias

Jika saya diminta untuk memilih kelas mana  yang baik untuk anak anak saya. Maka saya akan memilih untuk menempatkan siswa saya di kelas yang telah di hias.

Saya sangat yakin dengan kelas yang telah di hias dapat membuat siswa lebih tertarik dalam belajar di kelas.

Maka saya setuju dengan pendapat dari Albert Jhosef yang mengatakan bahwa kelas yang menarik dapat membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar.

Melihat kenyataan tersebut maka sangat penting bagi saya pribadi untuk dapat mbuat kelas yang menarik. Terlebih agar dapat membuat siswa termotivasi dalam belajar.

Berharap bahwa ketika masuk ke dalam ruang kelas. Siswa tidak fokus pada hal hal lain yang ada di luar kelas. Merek hanya fokus untuk mengikuti kegiatan kegiatan yang diciptakan oleh guru. Belajar dengan senang, motivasi tinggi, dan fokus untuk menjadi anak yang berkembang.

Manfaat Menghias Kelas

Ketika kamu memutuskan untuk menghiasi kelas kamu dengan hal hal menarik. Maka kamu akan memperoleh beberapa hal berguna dalam kegiatan pembelajaran, diantaranya yaitu :

a. Membuat siswa tidak mudah bosan dengan suasana kelas.

b. Motivasi belajar siswa meningkat untuk mengikuti proses belajar dengan intensitas yang tinggi.

c. Kamu akan mendapatkan senyum-senyum yang tulus dari mereka.

d. Mereka belajar dengan penuh rasa bahagia.

Setelah kita mengetahui betapa banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dari menghias kelas.

Kamu dapat memulai menghias kelas kamu sekarang.

Cara menghias kelas yang unik:

1. Membuat Rencana Hiasan Kelas

Setiap kegiatan yang akan kita lakukan harus dirancang dengan baik. Paling tidak itulah yang selalu saya ajarkan kepada anak anak. Dalam menghias juga begitu, dengan merencanakan segala sesuatunya kita dapat membuat karya yang lebih terarah. Dapat menjadi pedoman kita dalam membuat hal hal terbaik di dalam kelas.

Perhatikan hal-hal berikut:

a. Untuk siapa kelas kamu hias

Tentukan dahulu untuk siapa kelas kamu hias? Untuk kamu sebagai guru? Atau untuk mereka siswa di kelas mu. Jika kamu menghias kelas untuk mereka maka usahakan untuk mengetahui hal hal apa yang disukai oleh anak anak diusia mereka.

b. Bayangkan seperti apa kelas yang telah di hias nanti

Temukan ide kamu dengan membayangkan kelas yang akan kamu hias. Jika kamu belum memiliki bayangan tentang kelas kamu. Kamu bisa mencarinya di Internet.

c. Cari tau cara membuatnya

Setelah menemukan ide kelas yang cocok untuk kelas kamu. Langkah selanjutnya yaitu mencari tau bagaimana cara membuat hiasan kelas tersebut. Jangan takut untuk berdiskusi dengan orang yang lebih ahli. Mereka akan memberikan banyak saran untuk membuat kelas seperti yang kamu bayangkan.

d. Temukan bahan-bahan yang dibutuhkan

Setiap menghias sesuatu hal, kamu akan membutuhkan bahan bahan dalam menciptakan kreasimu. Temukan bahan untuk mengkreasi kelas kamu.

e. Perhatikan Anggaran

Mungkin kamu akan mengalami kesulitan dengan ini. Jika kamu memiliki ide yang sederhana, simpel dengan anggaran yang tidak besar. Maka itu tidak menjadi masalah. Tetapi jika ide kamu adalah ide yang Wah dan membutuhkan banyak biaya kamu bisa berdiskusi dengan kepala sekolah, wali murid untuk meminta saran. Ingat toh kamu melakukan ini untuk siswa kamu bukan untuk kamu. Jadi mengkomunikasikan dengan orang tua siswa adalah pilihan yang bijak.

