Penyebab Mitsubishi Colt T120ss hilang pengapian (Masalah Otomotif)

0
()
Masalah sistem pengapian yang hilang pada mobil mitsubishi colt T120ss ini memang terbilang cukup sering ditemui. Hilangnya pengapian kerap terjadi tanpa diduga-duga sebelumnya, bahkan seringkali tidak ada gejala-gejala aneh pada mesin sebelum pengapian hilang.

Tiba-tiba saja saat di starter, busi tidak dapat mengeluarkan percikan api di ujungnya. Dan ini terjadi pada ke empat busi yang ada. Akibatnya tidak ada proses pembakaran yang terjadi di mesin dan mesin tidak mau dihidupkan.

Penyebab Mitsubishi Colt T120ss hilang pengapian ini tentunya sangat beragam, dibutuhkan pemeriksaan yang detail karena mesin ini menggunakan sistem injeksi yang tentunya memerlukan scanner agar pemeriksaan bisa lebih yakin dan lebih teliti lagi.

Nah, pada artikel ini , ombro akan berbagi informasi seputar apa saja penyebab Mitsubishi Colt T120ss ini hilang pengapian berdasarkan pengalaman yang pernah ombro ketahui. Berikut Penyebab Mitsubishi Colt T120ss hilang pengapian.

1. Sensing blade rusak

Sensing blade pada mitsubishi colt T120ss merupakan komponen bilah sensor berupa plat bundar dengan bentuk kipas di sampingnya. Sensing blade ini bisa di temukan pada bagian belakang crankshaft sprocket yang diikat dengan 2 pin kecil.

posisi sensing blade t120 ss

Sensing blade menjadi komponen yang bekerja sama dengan crankshaft sensor guna mengetahui sudut putar pada crankshaft.

Sensing blade yang rusak dapat mengganggu siklus pembacaan data dari crank angle sensor sehingga dapat mengganggu kerja dari Engine Control Unit. Ketika data crank angle sensor tidak dapat dibaca oleh ECU maka, ECU tidak dapat merespon data tersebut sehingga busi tidak dapat mengeluarkan percikan api.

Baca juga:   Penyebab V-belt sering putus - OMBRO (Masalah Otomotif)

Berikut 2 macam kerusakan sensing blade yang mengakibatkan colt t120ss kehilangan pengapian

  • Pin pengikat sensing blade patah sehingga tidak dapat berputar
  • Sensing blade bengkok dan menggerus crank angle sensor

2. Crank Angle Sensor rusak

Crank angle sensor merupakan sensor yang akan membaca putaran dan derajat putar pada poros crankshaft. Derajat putar pada crankshaft ini menentukan posisi piston pada masing-masing silinder saat berputar. Dengan begitu, maka ECU dapat membaca posisi piston pada masing-masing silinder dan menentukan waktu kapan busi bisa memercikan api.

Ketika Crank angle sensor ini rusak, maka ECU tidak dapat membaca posisi piston di masing-masing silinder sehingga tidak dapat memutuskan silinder mana yang harus diberikan percikan api. Akibatnya sistem pengapian cot t120ss akan hilang.

Berikut beberapa kerusakan yang dapat terjadi pada crank angle sensor

  • Sensor rusak/patah tergerus oleh sensing blade yang rusak
  • Kabel crank sensor terputus
  • Socket dan pin connector crank sensor patah dan terlepas

Baca juga :

3. Camshaft Position Sensor rusak

Camshaft position sensor merupakan sensor yang akan membaca sudut putar dan derajat pada poros camshaft. Terletak dibelakang silinder head, camshaft position sensor ini akan memberikan data silinder mana yang sudah masuk langkah kompresi berdasarkan posisi valve didalam ruang bakar. Dengan begitu, maka ECU dapat memerintahkan busi untuk mengeluarkan percikan api

Saat camshaft position sensor rusak, maka ECU tidak dapat menentukan posisi mana silinder yang sudah masuk langkah kompresi, akibatnya tidak ada respon dari ECU dan mengakibatkan sistem pengapian tidak berfungsi

Berikut beberapa kerusakan yang dapat terjadi pada camshaft position sensor

  • Kabel camshaft position sensor terputus
  • Socket dan pin connector camshaft position sensor patah dan terlepas
Baca juga:   Efek ball joint rusak yang kerap dirasakan saat berkendara (Masalah Otomotif)

4. Power Transistor Unit Rusak

Power transistor pada sistem pengapian mitsubishi colt t120ss merupakan komponen yang akan mengatur waktu terputusnya arus pada primary coil dalam igniton coil berdasarkan perintah ECU.

Ketika Power transistor unit ini rusak, maka aliran listrik berupa perintah yang berasal dari ECU tidak dapat diproses oleh power transistor ini, akibatnya power transistor tidak dapat memutus arus pada primary coil sehingga secondary coil tidak dapat mengeluarkan induksi tegangan tinggi ke busi. Akibatnya sistem pengapian colt t120ss ini akan hilang.

Berikut beberapa kerusakan yang terjadi pada power transistor unit

  • Transistor melendung akibat short dan terbakar pada bagian dalamnya
  • Pin power transistor ada yang patah
  • Socket rusak dan kabel terputus

5. Engine Control Unit Rusak

Engine Control Unit merupakan perangkat yang mengatur seluruh kerja sistem injeksi pada mobil ini termasuk sistem pengapian didalamnya. Ketika Engine ECU ini rusak, maka sistem pengapian juga akan terdampak dan menjadi penyebab hilangnya pengapian pada colt t120ss

Beberapa contoh penyebab ECU rusak

  • Terendam air akibat banjir dan lain hal
  • Salah pemeriksaan yang menyebabkan ECU short dan rusak
  • Terjadi short circuit yang merembet hingga ECU

6. Ignition Coil Rusak

Igniton Coil rusak juga bisa menjadi penyebab hilangnya pengapian pada colt t120ss, namun umumnya tidak terjadi bersamaan. Ada kalanya hanya satu coil saja yang tidak berfungsi sehingga hilang pengapian hanya terjadi pada coil yang terdampak saja. Seperti misalnya hanya coil B yang melayani pengapian pada silinder 2 dan 3 saja.

7. Socket dan Harness kabel sistem pengapian ada yang putus

Penyebab terakhir yang ombro kertahui menjadi penyebab hilangnya pengapian pada colt t120ss adalah terputusnya socket dan harness (kabel) yang menjadi jalur pengapian pada mobil ini. Seperti misalnya pada socket crankshaft dan camshaft atau joint connector yang menuju ke power transistor unit.

Baca juga:   Apa perbedaan air biasa dengan coolant radiator ? (Masalah Otomotif)

Untuk mengatasinya tentu diperlukan pengecekan dengan merunut jalur sistem pengapian dengan menggunaan wriring diagram sistem pengapian milik colt t12ss.

Demikianlah 7 penyebab Mitsubishi Colt T120ss hilang pengapian yang bisa ombro sampaikan, semoga informasi ini bisa bermanfaat..

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.