Penyebab mobil keluar asap putih saat dipanaskan (Masalah Otomotif)

0
()
Sebelum mobil digunakan, memang sebaiknya mesin mobil perlu dipanaskan terlebih dahulu. Hal ini guna memastikan sistem pelumas ataupun sistem pendingin di dalam mesin yang berupa oli/pelumas, air pendingin ataupun bahan bakar bisa bersirkulasi dengan normal.

Lebih dari itu, dengan memanaskan mesin mobil, kita bisa mengetahui kondisi mesin dalam keadaan normal atau tidak. Salah satu contohnya adalah dengan melihat gejala berupa asap putih yang dikeluarkan dari knalpot saat mesin dipanaskan.

Ya, pada beberapa kondisi, asap putih yang keluar dari knalpot saat dipanaskan bisa dibilang wajar dan normal, namun kondisi tersebut bisa juga menandakan masalah terjadi di mesin. Lantas apa penyebab mobil keluar asap putih saat dipanaskan?

Nah, pada artikel berikut ini , ombro akan menginformasikan informasi terkait seputar fenomena munculnya asap putih dari knalpot mobil saat di mesin dipanaskan. Simak ulasan penyebab mobil keluar asap putih saat dipanaskan berikut ini.

1. Penguapan udara dingin dari dalam knalpot

Udara dingin yang ada di dalam knalpot kerap menjadi penyebab mobil keluar asap putih saat dipanaskan. Kondisi seperti ini merupakan hal yang sangat wajar dan umum terjadi sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir ketika mobil keluar asap putih terutama kondisi udara dingin ataupun ketika pagi hari.

Saat mobil tidak digunakan dan diparkir semalaman di kondisi udara luar yang dingin, udara dingin tersebut akan membuat seluruh bagian di mobil menjadi dingin. Hal ini bisa anda perhatikan pada bagian bodi yang kadang kerap ada embun dan butiran air di sekujur bodi mobil.

Tentu saja, hal ini juga akan mempengaruhi suhu dan temperatur yang ada di knalpot serta saluran pipa gas buang mesin. Maka, ketika mesin mulai dipanaskan, udara panas tersebut akan mengalir melalui seluruh saluran pipa gas buang / knalpot.

Udara panas pembakaran mesin akan membuat udara dingin yang mengandung air tersebut menjadi menguap kemudian ikut terdorong keluar menuju knalpot. Bahkan pada beberapa kondisi, terdapat air yang ikut menetes keluar dari ujung pipa knalpot.

Prinsip yang terjadi sama persis ketika kita bernafas di tempat yang memiliki suhu dingin seperti pada daerah pegunungan, yaitu kondisi dimana saat kita bernafas maka akan muncul fenomena asap yang keluar dari mulut dan hidung kita.

Semakin banyak kandungan air dan udara dingin yang ada dalam saluran pipa pembuangan, maka efek asap putih yang dihasilkan saat mesin dipanaskan biasanya juga akan berlangsung lama (setidaknya sekitar 5-10 menit paling lama).

Setelah kandungan air dalam knalpot habis, maka asap putih tersebut lambat laun akan menghilang dan asap yang keluar dari knalpot akan kembali normal, yaitu tidak mengeluarkan asap putih lagi.

2. Terjadi kebocoran oli yang masuk ke ruang bakar mesin

Penyebab mobil keluar asap putih saat dipanaskan berikutnya adalah terjadinya kebocoran oli yang masuk ke ruang bakar mesin. Kebocoran oli mesin yang masuk ke ruang bakar bisa menimbulkan asap putih, berikut ciri-ciri kondisi asap putih yang keluar dari knalpot akibat terjadi kebocoran oli yang ikut terbakar di mesin.

  • Asap putih tidak hilang setelah mesin dihidupkan lebih dari 10 menit, bahkan setelah mesin di geber-geber beberapa saat.
  • Asap putih yang keluar terlihat lebih tebal dan terasa bau sangit seperti oli terbakar.

Jika kedua ciri-ciri tersebut diatas terlihat pada asap putih yang keluar dari knalpot, ini tandanya anda harus melakukan pemeriksaan mesin ke bengkel terdekat yang memang anda percayai.

Pasalnya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab kebocoran oli di ruang mesin seperti diantaranya seal klep aus, ring piston aus dan lain sebagainya. Kondisi ini akan semakin berbahaya jika terus dibiarkan, akibatnya anda akan lebih banyak mengeluarkan biaya untuk perbaikan mesin.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca beberapa penyebab oli mesin rembes ke ruang bakar mesin pada postingan tentang Penyebab Busi Mobil Basah Kena Oli yang sudah pernah diterbitkan sebelumnya.

Baca juga :

3. Terjadi rembesan air pendingin ke ruang bakar

Meskipun sangat jarang terjadi, namun rembesan air pendingin yang masuk ke ruang bakar juga bisa menjadi penyebab mobil keluar asap putih saat dipanaskan. Air yang merembes ini akan ikut terbakar sehingga menimbulkan uap air yang terus menerus keluar dari knalpot.

Rembesan air pendingin yang masuk keruang bakar mesin ini bisa diakibatkan oleh banyak sebab diantaranya

  • Gasket cylinder head (paking head) bocor
  • Retak pada cylinder head ataupun pada cylinder blok
  • Cylinder head mengalami sedikit kebengkokan akibat terjadi overheat sebelumnya

Untuk memastikannya, anda perlu melakukan pemeriksaan pada mobil di bengkel-bengkel yang anda percaya.

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.