Gejala fuel pump lemah – OMBRO (Masalah Otomotif)

0
()
Gejala fuel pump lemah memang sulit untuk di deteksi. Keberadaannya tidak terkait langsung dengan Indikator Check Engine di mobil. Ini artinya, bisa jadi semua lampu indikator mesin di dashboard tidak terlihat bermasalah dan tampil normal, namun tiba-tiba mesin bermasalah dan terasa tidak nyaman untuk digunakan bahkan hingga menyebabkan mobil menjadi mogok.

Selain itu, pada beberapa kondisi, masalah yang dialami akibat gejala fuel pump lemah ini juga mirip dan serupa dengan beberapa masalah yang diakibatkan oleh rusaknya komponen mesin lainnya.

Namun begitu, gejala fuel pump lemah ini bisa dirasakan selama berkendara. Lantas, apa saja gejala yang terjadi saat fuel pump lemah ? Berikut beberapa kondisi yang bisa menjadi pertanda dan gejala fuel pump lemah.

1. Mesin susah hidup

Mesin susah hidup adalah gejala fuel pump lemah yang paling sering terjadi, terlebih jika mobil sudah lama diparkirkan. Hal ini terjadi karena bahan bakar yang seharusnya “standby” sudah tidak tersedia di jalur fuel line. Ini artinya, tekanan bensin di dalam saluran bahan bakar injeksi sudah turun jauh dari tekanan batas yang dianjurkan

Penyebabnya sering terjadi akibat one way valve di dalam motor fuel pump sudah tidak berfungsi dengan baik karena terganjal kotoran atau pegas (spring) lemah. Fungsi dari one way valve ini adalah untuk mempertahankan tekanan bensin di dalam saluran bahan bakar.

Ketika one way valve ini lemah atau rusak, maka tekanan bahan bakar tidak bisa dipertahankan di dalam fuel line, akibatnya bahan bakar bocor dan kembali ke dalam tangki. Kondisi seperti inilah yang akhirnya mengakibatkan mesin menjadi lebih lama hidupnya karena bahan bakar terlambat disemprotkan ke dalam ruang bakar.

Baca juga:   5 Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan (Masalah Otomotif)

2. Akselerasi mesin terasa lebih lambat

Gejala fuel pump lemah berikutnya yang sering terjadi adalah akselerasi mesin terasa lebih lambat dari biasanya. Bahkan pada saat tertentu, mesin terasa ngempos/kosong dan tidak bertenaga terutama saat pedal gas di tekan tiba-tiba untuk berakselerasi.

Hal ini umumnya terjadi akibat tekanan bahan bakar yang disemprotkan kedalam ruang bakar mengalami penurunan. Tekanan bensin yang lemah akan mempengaruhi bentuk kabut dan spray yang dihasilkan injektor, selain itu jumlah bahan bakar yang masuk juga menjadi lebih sedikit dibanding saat kondisi fuel pump normal.

Jumlah bahan bakar yang sedikit serta bentuk spray injektor yang tidak berbentuk kabut, akan mempengaruhi tenaga mesin akibat pembakaran yang tidak sempurna serta menurunnya daya ledak yang terjadi di dalam ruang bakar. Efeknya, akselerasi mesin terasa lebih lambat dari biasanya

3. Muncul “hunting” saat mesin idling

Muncul “hunting” saat mesin idling juga bisa menjadi salah satu gejala fuel pump lemah. Hunting merupakan istilah untuk kondisi dimana mesin saat dalam putaran idling, tiba-tiba berputar tidak normal seperti akan mati dalam tempo yang cepat.

Mirip dengan mesin nyendat, namun bedanya, nyendat kerap terjadi saat mesin akan berakselerasi (digas) sedangkan hunting terjadi saat mesin idling (langsam).

4. Mesin Nyendat-nyendat / brebet

Meskipun tidak selalu menjadi gejala fuel pump lemah, mesin nyendat-nyendat bisa terjadi akibat fuel pump lemah. Kondisi ini kerap terjadi bersamaan dengan akselerasi mesin yang lambat.

Nyendat-nyendat kerap terjadi pada saat mesin sudah mulai panas dan mobil semakin lama dikendarai. Sering pula mesin mobil tiba-tiba mati mendadak setelah frekuensi nyendatnya semakin sering.

Khusus untuk gejala fuel pump lemah, pada beberapa kondisi setelah mesin dimatikan sebentar, mesin bisa di starter dengan normal kembali seperti tidak ada masalah apa-apa, namun setelah dipakai sekian lama waktu, mesin kembali nyendat dan mogok.

Baca juga:   Penyebab air radiator penuh tapi mesin panas (Masalah Otomotif)

5. Suara pompa bensin terdengar keras dan kasar.

Gejala fuel pump lemah berikutnya yang ombro ketahui adalah munculnya suara keras dan kasar yang mendengung dari bagian tangki bahan bakar mobil. Biasanya hal ini terjadi akibat pump impeler yang ada didalam fuel pump mulai aus dan oblak. Kondisi ini biasanya juga disertai bensin yang tidak mengalir sampai ke karburator atau injektor.

Efek yang terjadi ketika kondisi ini muncul adalah tekanan bahan bakar turun hingga tekana tidak dapat mengalir ke karburator atau injektor sehingga mesein menjadi susah dihidupkan.

Baca Juga:

6. Bau bensin menyengat keluar bersama asap knalpot.

Gejala fuel pump lemah terakhir yang ombro ketahui adalah munculnya bau bensin yang menyengat dari asap knalpot mobil. Meskipun hal ini bukan kondisi utama yang menjadi gejala fuel pump lemah, namun gejala ini sering ombro temukan pada mobil-mobil yang mengalami fuel pump lemah.

Bau bensin yang menyengat bersama asap knalpot merupakan imbas dari pembakaran yang kurang sempurna di dalam mesin akibat ketidak sesuaian jumlah bahan bakar yang disemprotkan dengan waktu pembakaran yang terjadi. akibatnya uap gas bahan bakar ikut terbawa dan terbuang melalui ekshaust manifold.

Gejala fuel pump lemah yang sudah dijelaskan diatas, tidak serta merta menunjukkan bahwa fuel pump sudah harus diganti. Pasalnya gejala diatas juga bisa terjadi akibat rusaknya komponen yang lain seperti busi mati, koil mati ataupun komponen lainnya.

Oleh karenanya pemeriksaan yang lebih teliti terhadap semua kondisi yang bisa mengindikasikan fuel pump lemah harus benar-benar dilakukan. Silahkan baca cara mengetahui pompa bensin rusak yang mudah dilakukan.

Demikianlah artikel tentang gejala fuel pump lemah yang bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Baca juga:   Penyebab ban mobil habis sebelah (Masalah Otomotif)

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.