Penyebab mesin mobil jalan pelan ndut ndutan di rpm rendah (Masalah Otomotif)

0
()


Berkendara dengan mobil yang mesinnya terasa ndut-ndutan saat jalan pelan memang cukup mengkhawatirkan. Ya, kondisi mobil yang jalannya ndut-ndutan ini memang seperti mobil yang mesinnya terasa mau mati namun tidak lama rpmnya naik kembali normal. Laju mobil terasa melambat terpaksa namun kembali bergerak dan melaju normal setelah rpm naik.

Kondisi ini jelas bisa membahayakan kita selama perjalanan, apalagi jika kondisi jalan yang ditempuh cukup jauh dan macet. Akibatnya, kita menjadi semakin sering memainkan pedal kopling dan gas untuk mencegah mesin mobil mati di tengah perjalanan.

Penyebab mesin mobil jalan pelan ndut-ndutan ini memang cukup banyak, diperlukan pemeriksaan dan perbaikan yang cukup teliti karena menyangkut banyak komponen mesin yang bisa menjadi penyebab utamannya.

Lantas apa saja penyebab mobil jalan ndut-ndutan saat di rpm rendah ? Nah, pada artikel ini ombro akan menginformasikan penyebab mesin mobil jalan pelan ndut-ndutan di rpm rendah. Simak infonya dibawah berikut…

1. Filter Udara Kotor

Penyebab mesin mobil jalan pelan ndut ndutan di rpm rendah yang pertama adalah Filter udara (saringan udara) yang kotor. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk agar selalu bersih dari partikel debu dan kotoran.

Filter udara yang kotor akan menghambat pasokan udara kedalam ruang bakar yang dibutuhkan oleh mesin. Akibatnya campuran udara dan bahan bakar tidak lagi seimbang dan dapat menyebakan pembakaran tidak sempurna.

Pembakaran tidak sempurna dapat mempengaruhi tenaga mesin secara keseluruhan sehingga bisa mengakibatkan mesin mobil ndut-ndutan saat jalan pelan di rpm rendah.

Untuk mengatasinya, lakukan pembersihan filter udara dengan menyemprotkan angin bertekanan guna membuang kotoran yang menempel pada saringan udara. Jika memang sudah terlalu kotor ada baiknya untuk melakukan penggantian pada filter udara ini. Baca : Cara membersihkan filter udara mobil

2. Filter Bensin Kotor

Penyebab mesin mobil jalan pelan ndut ndutan di rpm rendah yang kedua adalah filter bensin yang kotor dan mampet. Filter bensin (Fuel filter) yang kotor dapat menghambat pasokan bahan bakar yang akan di injeksikan kedalam mesin.

Bahkan, jika kotoran dalam filter bensin sudah terlalu banyak, maka tekanan pada saluran injeksi akan menurun dan menyebabkan jumlah bahan bakar yang dinjeksikan menjadi tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Hal ini akan berakibat pada perubahan tenaga mesin yang dihasilkan, mesin menjadi kurang tenaga, bahkan dapat berimbas pada mesin yang terasa ndut-ndutan saat jalan di rpm rendah.

Untuk mengatasinya sebaiknya lakukan pembersihan filter bensin secara rutin atau lakukan penggantian sesuai dengan rekomendasi yang dianjurkan untuk masing-masing mobil sobat.

3. Injektor Kotor dan Mampet

Penyebab mesin mobil jalan pelan ndut ndutan di rpm rendah yang ketiga adalah injektor kotor dan mampet. Injektor kotor dan mampet ini juga kerap diawali oleh filter bensin yang kotor.

Injektor merupakan kompoen yang bertugas untuk menyemprotkan bahan bakar kedalam masing-masing silinder blok mesin. Mampetnya komponen injektor pada mesin menyebabkan bensin tidak dapat masuk ke dalam ruang bakar.

