Penyebab suara mesin mobil mendengung (Masalah Otomotif)

0
()
Mengemudikan mobil dengan kondisi mesin yang mengeluarkan bunyi mendengung memang sangat mengkhawatirkan. Iya kalau bunyi tersebut masih bisa hilang seiring perjalanan, nah bagaimana jika bunyi mendengung tersebut terus terdengar dan bahkan semakin lama semakin kencang dengungannya?

Tentu saja hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja, kita harus segera melakukan pemeriksaan terhadap bunyi mendengung tersebut agar perjalanan menjadi nyaman dan aman.

Suara mesin mobil yang mendengung memang kerap kali terjadi, ada yang mendengung saat saat idling saja, ada yang mendengung saat AC hidup atau ada juga suara mesin mendengung di semua kondisi.

Faktor penyebab mesin mendengung yang paling banyak ditemukan adalah mobil sering menerobos banjir/ kondisi basah dan berlumpur, atau memang komponen tersebut sudah terlalu lama dan sudah waktunya untuk diganti.

Suara mendengung di mesin mobil, mayoritas terjadi pada komponen-komponen mesin yang menggunakan bearing. Meski begitu, ada juga yang suara mesin mendengung yang muncul akibat penyetelan Timing belt yang terlalu kencang.

Nah, untuk lebih lengkapnya, artikel berikut akan menjelaskan apa saja penyebab suara mesin mobil mendengung yang kerap terjadi.

1. Bearing Alternator Aus/Oblak

suara mesin mobil mendengung

Penyebab suara mesin mobil mendengung yang biasa terjadi adalah akibat bearing alternator yang sudah aus dan oblak. Normalnya, usia pemakaian bearing Alternator sebenarnya cukup tahan lama (long life).

Namun begitu, ada kondisi-kondisi saat berkendara ataupun saat perawatan yang tidak bisa kita hindari dapat menyebabkan kerusakan pada bearing alternator sehingga bearing menjadi aus/oblak dan menimbulkan suara mesin mendengung.

Baca juga:   4 Penyebab knalpot bocor dan tips mengatasinya (Masalah Otomotif)

Berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bearing alternator menjadi aus dan oblak

  • Penyetelan V-Belt alternator yang terlalu kencang dan tidak mengikuti kekencangan yang dianjurkan oleh pihak pembuat mobil.
  • Sering melewati jalan yang berair, becek dan berlumpur atau bahkan sering menerobos banjir.
  • Kondisi bearing alternator yang memang sudah lama dipakai dan perlu diganti.

2. Bearing Belt Adjuster Aus/Oblak

suara mesin mobil mendengung

Hal berikutnya yang juga kerap menjadi penyebab suara mesin mobil mendengung adalah rusaknya bearing belt adjuster (bearing untuk menyetel kekencangan V-belt).

Untuk bearing yang menyebabkan suara mesin mendengung memiliki kondisi umum yang sama, Aus dan Oblak. Bahkan pada bagian dalamnya kerap disertai dengan adanya kotoran akibat karat dan serpihan bola bearing yang terkikis.

3. Bearing Compressor AC Aus/Oblak

suara mesin mobil medengung

Penyebab suara mesin mobil mendengung berikutnya yang sering terjadi adalah ausnya bearing compressor AC. Bunyi mendengung akibat bearing compressor AC aus/oblak kerap muncul saat AC mobil dihidupkan, meski begitu, tidak menutup kemungkinan bunyi juga muncul saat mesin idling.

Untuk memastikannya, anda bisa mencoba mendengarkan bunyi dengungan dengan menghidupkan AC atau mematikannya. Jika saat AC hidup ada suara mendengung , bisa dipastikan bearing kompressor AC aus/oblak.

Baca juga :

4. Pompa power steering Aus

suara mesin mobil mendengung

Penyebab berikutnya yang membuat suara mesin mobil mendengung adalah Pompa Power Steering. Bunyi mendengung yang terjadi akibat pompa power steering ini kerap didengar ketika setir di belokkan, dan akan semakin keras jika setir di tahan kesalah satu sisi saja.

Pompa power steering bekerja untuk memompa oli power steering. Oli power steering yang kotor, jumlahnya kurang, atau bahkan pernah habis, akan merusak dan membuat aus komponen dalam pompa power steering.

Baca juga:   Memahami Cara Membuat Flowchart yang Benar (Masalah Otomotif)

Keausan yang terjadi didalam pompa power steering kerap menimbulkan bunyi mendengung yang cukup keras, bahkan pada beberapa kondisi setir menjadi terasa berat ketika diputar.

5. Timing Belt Terlalu kencang atau terlalu kendor

suara mesin mobil mendengung

Penyebab suara mesin mobil mendengung berikutnya adalah Timing belt. Ya, pemasngan timing belt yang tidak sesuai /pas kerap menimbulkan masalah, selain membuat mesin menjadi tidak normal saat hidup, suara mesin juga akan terdengar mendengung dan kasar.

Penyebab suara mesin mobil mendengung akibat timing belt ini lebih sering terjadi ketika penyetelan timing belt terlalu kencang dan atau terjadi selip setengah gigi saat pemasangan.

6. Waterpump oblak

suara mesin mobil mendengung

Hal terakhir yang Ombro ketahui menjadi penyebab suara mesin mobil mendengung adalah waterpump oblak. Waterpump merupakan komponen mesin yang digunakan untuk memompa air pendingin radiator agar dapat bersirkulasi di dalam mesin.

Di dalam waterpump terdapat sebuah bearing yang dipasang agar putaran pompa menjadi lancar. Bearing didalam waterpump ini juga kerap aus dan oblak sehingga bisa menimbulkan suara mesin menjadi mendengung keras.

Demikianlah 6 penyebab suaramesin mobil mendengung yang bisa ombro ketahui, semoga bisa bermanfaat buat sobat sekalin. Terima kasih.

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.