BAB 4 Skripsi: Format dan Cara Penulisannya

0
()

karyatulisku.com – Setelah membahas mengenai Cara Menyusun BAB 3 Skripsi dengan Baik dan Benar, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai cara menyusun bab 4 skripsi. Bab 4 biasanya berisi hasil dari penelitian yang kita lakukan beserta pembahasannya. Lalu bagaimana cara menulisnya? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini 😉

Format Penulisan BAB 4 Skripsi
Format Penulisan BAB 4 Skripsi

Format Penulisan BAB 4 Skripsi

1. Hasil Penelitian

Hasil atau temuan penelitian adalah bagian yang menyajikan data yang telah di kumpulkan selama penelitian. Bagian hasil adalah tempat peneliti melaporkan temuan studinya berdasarkan informasi yang di kumpulkan sebagai hasil dari metodologi yang diterapkan. Bagian hasil seharusnya hanya menyatakan temuan, tanpa bias atau interpretasi, dan di susun dalam urutan yang logis. Serta perlu diingat bahwa bagian hasil harus selalu di tulis dalam bentuk lampau. 

2. Pembahasan/Diskusi

Pembahasan berarti membandingkan hasil yang diperoleh dengan data pengetahuan (hasil riset orang lain) yang sudah dipublikasikan, kemudian menjelaskan implikasi data yang diperoleh bagi ilmu pengetahuan atau pemanfaatannya.

Bagian pembahasan atau diskusi mengikuti hasil penelitian. Bagian pembahasan memberikan penjelasan logis untuk hasil dari penelitian. Penjelasan tersebut dapat berupa hasil dengan dasar teori yang kita gunakan sebagai acuan maupun temuan penelitian sebelumnya, sehingga kutipan penelitian yang di bahas dalam tinjauan pustaka umumnya muncul kembali di sini.

Cara Penulisan BAB 4 Skripsi

1. Tulis Hasil Penelitian Sesuai dengan Tahapan Penelitian

Dalam menuliskan hasil penelitian dan pembahasan pada Bab 4 harus sesuai dengan tahapan penelitian yang telah kita tuliskan sebelumnya pada Bab 3 (Metodologi Penelitian). Dalam hasil penelitian, kita juga harus menuliskan hasil apa adanya sesuai dengan penelitian yang kita peroleh. Apbila terdapat kegagalan atau kekurangan dari penelitian kita, maka wajib kita tuliskan dalam bab 4 ini. Apabila ada hasil yang perlu kita ilustrasikan dalam bentuk gambar atau diagaram, atau mungkin hasil yang harus kita tabulasikan, maka itu juga harus kita sertakan agar memudahkan pembaca dalam memahami tulisan kita.

2. Sertakan Angka pada Hasil Penelitian Agar Lebih Akurat

Apabila hasil penelitian kita berupa angka-angka hasil perhitungan statistik, matematika, dan lain-lain, maka itu juga harus kita tuliskan pada bagian hasil. Jika angkanya terlalu banyak maka bis akita tuliskan dalam bentuk tabel, tapi apabila sekiranya tabel tersebut membutuhkan lebih dari satu halaman, maka hasil perhitungan tersebut dapat kita sertakan di bagian Lampiran. Hasil berupa angka dalam penelitian ini sangatlah penting, dikarenakan akan menambah ke akuratan dari penelitian kita.

3. Buat Pembahasan Hasil Penelitian Secara Lengkap

Tuliskan pembahasan semaksimal dan selengkap mungkin agar pembaca bisa memahami keunggulan atau kebaruan dari penelitian kita, atau apabila ada kegagalan, pembaca mengetahui penyebab kegagalan tersebut sehingga dapat menjadi pembelajaran bagi mereka.

4. Sertakan Jurnal Pendukung

Pada bagian pembahasan kita harus menyertakan jurnal internasional atapun jurnal nasional sebagai pendukung untuk memperkuat argumen kita. Pnyertaan jurnal ini bertujuan agar pembaca mengetahui posisi penelitian kita di bandingkan penelitian yang telah ada sebelumnya.

5. Jangan Menuliskan Kesimpulan di BAB 4

Menuliskan kesimpulan pada Bab 4 adalah hal yang sangat perlu kita hindari, karena kesimpulan terletak di Bab 5 bersama dengan saran. Kita boleh saja mengungkapkan argumen yang mengarah pada kesimpulan, namun argumen tersebut harus dibuktikan dengan jurnal pendukung. Sedangkan pada bagian kesimpulan tidak perlu mencantumkan jurnal pendukung karena kesimpulan tersebut merupakan akhir dari sebuah tulisan, dan biasanya merangkum poin-poin utama dari suatu argumen.

Demikian pembahasan mengenai format dan cara menyusun bab 4. Perlu diingat bahwa penulisan bab 4 harus sesuai dengan penelitian yang kita lakukan.

Semoga ulasan singkat ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, terutama yang sedang melakukan penelitian bagi skripsinya. Apabila terdapat kritik dan saran, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ini 🙂

Baca juga :

Sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.