Penyebab cat mobil cepat kusam dan pudar (Masalah Otomotif)

0
()
Memiliki warna cat bodi mobil yang selalu terlihat mengkilap kinclong dan selalu tampak baru memang menjadi dambaan bagi setiap pemilik mobil. Penampilan mobil yang tampak bersih dan kinclong akan membuat pengemudi serta penumpang merasa nyaman dan percaya diri.

Sebaliknya, jika tampilan cat mobil terlihat pudar dan kusam, tentu muncul rasa malas untuk mengendarai mobil tersebut karena terlihat kurang enak dipandang. Menjaga kualitas cat mobil agar tetap segar dan bersih bisa jadi pekerjaan yang susah-susah gampang.

Faktanya, banyak sekali faktor yang sulit dihindari dan bisa menjadi penyebab cat mobil menjadi tipis, kusam dan pudar.

Apa saja faktor penyebab cat mobil cepat kusam dan pudar ? Berikut akan ombro informasikan 5 faktor penyebab cat mobil cepat kusam dan pudar.

1. Panas terik matahari

Penyebab cat mobil cepat kusam dan pudar yang paling umum adalah panas terik matahari. Ya, meskipun tidak dapat dihindari, panas terik matahari kerap membuat warna cat mobil menjadi cepat pudar dan kusam. Apalagi jika sering memarkir mobil pada tempat terbuka dan langsung terpapar oleh panas terik matahari.

Sinar matahari, selain menghasilkan panas yang akan berdampak buruk bagi lapisan cat mobil, ia juga ikut membawa paparan radiasi sinar infra merah (Infrared) dan sinar ultraviolet (UV). Paparan radiasi sinar infra merah dan sinar ultraviolet ini dapat merusak kualitas cat mobil secara keseluruhan terutama pada bagian-bagian yang terkena sinar matahari langsung.

Jika kondisi ini dibiarkan terlalu sering dan terlalu lama, maka lambat laun warna cat mobil bisa cepat kusam dan cepat pudar.

2. Air berkadar garam dan asam tinggi

Meskipun air sangat berguna untuk membersihkan kotoran yang menempel di bodi mobil, namun air juga bisa menjadi penyebab cat mobil cepat kusam dan pudar.

Hindari menggunakan air yang mengandung kadar asam (ph) dan garam terlalu tinggi saat mencuci mobil karena selain dapat membuat cat mobil cepat kusam dan pudar, air dengan ph tinggi juga dapat beroksidasi dengan udara dan sinar matahari yang efeknya dapat menimbulkan karat pada bodi mobil.

Selain itu, cucilah mobil di tempat yang teduh dan tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Air cucian mobil yang mengering sendiri pada permukaan cat bisa menjadi tempat bersarangnya jamur. Hal ini dapat mempercepat cat mobil menjadi cepat kusam dan pudar.

Oleh karena itu, setelah membilas bodi mobil dengan air bersih, langsung keringkan seluruh permukaan bodi mobil yang basah untuk mencegah sisa air mengering dengan sendirinya.

Baca juga :

3. Debu tebal yang dibiarkan terlalu lama menempel

Jika berbicara tentang debu, memang partikel yang satu ini juga sulit untuk dihindari. Debu akan kita jumpai dimana-mana sehingga mustahil permukaan cat mobil kita bisa terhindar dari debu.

Debu juga bisa menjadi penyebab cat mobil cepat kusam dan pudar, terutama jika cara kita salah saat mebersihkan debu yang menempel pada permukaan cat mobil. Kesalahan dalam membersihkan debu akan menyebabkan permukaan cat mobil menjadi tergores dan baret sehingga akan membuat warna cat menjadi pudar dan kusam.

Cara tebaik untuk membersihkan debu pada permukaan cat mobil ini adalah dengan menyiram debu tersebut dengan air bersih. AIr bersih yang mengalir dapat mengangkat partikel debu tanpa menimbulkan gesekan dengan permukaan cat. Debu hilang dan warna cat teatp terjaga.

4. Salah menggunakan jenis sabun cuci

Penyebab cat mobil cepat kusam dan pudar berikutnya adalah penggunaan sabun cuci mobil yang salah. Sabun khusus cuci mobil umumnya sudah memiliki kadar ph seimbang sehingga tidak mudah membuat cat mobil cepat kusam dan pudar.

Kesalahan menggunakan sabun cuci mobil, seperti contohnya menggunakan sabun colek atau deterjen, bisa membuat cat mobil cepat menipis dan kusam. Selain itu apabila bilasannya kurang bersih, sisa busa sabun colek yang menempel ini biasanya akan menjadi kerak sebagai tempat tumbuhnya jamur.

Selalu gunakan shampoo atau sabun yang mengandung ph seimbang dan khusus digunakan hanya untuk mencuci mobil.

5. Kurang perawatan

Penyebab cat mobil kusam dan pudar yang terakhir ombro ketahui adalah kurangnya perawatan pada cat dan bodi mobil. Perawatan pada cat bodi mobil ini sebenarnya tidak terlalu mahal, namun rutinitas untuk merawat kondisi permukaan cat mobil inilah yang membuat cat mobil menjadi cepat kusam.

Salah satu contohnya adalah tidak segera mencuci bodi mobil yang tersiram air hujan, terlebih jika kondisi baru pulang kerja dan waktu sudah malam hari. Selain itu, membiarkan permukaan cat terpapar kotoran burung atau getah pohon terlalu lama, juga dapat mempercepat cat mobil cepatkusam dan pudar.

Oleh harena itu, perawatan cat dan bodi mobil ini memang perlu untuk dilakukan secara rutin, atau jika kesulitan, sobat bisa menambahkan coating pada bodi mobil agar urusan membersihkan bodi mobil menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan begitu, permukaan cat mobil yang kusam dan pudar bisa dihindari.

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.