Apa saja penyebab mobil terbakar ? (Masalah Otomotif)

0
()
Kejadian mobil terbakar dijalan ataupun diparkiran saat ini memang cukup sering terjadi. Mulai dari mobil berplat putih yang baru keluar dari bengkel hingga mobil sedan mewah yang tengah melintas di jalan tol tiba-tiba saja bisa terbakar dan menghanguskan hampir seluruh isi dari kendaraan tersebut.

Peristiwa mobil terbakar seperti ini, jelas menjadi momok yang mengerikan bagi pemilik kendaraan. Selain merugikan secara materi, ia juga bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang yang berada dalam mobil tersebut.

Lantas apa saja sih penyebab mobil terbakar ? Pada artikel berikut ombro akan memaparkan apa saja penyebab-penyebab mobil terbakar yang kerap terjadi namun sifatnya bukan karena unsur kesengajaan seperti dibakar. Berikut 5 penyebab mobil terbakar.

1. Hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan mobil

Hal pertama yang paling sering menjadi penyebab mobil terbakar adalah terjadinya hubungan arus pendek (short) pada sistem kelistrikan mobil. Ketika terjadi hubungan arus pendek pada kabel maka hubungan arus pendek ini akan menimbulkan panas yang berlebihan dan dapat membuat kabel tersebut terbakar.

Penyebab short atau hubungan arus pendek ini juga cukup banyak, namun umumnya terjadi akibat kurangnya perawatan dan modifikasi atau perbaikan yang tidak sesuai dengan standar operasi perbaikan yang benar.

Berikut beberapa hal yang bisa membuat munculnya hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan mobil sehingga menjadi penyebab mobil terbakar

Kabel berarus listrik yang terkelupas

Kabel berarus listrik yang terkelupas sangat mudah untuk membuat short, terutama ketika ia menempel pada bodi kendaraan yang berbahan metal dan mudah menghantarkan arus listrik.

Penggunaan ukuran kabel yang tidak sesuai dengan arus kerja listrik

Penggunaan ukuran kabel yang tidak sesuai dengan arus kerja listrik juga dapat mengakibatkan short hingga terbakarnya kabel. Seperti contohnya ketika menggunakan kabel berdiameter 0.5mm untuk digunakan pada komponen starter motor sebagai penyalur arus listrik utama yang akan menggerakkan motor starter.

Penggunaan sekring / fuse yang tidak normal

Penggunaan sekring / fuse yang tidak normal juga bisa menjadi penyebab short hingga dapat membuat mobil terbakar. Contohnya adalah penggunaan fuse / sekring yang sudah putus kemudian dimodifikasi dengan menggunakan lilitan kawat tembaga agar fuse tersebut bisa digunakan kembali.

Baca juga : Arti kode sekring pada mobil Avanza berikut posisinya

Pemasangan socket / kabel yang tidak sesuai aturan

Pemasangan socket / kabel yang tidak sesuai aturan juga bisa menjadi penyebab short yang bisa membuat mobil terbakar. Dalam perbaikan sistem kelistrikan mobil, terdapat aturan-aturan yang harus diikuti guna menghidari short ini. Seperti contohnya penggunaan selongsong bakar pelindung kabel (heat shrink) pada setiap sambungan kabel tanpa socket.

Komponen kelistrikan mobil ada yang sudah short di dalamnya.

Komponen kelistrikan mobil ada yang sudah short di dalamnya juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Seperti misalnya komponen motor fan radiator yang kerap short hingga panas dan melelehkan atau membakar casingnya. Umumnya, komponen ini sudah mengalami short terlebih dahulu didalamnya namun arus listrik terus mengalir ke motor fan tersebut.

2. Terjadi kebocoran pada sistem bahan bakar

Selain terjadi short, penyebab mobil terbakar selanjutnya adalah terjadinya kebocoran pada sistem bahan bakar. Kebocoran pada sistem bahan bakar ini mengakibatkan tercecernya bahan bakar (bensin/solar) ke bagian-bagian mesin yang bersuhu panas sehingga dapat membuat bahan bakar tersebut terbakar dengan sendirinya.

Umumnya kebocoran pada sistem bahan bakar ini terjadi akibat kurangnya perawatan serta pemasangan komponen yang tidak tepat seperti contohnya

  • Kebocoran bahan bakar yang terjadi pada o-ring injektor yang sudah mengeras setelah dilakukan pembersihan injektor
  • Kebocoran pada sambungan fuel filter yang kurang kencang saat dipasang.
  • Kebocoran pada selang bahan bakar akibat masa pakai yang sudah habis (selang retak-retak dan keras)

Kebocoran-kebocoran bahan bakar yang tidak segera diatasi dan diperbaiki sangat rentan dan mudah menjadi penyebab mobil terbakar.

3. Terjadi kebocoran arus listrik pada koil dan kabel busi

Kebocoran arus listrik pada koil dan kabel busi juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Arus listrik yang dihasilkan oleh koil dan kabel busi ini memiliki tegangan yang sangat tinggi nilainya. Bahkan lompatan bunga listrik seperti petir bisa kita lihat jika sumber kebocoran didekatkan ke ground/bodi kendaraan.

Hal ini semakin berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar apabila dikombinasikan dengan kebocoran pada sistem bahan bakar. Seperti kita ketahui bahwa koil, kabel busi umum dipasang tidak jauh dari saluran sistem bahan bakar seperti injektor dan fuel pressure regulator.

Ketika kebocoran arus listrik ini mengenai rembesan bahan bakar, maka bukan tidak mungkin hal ini akan menjadi penyebab mobil tebakar.

4. Menempelnya benda-benda mudah terbakar di knalpot dan saluran ekshaust mesin

Penyebab mobil terbakar berikutnya adalah menempelnya benda-benda mudah terbakar di knalpot atau pada saluran ekshaust mesin. Seperti kita ketahui jika knalpot dan saluran ekshaust mesin ini memiliki suhu tinggi dan sangat panas.

Ketika benda-benda mudah terbakar (tissue, plastik, kain majun bekas service,dll) menempel pada kedua saluran tersebut, bukan tidak mungkin akan terbakar akibat suhu panas. Akibatnya tentu saja bisa menyebabkan mobil terbakar.

5. Parkir kendaraan pada tempat yang rawan terjadi kebakaran

Hal terakhir yang ombro ketahui bisa menjadi penyebab mobil terbakar adalah ketika kita parkir kendaraan sembarangan tanpa memperhatikan kondisi sekitar. Seperti contohnya, parkir tepat diatas bekas sisa pembakaran sampah atau tepat pada tumpukan rumput kering dibawah terik matahari yang panas.

Oleh karena itu, parkirlah ditempat yang memang aman dan hindarilah memarkir kendaraan pada tempat yang rawan terjadi kebakaran.

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.