ciri ciri ISC mobil rusak (Masalah Otomotif)

0
()
ISC mobil rusak seringkali akan langsung membuat pengendalian mesin menjadi tidak nyaman, mobil akan terasa tersendat-sendat hingga mesin mati saat dikendarai.

Oleh karena ISC merupakan kontrol dan pengaturan rpm idling mesin, maka pengaruhnya akan terasa lebih besar ketika mobil dalam posisi idling, terlebih ketika mesin mendapatkan beban seperti AC hidup, lampu headlamp menyala atau ketika radiator fan berputar.

Nah, apa saja sih gejala yang akan dialami mesin ketika ISC mobil rusak ? Artikel berikut akan menjelaskan pada sobat tentang ciri-ciri ISC mobil rusak yang sering dialami baik gejala yang ditimbulkan serta kondisi fisik dari ISC motor itu sendiri..

I. Gejala pada mesin saat ISC mobil rusak

ISC mobil yang rusak akan mengakibatkan mesin hidup menjadi tidak sempurna dan sulit untuk dikontrol. Berikut adalah gejala-gejala yang terjadi pada mesin ketika ISC mobil rusak.

1. Rpm mesin naik turun dan tidak stabil

Ciri pertama yang sering terjadi saat ISC mobil rusak adalah rpm mesin naik turun dan tidak stabil, khususnya saat mesin berada pada rpm idling.

Ya, pada saat rpm idling,  mesin akan terasa bergetar karena putaran mesin tiba-tiba naik dan turun secara tiba-tiba juga. Setelah rpm turun, rpm kemudian kembali naik lagi tanpa kita menginjak pedal gas. Kondisi ini terus akan berlanjut hingga dilakukan perbaikan.

ciri-ciri ISC mobil rusak

2. Rpm mesin turun dan drop saat jalan pelan

Ciri berikutnya yang menandakan bahwa ISC mobil rusak dan bermasalah adalah turunnya rpm mesin saat mobil melaju pelan.

Baca juga:   5 Penyebab mobil susah distarter (Masalah Otomotif)

Kondisi saat idling yang naik turun akan semakin terasa saat mobil sudah mulai melaju pelan, bahkan pada beberapa kondisi terjadi penurunan rpm mesin yang cukup signifikan ini bisa membuat mesin mobil mati saat melaju.

3. Mesin sering mati ketika idling terlebih saat AC hidup

Ketika kondisi kerusakan ISC sudah semakin parah, tak jarang membuat mesin mobil menjadi sering mati saat posisi idling, terutama ketika AC hidup.

Disaat AC hidup, beban mesin akan bertambah karena mesin harus memutar kompressor AC, akibatnya rpm idling mesin menjadi tidak stabil bahkan mesin menjadi lebih cepat mati.

Baca juga:

II. Ciri-ciri ISC rusak

Selain gejala yang muncul saat mobil dikendarai ketika ISC mobil rusak, berikut adalah kondisi yang terjadi pada ISC motor rusak

1. Permukaan Pintle aus dan rusak

Ciri ISC rusak yang paling sering ditemukan adalah permukaan ujung pintle dan lubang Idle port yang aus dan mulai terkikis.

ciri-ciri ISC mobil rusak

Terkikisnya permukaan pada pintle dan ujung lubang idle port ini akan membuat posisi menutup lubang menjadi tidak rapat sehingga bisa terjadi kebocoran udara pada tempat tersebut. Bocorya udara akan mempengaruhi kondisi rpm idle secara keseluruhan.

2. Motor ISC short / Nilai Tahanan membesar

Selain rusaknya ujung pintle pada ISC motor, ciri berikutnya yang menjadikan ISC rusak adalah nilai tahanan (resistansi) pada coil di dalam ISC motor yang nilainya sudah berubah menjadi lebih besar dari pada nilai standard yang diijinkan pabrik.

ciri-ciri ISC mobil rusak

Semakin besar nilai tahanan maka akan mempengaruhi besaran pintle ISC saat terbuka atau tertutup.

3. Pintle macet tidak mau bergerak

Ciri terakhir yang menjadi tanda bahwa ISC motor rusak adalah pintle sudah tidak lagi dapat bergerak maju dan mundur, alias macet.

Baca juga:   5 Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan (Masalah Otomotif)

Hal ini kerap terjadi akibat pintle terpapar kotoran yang kerap menempel dan lengket di seluruh bagian badan pintle.

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.