7 Penyebab Power Window Macet (Masalah Otomotif)

0
()
Power window memiliki fungsi yang penting bagi pengendara dan penumpang untuk membuka dan menutup jendela mobil dengan mudah dan cepat.

Seiring waktu dan penggunaan, terkadang power window bisa tiba-tiba macet. Tentu saja hal ini akan membuat kaca jendela mobil tak mampu lagi beroperasi dengan optimal. Akibatnya, bisa membuat kaca mobil menjadi miring atau tidak menutup sempurna.

Bahkan pada beberapa kondisi, semua kaca mobil dimasing masing pintu, tidak bisa dibuka melalui saklar. Tentu saja hal ini akan membawa masalah bagi pengendara dan penumpang didalamnya, terlabih ketika akan membayar tol atau disaat AC mobil mengalami masalah.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan power window macet.

1. Sikring power window putus

Penyebab power window macet yang paling sering terjadi adalah sikring power window putus atau terbakar. Sikring ini letaknya ada di Kotak sekring mobil (fusebox) yang terletak didalam kabin, atau pada beberapa model mobil ada yang diletakkan di kompartemen mesin (engine room).

Penyebab sikring power window ini putus biasanya terjadi akibat motor power window yang mengalami konslet akibat macet dan short. Baca lebih jauh tentang penyebab sikring mobil putus.

Ketika sikring power window ini putus, maka seluruh sistem power window yang ada pada tiap-tiap pintu mobil akan macet dan tidak dapat digunakan. Hal ini terjadi karena seluruh aliran listrik yang digunakan tidak dapat mengalir keseluruh sistem power window sehingga menyebabkan power window macet.

2. Relay power window putus

Penyebab power window macet berikutnya adalah relay power eindow yang putus atau rusak. Gejala yang di timbulkan ketika relay power window ini rusak mirip seperti sikring power window yang putus, yaitu semua power window di selruh pintu macet dan tidak dapat digerakkan.

Hal ini terjadi lantaran relay power window juga menjadi jalur utama aliran arus listrik dari aki ke seluruh sistem power window. Letak relay power window ini juga biasanya menjadi satu box dengan sikring power window.

3. Konektor power window rusak

Penyebab power window macet berikutnya adalah konektor / soket penghubung kabel pada sistem power window rusak, lepas, atau pernah terbakar. Jika konektor power window yang rusak ada di pintu dekat supir (main switch), biasanya seluruh sistem power window akan macet.

Namun jika konektor power window yang rusak hanya ada pada satu pintu saja, (pintu belakang kiri saja misalnya), maka power window yang macet ini hanya terjai pada pintu belakang kiri saja. Untuk yang lainnya umumnya bisa normal bekerja.

Rusaknya konektor power window ini akan membuat aliran listrik yang menuju motor power window menjadi terputus, akibatnya motor power windopw tidak bisa berputar untuk menaikkan atau menurunkan kaca mobil.

4. Saklar power window rusak

Hal selanjutnya yang menjadi penyebab power window macet adalah saklar power window rusak. Penyebab saklar power window ini bisa beragam , ada yang rusak akibat terbakar, ada yang rusak akibat terlepas ada pula yang rusak akibat terganjal kotoran di dalamnya.

Saklar ini merupakan penghubung aliran listrik dari aki ke motor power window. Jika rusak maka aliran listrik akan terputus dan motor power window tidak dapat berputar.

Gejala yang muncul ketika saklar power window rusak ini juga mirip dengan konektor. Jika rusaknya saklar ada di saklar utama (main switch) terkadang semua power window akan macet. Namun jika terjadinya hanya pada saklar di salah satu pintu, maka hanya power window di pintu tersebutlah yang akan macet.

5. Motor power window rusak

Penyebab power window macet berikutnya adalah motor power window yang rusak akibat macet ataupun terbakar. Motor power window berfungsi untuk memutar regulator agar kaca mobil bisa naik atau turun.

Biasanya, power window macet akan dialami hanya pada power window yang motornya rusak saja, sedangkan untuk power window pada pintu lainnya masih bisa.

Namun pada beberapa kejadian, motor power window yang rusak bisa menyebabkan sikring dan relay power window ikut putus dan rusak. Akibatnya keseluruhan sistem power window menjadi macet dan tidak dapat berfungsi.

6. Regulator power window rusak

Penyebab power window macet berikutnya adalah regulator power window rusak. Regulator power window ini berfungsi untuk mengubah gerak putar motor power window menjadi gerak naik atau turun kaca mobil. Regulator ini ada beberapa model, yang paling banyak adalah model kabel dan model gear.

Untuk regulator power window model gear, kerusakan kerap terjadi akibat gear mengalami keausan ataupun patah sehingga motor power window tidak dapat menggerakkan lengan pada regulator power window.

Sedangkan untuk regulator power window model kabel, kerusakan kerap terjadi pada kabel regulator yang putus, macet, atau sudah terlilit sehingga macet dan tidak dapat menggerakkan kaca mobil keatas atau kebawah.

7. Karet list kaca jendela mobil kotor dan keras

Penyebab terakhir power window macet adalah kondisi karet list kaca yang sudah kotor dan keras. Karet list kaca ini berfungsi sebagai rel saat kaca mobil naik dan turun. Kondisi karet yang keras dan kotor ini kerap membat kaca power window menjadi macet dan tidak mau bergerak.

Jika hanya kotor, anda bisa menyemprotkan cairan silikon atau dengan melumasinya dengan air sabun, namun jika sudah keras, mau tak mau karet list ini sebaiknya diganti dengan yang baru agar lebih elastis dan tidak membuat power window macet.

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.