Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi (Masalah Otomotif)

0
()


Selain untuk membuka dan menutup pintu mobil dari kejauhan, remote mobil juga terhubung dengan alarm mobil yang berfungsi untuk mengamankan mobil saat diparkir di berbagai tempat.

Remote mobil menggunakan frekuensi radio yang dipancarkan dari remote dan di terima oleh modul sehingga pintu mobil dapat tertutup dan terbuka, pun begitu dengan alarmnya.

Dalam kondisi normal seharusnya remote mobil dapat bekerja dengan baik, namun terkadang remote mobil juga bisa tidak berfungsi dengan baik meskipun sebelumnya masih dalam kondisi normal.

Lantas apa saja penyebab remote mobil tidak berfungsi ? Pada artikel berikut akan ombro informasikan 4 penyebab remote mobil tidak berfungsi. Simak penyebabnya dibawah ini.

1. Baterai Remote Habis

Penyebab remote mobil tidak berfungsi yang paling sering terjadi adalah saat baterai remote habis. Memang tidak dipungkiri jika daya baterai remote habis, maka seluruh fungsi remote bisa menjadi abnormal dan mati.

Baterai remote habis bisa ditandai dengan padamnya nyala lampu indikator pada remote mobil. Jadi jika sobat melihat lampu indikator remote mobil padam saat tombol di tekan, hal ini menandakan bahwa baterai remote sudah habis dan perlu diganti.

2. Frekuensi remote mobil terganggu

Penyebab remote mobil tidak berfungsi berikutnya adalah frekuensi mobil terganggu. Ya, seperti kita ketahui bahwa cara kerja remote mobil adalah dengan menggunakan frekuensi radio yang dipancarkan melalui transponder dan diterima oleh mobil melalui receiver.

Frekuensi radio yang dipancarkan oleh transponder remote mobil ini bisa saja terganggu oleh frekuensi radio lainnya yang lebih kuat dibanding dengan frekuensi radio pada remote mobil.

Berikut beberapa contoh tempat yang dapat mengganggu frekuensi remote mobil

  • Wilayah seputar bandar udara yang dekat dengan antena pemancar radio bandara
  • Wilayah yang dekat dengan jalur kabel tegangan tinggi (SUTET)
  • Wilayah yang dekat dengan antena pemancar radio umum dan TV berfrekuensi kuat

Wilayah-wilayah tersebut kerap memiliki frekuesni radio yang sangat kuat sehingga dapat mengganggu frekuensi remote mobil dan menyebabkan remote menjadi tidak berfungsi.

Baca juga :

3. Remote Mobil Rusak

Penyebab remote mobil tidak berfungsi selanjutnya adalah karena remote mobil rusak. Ya, remote mobil rusak ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Penyebabnya juga banyak seperti misalnya sering terbentur-bentur dengan keras, jatuh dan tercebur di air, patah akibat kedudukan, kualitas komponen pada remote alarm yang jelek, dan lain sebagainya.

Akibatnya tombol remote menjadi rusak, ada short circuit dan menimbulkan kerusakan pada komponen remote mobil.

Kerusakan yang terjadi pada remote mobil tentunya akan mengganggu kinerja dari remote mobil itu sendiri sehingga remote tidak dapat berfungsi dengan baik saat digunakan.

4. Modul alarm di mobil abnormal

Penyebab remote mobil tidak berfungsi yang terakhir ombro ketahui adalah modul alarm mobil abnormal. Modul alarm abnormal umumnya jarang ditemui, namun semuanya sangat tergantung dari kualitas dan merk modul alarm yang digunakan. Ketika kualitas modul alarm ini kurang baik, maka sangat mungkin modul ini bekerja secara abnormal.

Untuk modul alarm yang bekerja abnormal ini kerap ditandai dengan alarm yang bunyi terus menerus tanpa ada pemicunya, selain itu remote juga kerap tidak berfungsi meskipun baterai dan kondisi remote dalam kondisi bagus.

Demikianlah artkel tentang 4 penyebab remote mobil tidak berfungsi yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.