2. Cara Menghias Kelas

Setelah kamu melakukan perencanaan pembuatan hiasan dalam kelas, langkah selanjutnya adalah menghiasinya.

Adapun hal hal yang perlu kamu perhatikan dalam menghias kelas yaitu :

a. Fokus terhadap rencana

Buka kembali rencana kamu, keluarkan setiap bahan yang kamu butuhkan untuk menghias kelas.

b. Melibatkan Siswa

Meminta siswa untuk membantu adalah hal bijak, namun perlu memperhatikan kemampuan siswa. Jika dirasa siswa mampu untuk membantu pada hal hal tertentu maka libatkanlah mereka. Sampaikan deskripsi pekerjaan yang dapat mereka bantu dan tunjukan bagaimana cara melakukannya.

c. Urutkan Pekerjaan yang Perlu Dikerjakan Terlebih Dahulu

Jika terdapat banyak pekerjaan yang harus dilakukan, maka tentukanlah terlebih dahulu pekerjaan mana yang harus diselesaikan pertama.

d. Mengamati dengan Seksama

Setelah hiasan di pasang, maka lakukanlah riveiw atau melihat ulang. Jika dirasa terdapat hal hal yang masih kurang cocok maka segeralah melakukan perubahan.

f. Rayakan Kelas Barumu

Setelah kamu membuat hiasan pada kelas kamu. Siswa akan merasa bahwa mereka telah berhasil melakukan hal yang luar biasa. “Celebration” rayakan keberhasilan mereka bersama sama.

Seperti membawa bekal dihari kesokannya. melakukan kegiatan makan bersama.

Setelah mengetahui langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam menghias kelas yang unik, selanjutnya saya akan berikan beberapa contoh kelas-kelas dengan hiasan yang menginspirasi.

1. Jam Dinding

Jika kamu sudah bosan dengan bentuk jam dinding pada umumnya. Jam dinding yang unik seperti gambar di bawah ini dapat menjadi solusinya.

Bagus kan?

Bagaimana dengan yang ini?

2, Pohon Kelas

Jika kamu menginginkan adanya pohon dalam kelas kamu. Kamu tidak perlu benar-benar membawah satu pohon besar untuk dibawah masuk kedalam kelas. Dengan sedikit usaha dan kreatifitas kamu bisa membuat hal menakjubkan seperti ini.

3. Pintu “UP”

Jika murid kamu suka berpetualang, ia suka filem “UP” tidak ada salahnya mendekorasi pintu anda seperti ini.

4. Display Pajangan Tugas Siswa

Warna warni selalu tampak menarik. Apalagi dibuat dengan rapi. Hal itu akan membuat setiap orang ingin melihatnya secara lebih dekat. Display pajangan tugas siswa ini dapat menjadi solusi untuk membuat hiasan kelas yang memiliki fungsi penting.

Atau yang satu ini

5. Pohon Baca

Jika kamu menginginkan agar anak anak tertarik dengan membaca, membuat hiasa. Kelas yang lebih sulit seperti ini juga dapat menjadi opsi yang dapat dipilih.

6. Dinding Huruf dan Angka

Jika kamu menginginkan dinding yang berwana-warni serta memiliki fungsi sebagai media belajar anak. Membuat dinding huruf dan kata seperti ini dapat menjadi jawabannya.

7. Jadwal Aktifitas Harian

Jika kamu ingin membuat jadwal yang unik, menarik dan dapat menjadi hiasan di kelas kamu. Kami dapat membuatnya seperti ini.

8. Kata Kata Penyemangat

Buatlah beberapa kata kata penyemangat yang bisa kamu letakkan, atau tempel pada tempat tempat strategis di dalam kelas. Nampaknya kata-kata di bawah ini dapat berguna.

Jadi itulah hal hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat kelas kamu menjadi lebih menarik bagi siswa.

Jangan lupa untuk share artikel ini. Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat. Terimakasih.



Tonton Video Dokorasi Kelas Berikut Ini

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.