Penyebab Lampu Indikator Aki Mobil Menyala (Masalah Otomotif)

0
()
Berhati-hatilah ketika anda melihat lampu indikator aki mobil menyala di dashboard saat mobil berjalan. Lampu indikator aki mobil menyala, menandakan adanya masalah pada sistem pengisian listrik di aki mobil anda.

Normalnya, lampu indikator aki mobil ini hanya menyala saat kunci kontak pada posisi ON saja dan lampu indikator aki mobil ini akan mati setelah mesin mobil hidup.

Jadi, ketika mesin mobil hidup dan lampu indikator aki mobil ini masih tetap menyala, maka sistem kelistrikan mobil anda hanya bergantung pada sisa listrik yang ada di aki saja. Ketika listrik yang ada di dalam aki mobil ini habis maka mobil anda akan mogok di jalan.

Penyebab lampu indikator aki mobil menyala ini umumnya terjadi akibat sistem pengisian aki bermasalah, dan masalah terbanyak umumnya ada pada Alternator mobil. Berikut adalah penyebab lampu indikator aki mobil menyala terus

1. Alternator dan komponen di dalamnya rusak

indikator aki mobil menyala

Masalah lampu indikator aki mobil menyala ini memang kerap ditemukan akibat kerusakan pada alternator mobil. Alternator sendiri berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke aki dan komponen listrik di mobil lainnya saat mesin hidup. Baca selengkapnya tentang cara kerja pengisian listrik aki mobil sistem IC regulator pada artikel sebelumnya.

Ada dua komponen di dalam alternator yang rusak dan kerap menimbulkan masalah lampu aki mobil menyala. Pertama adalah IC regulator dan kedua adalah carbon brush habis. Meskipun begitu, buka berarti komponen lainnya tidak bisa mengalami kerusakan ya… untuk lebih jelasnya, silahkan baca tentang komponen alternator.

Ketika Alternator dan komponen di dalamnya mengalami kerusakan, maka arus listrik dari aki mobil akan mengalir melalui lampu indikator aki menuju ground/massa, akibatnya lampu indikator aki mobil menyala.

2. Sekring sistem pengisian putus.

indikator aki mobil menyala

Penyebab berikutnya yang membuat lampu indikator aki mobil meyala adalah putusnya sekring yang ada pada sistem pengisian. Ya ,pada sistem pengisian aki mobil terdapat sebuah sekring pengaman yang menghubungkan antara aki dengan alternator.

Ketika sekring pengaman ini putus , maka suplai listrik yang mengalir dari aki ke alternator dan sebaliknya (dari alternator ke aki) juga akan terhenti. Terhentinya arus listrik dari alternator ke aki akan menyebabkan lampu indikator aki mobil menyala.

3. Konektor (sambungan) sistem pengisian putus / lepas

indikator aki mobil menyala

Konektor (sambungan) sistem pengisian putus / lepas juga bisa menjadi penyebab indikator aki mobil menyala. Sebagai contoh, pada bagian belakang alternator terdapat soket sistem pengisian.

Soket ini bisa lepas dari alternator akibat rusak klipnya lalu terlepas karena guncangan dan getaran mesin selama mobil melaju. Lepasnya soket sistem pengisian dari alternator akan langsung membuat lampu indikator aki menyala.

Nah, itulah 3 penyebab indikator aki mobil menyala yang ombro ketahui. Semoga bisa menjadi referensi bacaan dan pengetahuan buat sobat sekalian, terima kasih.

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.