Tips melewati jalan berlubang

0
()


Selama menjadi pengemudi, adakalanya kita harus melintas di jalan yang tidak rata, tidak melulu aspal atau beton yang mayoritas berkontur rata dan datar. Berkendara di jalan rata memang lebih nyaman karena tidak terlalu banyak hal yang dianggap mengkhawatirkan yang bisa merusak suspensi dan ban mobil.

Akan lain halnya jika kita harus melintas dijalan berlubang-lubang yang bahkan kondisinya sebagian banyak lubangnya dan sebagian lainnya cukup rata sehingga bisa saja menjebak ketika kita lengah selama mengemudi dijalan tersebut.

Ya, tanpa kewaspadaan dan kehati-hatian mengemudi dijalan berlubang bisa mempercepat kerusakan pada komponen suspensi dan roda seperti misalnya :

  • Ban mobil menjadi benjol-benjol
  • Velg bengkok dan oleng
  • Klaher roda bisa cepat rusak
  • Shockbreaker bocor
  • Arah laju kendaraan bisa berubah tiba-tiba
  • Dan lain-lain

tips mengemudi dijalan berlubang

Nah, untuk mencegah dan meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi infomasi seputar tips melewati jalan berlubang yang mungkin bisa menambah manfaat bagi sobat sekalian. SImak tips melewati jalan berlubang dibawah berikut ini…

1. Kurangi kecepatan kendaraan

Langkah pertama yang paling penting untuk dilakukan saat melewati jalan berlubang adalah dengan mengurangi kecepatan kendaraan. Kecepatan sangat mempengaruhi hasil yang ditimbulkan akibat melewati jalan berlubang.

Semakin cepat laju kendaraan, semakin besar pula hentakan dan tumbukan yang diterima roda dan komponen suspensi lainnya. Hal ini jelas akan memperbesar akibat buruk dan kerugian yang akan ditimbulkannya .

Oleh karena itu, untuk mencegah kerusakan akibat tumbukan yang terlalu keras ketika melewati jalan berlubang, kita perlu mengurangi kecepatan kendaraan sesegera mungkin sebelum melewati jalan berlubang tersebut.

Usahakan sebelum masuk melewati jalan berlubang, kecepatan mobil sudah berkurang dan putaran mesin yang stabil sehingga ketika roda mulai masuk kedalam lubang, tidak terjadi hentakan besar yang dapat merusak komponen-komponen suspensi, roda, dan lainnya.

2. Pastikan lubang bisa terlihat jelas sebelum dilintasi

Tips melewati jalan berlubang yang cukup penting adalah dengan memastikan lubang yang ada dijalan bisa terlihat dengan jelas posisi dan keberadaannya sebelum anda melintasinya. Jika mengemudi diwaktu siang, mungkin masalah ini tidak akan terlalu berpengaruh, namun saat mengemudi di waktu malam hal ini bisa menjebak.

Selain lampu depan, nyalakanlah lampu kabut (fog lamp) jika diperlukan untuk menerangi jalan yang berlubang. Dengan kondisi jalan yang terang, maka kita dapat mengetahui dengan cepat apakah lubang yang ada bisa dilewati dengan aman atau tidak, serta bagaimana cara kita agar aman melewati lubang tersebut.

3. Perhatikan kedalaman lubang

Sebelum masuk ke jalan yang berlubang, perhatikanlah kedalaman lubang. Kita dapat mengira-ngira kedalaman lubang dengan memperhatikan kendaraan yang melaju di depan kita sebelumnnya dan membandingkan dengan kemampuan mobil kita saat melintasi lubang tersebut.

Hindari melintasi bagian lubang yang paling dalam. Hal ini dapat mencegah bagian terendah mobil terantuk jalan yang akibatnya bisa merusak bagian bawah mobil.

Jika harus tetap melintas, pilih bagian lubang yang dangkal dan tidak terlalu dalam. Jika lubang tidak lebar, biarkan lubang berada di bagian tengah kolong mobil, namun jika cukup lebar, ada baiknya untuk membiarkan satu sisi roda tetap berada dibagian jalan yang lebih baik dan kuat untuk menghindari selip.

Dan jika memang lubang terlalu lebar serta kondisi jalan yang sempit sehingga tidak memungkinkan untuk menghindarinya, maka masuki lubang dengan jalan perlahan agar hentakan antara jalan dengan roda tidak terlalu besar.

Selain itu, hindari pula jalan berlubang yang tertutup oleh genangan air karena kita tidak bisa memastikan seberapa dalam lubang yang ada.

Baca juga :

4. Hindari sisi lubang yang menyiku dan tajam

Hindari melewati lubang yang pada sisinya terdapat sudut menyiku dan tajam. Hal ini bertujuan untuk menghindari dinding samping roda sobek akibat terkena sudut tajam. Dinding samping roda yang sobek bisa membahayakan dan besar kemungkinan anda harus mengganti ban demi keamanan.

Pilihlah bagian lubang yang lebih landai dan tidak memilki sudut menyiku atau tajam sehingga roda tetap terjaga keamanannya.

5. Kendalikan kemudi dengan baik

Tips melewati jalan berlubang berikutnya adalah kendalikan kemudi dengan baik. Melintasi jalan berlubang pastinya membuat arah roda bergeser sesuai dengan kondisi lubang. Hal ini jelas membuat arah laju mobil juga ikut berubah.

Untuk mengantisipasi bahaya akibat perubahan arah laju mobil, kendalikan kemudi dengan baik. Selalu pertahankan arah laju mobil agar tetap berada arah yang aman dan pegang kemudi dengan kuat namun tetap fleksible untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi ketika roda melewati lubang.



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.