Akibatnya, satu atau sebagian silinder mesin tidak dapat menghasilkan tenaga mesin sesuai dengan kondisi yang seharusnya. Hal inilah yang kerap menyebabkan mesin mobil menjadi ndut-ndutan saat jalan pelan pada rpm rendah.

Untuk mengatasinya maka injektor perlu dilakukan pembersihan secara total. Kemudian diperiksa, apakah semprotan yang dihasilkan selama injektor bekerja sudah normal atau masih mampet? Lakukan pembersihan injektor pada bengkel yang sobat percaya dan memang sudah berpengalaman untuk menghindari kerusakan pada injektornya itu sendiri.

Baca juga :

4. Pompa Bensin Lemah

Penyebab mesin mobil jalan pelan ndut ndutan di rpm rendah yang ke empat adalah Pompa bensin lemah. Pompa bensin berfungsi untuk memompa bensin dari tangki bahan bakar menuju ke injektor. Selain itu, pompa bensin juga bertugas untuk menciptakan tekanan pada bensin yang dipompakan.

Ketika pompa bensin lemah, maka tekanan yang dihasilkan dalam saluran bahan bakar juga akan berkurang. Akibatnya jumlah debit bahan bakar yang dibutuhan saat injektor menginjeksikan bensin kedalam ruang bakar menjadi berkurang.

Akibatnya, terjadi campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna. Kondisi inilah yang menyebabkan mesin mobil terasa ndut ndutan saat jalan pelan di rpm rendah. Kondisi ini akan semakin parah jika pompa bensin ini sudah mulai mati-mati, selain mengakibatkan mobil jalan ndut-ndutan, mesin mobil juga bisa mogok.

5. Kebocoran udara pada saluran intake

Penyebab mesin mobil jalan pelan ndut ndutan di rpm rendah yang ke lima adalah terjadinya kebocoran udara pada saluran intake. Saluran intake ini dimulai dari saringan bahan bakar hingga ke intake manifold yang menuju ruang bakar.

Ketika terjadi kebocoran udara pada saluran intake, maka data yang dihasilkan oleh sensor udara (Air Flow Sensor) menjadi tidak sama dengan jumlah udara yang masuk kedalam ruang bakar.

Akibatnya, injeksi bahan bakar yang dilakukan leh Engine ECU juga menjadi tidak sesuai. Kondisi ini akan mengakibatkan mesin menjadi bergetar dan mobil terasa ndut-ndutan saaat jalan di rpm rendah.

Kebocoran udara pada saluran intake ini bisa terjadi akibat:

  • Karet saluran intake yang sobek akibat keras karena usia
  • Kebocoran pada selang vakum
  • Klem pengikat saluran intake yang lepas dan kendor.
  • Dan lain sebagainya

Untuk mengatasi kebocoran ini sobat perlu mencari dengan teliti bagian-bagian yang mengalami kebocoran udara khususnya pada seluruh saluran intake di kendaraan. Tutup kebocoran yang terjadi dan tes kembali hasilnya.

6. Sensor dan aktuator EFI bermasalah

Penyebab mesin mobil jalan pelan ndut ndutan di rpm rendah yang terakhir ombro ketahui adalah adanya masalah pada sensor dan aktuator EFI di mobil. Kondisi ini biasanya juga disertai dengan menyalanya lampu indikator check engine di panel instrumen dashboard.

Berikut beberapa sensor dan aktuator sistem EFI yang kerap menyebabkan mesin mobil jalan ndut-ndutan.

  • Sensor : Air flow sensor , Knock sensor, Manifold absolute pressure sensor, Cam sensor.
  • Aktuator : Idle Speed Control Servo (ISC), injektor.

Untuk mengatasinya tentu perlu dilakukan scanning terhadap sistem EFI pada kendaraan secara menyeluruh dengan menggunakan scanner khusus sesuai tipe mobil yang digunakan. Setelah di scan akan terlihat komponen mana saja yang bermasalah dan perlu diperbaiki

Demikianlah artikel tentang peyebab mesin mobil jalan pelan ndut-ndutan di rpm rendah yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.