Perbedaan H11 dan H16 untuk lampu foglamp (Masalah Otomotif)

0
()


Perbedaan lampu halogen H11 dengan H16 – Meskipun bisa dibilang lampu H11 dan H16 memiliki bentuk yang serupa, namun kedua jenis lampu tersebut memiliki perbedaan mendasar terkait penggunaannya jika digunakan untuk lampu kabut (foglamp).

Ya, karena bentuknya yang terlihat mirip, fitting lampu foglamp untuk H16 seringnya juga bisa dipasangkan untuk lampu H11, meskipun ada beberapa kondisi yang perlu sedikit dipaksakan agar lampu bisa terpasang. Namun begitu, sebaiknya kita tidak memasangkan foglamp dengan lampu H16 menggunakan lampu H11 terlebih jika housing lampu foglamp terbuat dari bahan mika yang tipis. .

Lantas, apa yang menjadi penyebab kita tidak menggunakan lampu H11 untuk foglamp yang memang menggunakan lampu H16 ? Nah, pada artikel berikut, ombro akan menginformasikan apa perbedaan lampu halogen H11 dengan H16 untuk Foglamp, simak informasinya dibawah berikut

Lampu halogen H16

Lampu H16 merupakan lampu umum yang desain penggunaannya lebih banyak digunakan khusus untuk lampu kabut (fog lamp). Lampu H16 memiliki daya lampu sebesar 19 watt dengan kekuatan cahaya yang dihasilkan dengan tegangan 12 volt sebesar 500 lumen.

Lampu H16 ini terbilang aman untuk digunakan pada housing foglamp yang menggunakan mika sebagai kacanya. Panas yang dihasilkan oleh lampu halogen H16 ini tidak membuat housing dan mika foglamp meleleh. Oleh karenanya, cukup banyak merek mobil yang foglampnya menggunakan lampu halogen H16 ini.

Perhatikan pada tabel electrical dan photometric characteristic lampu H16 dibawah ini

Tabel lampu h16

Baca juga :

Lampu halogen H11

Lampu H11 umumnya digunakan untuk lampu headlamp yang sistemnya menggunakan satu lampu untuk satu keperluan, tidak seperti pada lampu H4 khusus headlamp yang didalamnya memiliki dua filamen dan digunakan untuk dua keperluan yaitu lampu dekat dan lampu jauh.

Lampu H11 ini, selain digunakan untuk headlamp, ia juga kerap digunakan untuk lampu kabut (foglamp). Oleh karenanya, housing (rumah lampu kabut) yang menggunakan lampu halogen H11 ini umumnya terbuat dari bahan material yang cukup kuat dan tahan terhadap panas yang dihasilkan oleh lampu halogen H11 ini, mulai dari kaca foglamp, housing, socket, hingga kabel yang digunakan.

Ya, hal ini dikarenakan lampu H11 memiliki daya lampu (watt) yang lebih besar yaitu sebesar 55 watt. Sedangkan kekuatan cahaya (luminous flux) yang dimiliki oleh lampu h11 ini mencapai 1350 lumen dengan sumber tegangan sebesar 12 volt.

Perhatikan pada tabel electrical dan photometric characteristic lampu H11 dibawah ini

tabel Lampu H11

Semakin besar nilai lumen yang dihasilkan oleh sebuah lampu maka semakin terang pula cahaya yang tampak. Hal ini tentunya berimbas pada panas yang dihasilkan oleh cahaya tersebut.

Penggunaan lampu H11 pada housing foglamp khusus lampu H16 tentu akan berdampak buruk jika di gunakan terlalu lama, terlebih pada housing foglamp yang terbuat dari bahan mika. Housing Foglamp bisa meleleh akibat panas yang dihasilkan bahkan hingga merembet pada socket ataupun kabel untuk lampu foglamp ini. Selain short circuit, resiko terbakar sangatlah mungkin terjadi.

Selain itu, penggunaan foglamp yang terlalu terang dan mengarah ke hadapan pengemudi lain tentunya menjadi sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kebutaan sesaat yang akan mengganggu penglihatan selama mengemudi.



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.