Penyebab roda depan mobil bunyi gluduk (Masalah Otomotif)

0
()
Berkendara dengan kondisi roda depan mobil bunyi gluduk tentu saja cukup mengkhawatirkan. Apalagi jika bunyi yang muncul sudah cukup sering dan sudah merambat di jalan yang cukup rata.

Ya, umumnya bunyi gluduk pada roda depan akan terjadi jika kita melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang, namun jika kondisi kerusakan yang terjadi sudah cukup parah, maka bunyi geludukpun bisa terasa sampai kabin ketika melewati jalan yang cukup rata.

Faktor utama yang menyebabkan bunyi ini muncul adalah mobil sering melewati jalan berlubang, terlebih dipacu dalam kecepatan yang cukup tinggi. Efekya banyak komponen-komponen pada kaki-kaki mobil menjadi aus, oblak dan sudah harus di ganti.

Nah apa saja sih penyebab roda depan mobil bunyi gluduk ini ? Berikut adalah beberapa komponen pada kendaraan yang menjadi penyebab roda depan mobil bunyi gluduk.

1. Karet bushing stabilizer bar aus dan stabilizer joint sudah oblak

Hal pertama yang kerap menjadi penyebab roda depan mobil bunyi gluduk adalah rusaknya karet bushing stabilizer bar roda depan berikut dengan stabilizer joint yang sudah oblak dan aus. Biasanya karet bushing yang rusak ini lebih banyak disebabkan karena faktor umur pemakaian.

Karet bushing yang sudah lama digunakan lambat laun akan menjadi keras , aus, pecah dan bahkan lepas dari tempatnya. Akibatnya besi stabilizer bar akan beradu dengan bodi sehingga menimbulkan bunyi gluduk yang bisa didengar dari dalam kabin.

Baca juga:   Penyebab mobil bergetar saat di rem dan tips mengatasinya (Masalah Otomotif)

2. Long tie rod dan tie rod end oblak

roda depan mobil bunyi gluduk

Penyebab roda depan mobil bunyi gluduk berikutnya adalah ball joint yang ada pada long tie rod dan tie rod end sudah oblak. Kerusakan ball joint pada long tie rod dan toe rod end ini sering disebabkan karena faktor usia dan penggunaan kendaraan pada jalan yang rusak/ berlubang-lubang.

Oblaknya ball joint pada long tie rod dan tie rod end ini akan menyebabkan bunyi gluduk yang bisa didengar hingga dalam kabin. Untuk mengeceknya, angkat roda mobil secara aman, kemudian goyang kan roda mobil kekanan dan ke kiri. Jika saat ban teras goyang dan tidak kencang saat digoyang ke kanan ke kiri, kemungkinan besar long tie rod dan tie rod end sudah oblak.

3. Ball joint lower arm dan upper arm oblak

roda depan mobil bunyi gluduk

Ball joint lower arm dan upper arm oblak juga bisa menyebabkan roda depan mobil bunyi gluduk. Lamanya pemakaian dan seringnya penggunaan mobil pada jalan berlubang menjadi penyebab umum ball joint menjadi oblak dan aus.

Untuk mengecek upper arm dan lower arm ball joint, goyang ban ke atas dan kebawah. Jika ban terasa bergoyang dan tidak kencang bisa jadi ball joint lower arm / upper arm sudah oblak sehingga menimbulkan bunyi gluduk.

Baca juga :

4. Karet bushing lower arm aus, pecah atau rusak

roda depan mobil bunyi gluduk

Penyebab roda depan mobil bunyi gluduk berikutnya adalah rusaknya karet bushing lower arm. Karet bushing lower arm yang pecah, aus, sobek bisa menyebabkan roda depan mobil bunyi gluduk akibat besi lower arm terbentur dengan bodi dan rangka mobil.

Penyebabnya pun sama, usia atau pemakaian pada jalan berlubang sehingga menyebabkan karet bushing lower arm menjadi rusak.

Baca juga:   Ciri - Ciri Timing Belt harus diganti (Masalah Otomotif)

5. Karet bushing upper arm aus, pecah atau rusak

bushing upper arm

Pada beberapa mobil, ada yang menggunakan suspensi mdel double wishbone dimana suspensi ini menggunakan lower arm dan upper arm. Khusus untuk mobil dengan suspensi ini (seperti mitsubishi L300 atau Strada triton), pada bagian upper arm ada yang menggunakan karet bushing.

Apabila karet bushingnya rusak aus aau pecah, maka kerusakan ini juga bisa menjadi penyebab roda depan mobil bunyi gluduk-gluduk. Oleh karena itu, lakukan juga pemeriksaan pada bagian ini.

6. Shock absorber rusak

roda depan mobil bunyi gluduk

Shock absorber yang sudah rusak, oblak dan kocak bisa menjadi penyebab roda depan mobil bunyi gluduk. Tidak adanya material yang menjadi penahan efek peredaman dalam shock absorber menyebabkan benturan diantara besi di dalam shock absorber sehingga menyebabkan bunyi.

Shock absorber yang sudah lemah, oblak dan kocak bisa ditadai dengan kondisi pegemudian yang kurang nyaman, mobil terasa limbung dan berayun saat berada di tikungan atau saat melewati jalan yang rusak.

7. Bearing dan karet support shock absorber oblak / aus

roda depan mobil bunyi gluduk

Hal terakhir yang diketahui bisa menjadi penyebab roda depan mobil bunyi gluduk adalah rusaknya bearing dan karet support shock absorber. Ya, untuk meletakkan shock absorber agar kuat dan kencang, kerap digunakan support yag bisa dipasang ke bodi kendaraan.

Support ini memiliki bearing pada bagian tengahnya dan terdapat karet di sekelilingnya. Rusaknya bearing dan karet bisa menyebabkan shock absorber menjadi oblak sehingga bisa menimbulkan bunyi gluduk pada roda depan.

Source link