Penyebab air radiator berkurang reservoir penuh (Masalah Otomotif)

0
()
Ketika anda menemukan bahwa reservoir tank radiator penuh air, sebaiknya anda perlu waspada. Reservoir tank radiator yang penuh dengan air, menandakan ada ketidak beresan pada sistem pendingin mesin di mobil Anda, terlebih lagi jika air radiator ikut berkurang.

Air radiator yang berkurang bisa menyebabkan mesin menjadi overheat. Efeknya bisa sangat merugikan, mesin bisa mengalami kerusakan parah pada komponen-komponen di dalamnya, sehingga mau tak mau, anda perlu ke bengkel untuk melakukan perbaikan turun mesin (engine overhoul).

Melakukan pemeriksaan dan menemukan penyebab air radiator berkurang reservoir penuh adalah hal wajib yang harus kita lakukan untuk menghindari masalah tersebut. Lantas apa saja penyebab air radiator berkurang reservoir penuh ? Berikut adalah beberapa penyebab yang diketahui sehingga air radiator berkurang dan reservoir penuh.

I. Tutup radiator bermasalah

Hal pertama yang sering kali menjadi penyebab air radiator berkurang reservoir penuh adalah adanya masalah pada tutup radiator. Silahkan baca artikelnya tentang fungsi dan cara kerja tutup radiator yang sudah pernah di posting sebelumnya.

Tutup radiator memegang peranan penting untuk menjaga tekanan yang ada di dalam sistem pendingin mesin termasuk di dalamnya adalah radiator. Ketika terjadi kerusakan atau ketidak sesuaian tekanan pada tutup radiator, maka akan muncul masalah pada sistem pendingin mesin.

Sebagai contohnya, air radiator kembali ke tangki cadangan yang efeknya akan membuat air radiator berkurang dan reservoir (tangki cadangan) penuh air. Lantas, apa saja kerusakan yang dialami oleh tutup radiator sehingga bisa mengakibatkan air radiator berkurang reservoir penuh ?

air radiator kurang reservoir penuh

1. Vacuum valve rusak / bocor

Vacuum valve pada tutup radiator berfungsi untuk menghisap air dari dalam reservoir tank. Bentuknya yang lebih kecil, rentan terhadap kerusakan seperti patah atau pecah sehingga vacuum valve ini hilang.

Baca juga:   Masalah pada rem mobil yang sering terjadi (Masalah Otomotif)

Hilangnya vacuum valve akan menyebabkan tutup radiator kehilangan fungsi untuk menjaga tekanan udara di dalam radiator, akibatnya ketika tekanan berlebih terjadi, maka air akan mengalir menuju reservoir dan mengakibatkan reservoir penuh air.

Ketika kerusakan tutup radiator ini terjadi pada bagian vacuum valvenya, umumnya air reservoir tidak mau balik ke radiator. Hal inilah yang akhirnya lambat laun akan menguras air di dalam saluran sistem pendingin sehingga membuat mesin overheat.

2. Gasket Pressure Valve rusak / bocor

Pressure Valve pada tutup radiator berfungsi untuk mengalirkan air menuju reservoir tank ketika tekanan di dalam radiator sudah melebihi batas tekanan yang dimiliki oleh pegas Pressure Valve.

Ketika, Gasket Pressure Valve mengalami rusak atau sobek sehingga mengakibatkan bocor, maka tekanan di dalam radiator akan membuat air mengalir menuju reservoir melalui lubang pada gasket yang rusak. Akibatnya air cadangan radiator bertambah dan reservoir dipenuhi air.

3. Nilai tekanan pada pegas Pressure Valve tidak sesuai

Selain kerusakan pada kedua valve, penyebab air radiator berkurang reservoir penuh ini juga bisa terjadi akibat nilai tekanan pada pegas pressure valve sudah tidak sesuai. Ada dua penyebab, bisa karena memang pegas yang sudah melemah atau karena salah memilih nilai tekanan tutup radiator.

Pegas Pressure Valve ini menentukan nilai tekanan yang dapat ditahan oleh tutup radiator. Ketika nilai tekanan tutup radiator yang digunakan lebih rendah dari nilai yang seharusnya (misalnya, seharusnya menggunakan tutup radiator dengan nilai 1.1, namun menggunakan tutup yang nilainya 0.9) maka pegas pada pressure valve tidak dapat menahan tekanan yang terjadi di dalam radiator.

Akibatnya air radiator akan mengalir kedalam reservoir tank sehingga membuat air radiator berkurang dan reservoir penuh air.

Baca juga:   Memahami Cara Membuat Flowchart yang Benar (Masalah Otomotif)

Untuk mengatasi masalah air radiator kurang reservoir penuh akibat tutup radiator bermasalah ini adalah dengan mengganti tutup radiator baru yang nilai tekanannya sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan pabrik pembuat mobil tersebut.

II. Mesin mengalami overheat

Penyebab air radiator berkurang reservoir penuh selanjutnya adalah akibat mesin mengalami overheat (panas berlebih). Mesin yang mengalami overheat kerap membuat reservoir penuh dan air radiator berkurang.

Suhu dan tekanan di dalam mesin yang overheat akan membuat katup pressure valve pada tutup radiator terus menerus terbuka sehingga air di dalam sistem pendingin akan terus mengalir ke reservoir tank hingga penuh dan menyebabkan air radiator berkurang.

air radiator berkurang reservoir penuh

Masalah ini timbul akibat sistem pendingin mesin mengalami masalah yang membuat sistem pendingin tidak dapat bekerja optimal untuk mendinginkan suhu kerja mesin. Penyebabnya sangat banyak, Anda bisa membacanya pada artikel berikut Penyebab mesin cepat panas dan overheat.

Untuk mengatasi masalah air radiator berkurang reservoir penuh akibat mesin overheat, tentu Anda perlu melakukan pemeriksaan yang teliti terkait penyebabnya. Sebaiknya lakukan pemeriksaan di bengkel-bengkel yang Anda percaya karena umumnya pemeriksaan mesin overheat ini biasanya membutuhkan beberapa alat khusus untuk memastikan penyebab overheatnya.

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.