Penyebab Rem Cakram Seret Dan Tips Mengatasinya (Masalah Otomotif)

0
()


Rem cakram seret kerap terjadi setelah kita melakukan pergantian kampas rem. Perubahan-perubahan yang terjadi pada komponen rem cakram umumnya akan muncul setelah penggantian kampas rem dilakukan.

Seperti misalnya, saat kampas rem tipis, maka dinding piston rem akn terdorong lebih keluar. Akibatnya kotoran, debu, lumpur akan mudah menempel pada dinding piston rem tersebut

Ketika masih menggunakan kampas rem yang tipis tadi, hal ini bukanlah masalah. Namun, ketika kampas rem diganti dengan yang baru dan lebih tebal maka masalah kampas rem seret akan muncul.

Saat pemasangan kampas rem yang baru dan tebal, piston rem cakram harus ditekan masuk kembali kedalam. Hal ini akan menyebabkan kotoran yang menempel pada dinding piston rem akan ikut terbawa masuk.

Akibatnya pergerakan piston menjadi terganggu akibat kotoran-kotoran tersebut dan menyebabkan rem cakram menjadi seret.

Nah, pada artikel berikut ombro akan berbagi tips mengatasi rem cakram seret berikut beberapa penyebab rem cakram seret. Simak infonya dibawah ini..

Penyebab rem cakram seret

Dibawah ini merupakan komponen-komponen rem cakram yang sering menjadi penyebab rem cakram seret .

1. As floating caliper macet

As floating caliper sering juga disebut Pin Caliper. Umumnya dipasang pada kedua ujung caliper rem dan berfungsi untuk menahan caliper pada support caliper. Selain untuk menahan, as floating caliper ini juga berfungsi sebagai tempat bergeraknya kaliper rem ke kanan dan ke kiri saat piston rem ditekan.

as floating caliper macet

Kelancaran pergerakan as floating caliper sangat mempengaruhi daya pengereman. Kondisi as floating caliper rem ini sudah seharusnya bersih dan dapat bergerak lancar. Jika As floating caliper macet, maka ia dapat menyebabkan rem cakram seret karena pergerakan piston tertahan oleh macetnya as floating caliper.

2. Piston caliper rem macet

Piston caliper rem yang macet juga menjadi penyebab rem cakram seret. Piston rem cakram macet kerap terjadi akibat dua hal, yaitu akibat karat dan karet seal caliper rem sudah mengeras dan kaku.

piston caliper rem macet

Karat pada piston caliper rem ini umumnya terjadi akibat karet penutup seal yang sobek sehingga air mudah masuk dan membuat piston caliper berkarat. Sedangkan karet seal caliper rem yang aku lebih banyak terjadi akibat umur pemakaian yang sudah terlalu lama

Kedua kondisi diatas dapat menyebabkan piston rem cakram tidak kembali sehingga menimbulkan masalah rem cakram seret.

3. Bahan kampas rem yang berbeda

Bahan kampas rem yang berbeda bisa menjadi penyebab rem cakram seret. Untuk kampas rem original (OEM), bahan yang digunakan tentunya sudah di sesuaikan dengan material rem cakram. Hal ini akan meminimalisir penyebab rem cakram seret.

bahan kampas rem yang berbeda

Lain lagi halnya jika kita menggunakan kampas rem after market yang kualitas bahannya lebih rendah dibanding kampas rem OEM. Penggunaan kampa rem aftermarket yang seperti ini akan menimbulkan masalah rem cakram seret bahkan macet.

Perbedaan bahan kampas rem menghasilkan daya cengkraman rem yang berbeda. Selain itu, efek panas yang dihasilkanpun juga berbeda. Akibatnya, rem cakram menjadi lebih mudah seret dan macet. Bahkan untuk beberapa kondisi, selain menjadi penyebab rem cakram seret, penggunaan bahan kapas rem yang berbeda juga sering membuat rem cakram bunyi dan cakram menjadi aus.

Baca juga :

Tips dan Solusi mengatasi rem cakram seret

Untuk mengatasi rem cakram seret tentunya kita merujuk pada penyebab yang terjadi. Untuk rem cakram seret yang terjadi akibat as floating caliper rem macet dan piston caliper rem macet maka solusinya adalah dengan melakukan pembongkaran dan pemeriksaan pada kedua komponen tersebut.

Bersihkan as floating caliper dan pastikan ia dapat bergerak lancar pada lubang dudukan as yang ada di support caliper. Untuk piston rem dan seal, pastikan keduanya dalam kondisi yang bagus. Gunakan seal caliper rem yang baru dan pastikan piston rem dalam kondisi bersih serta tidak rusak akibat karat.

Jangan lupa lakukan kuras minyak rem dan air bleeding untuk memastikan jalur hidrolik rem cakram sudah bersih dan dapat bekerja dengan normal.

Sedangkan untuk mengatasi rem cakram seret akibat kampas rem menggunakan bahan yang berbeda, maka solusinya adalah ganti kampas rem dengan kampas yang asli dan original (OEM). Menggunakan kampas rem original akan meminimalisir penyebab kampas rem seret.



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.