Fungsi water jacket pada mesin

0
()


Water jacket adalah istilah yang digunakan untuk sebuah ruang tempat air pendingin mesin bersirkulasi di dalam mesin. Air pendingin ini digunakan sebagai penyerap panas saat mesin bekerja. Water jacket ini hanya akan kita temukan pada mesin-mesin yang menggunakan air pada sistem pendinginnya.

Ruangan khusus di dalam mesin yang bernama water jacket ini, dibentuk untuk mengelilingi silinder liner mesin. Oleh karenanya, ruangan water jacket ini bisa kita temui langsung pada bagian mesin yang bernama cylinder block dan cylinder head.

Pada cylinder block (blok mesin) dan cylnder head ini, water jacket ada yang terlihat seperti lubang saja dan ada pula yang terlihat seperti sebuah ruangan yang mengelilingi silinder liner mesin. Perhatikan contoh water jacket mesin pada gambar dibawah berikut

fungsi water jacket

Pada ruangan water jacket inilah nantinya akan terisi penuh oleh air pendingin mesin yang terhubung dengan radiator. Dengan begitu, seluruh air pendingin mesin akan menyelimuti dinding silinder liner mesin secara langsung.

Fungsi water jacket adalah sebagai ruangan tempat mengalirnya air pendingin saat bersirkulasi di dalam mesin. Air pendingin yang mengalir di dalam water jacket ini digunakan untuk menyerap panas yang dihasilkan mesin secara langsung.

Air pendingin bersuhu panas yang berada didalam water jacket ini nantinya akan dialirkan menuju ke radiator setelah katup pada thermostat terbuka untuk mendapatan proses pendinginan di radiator.

Di sisi lainnya, air pendingin yang bersuhu dingin dari radiator akan di alirkan masuk kedalam water jacket untuk digunakan kembali sebagai penyerap panas mesin. Perhatikan sirkulasi air pendingin dari radiator ke water jacket dan sebaliknya pada gambar dibawah ini

fungsi water jacket 2

Baca juga :

Sirkulasi air pendingin di dalam mesin ini akan terus berlangsung selama mesin bekerja guna menjaga suhu kerja mesin sehingga mesin tidak mengalami overheat akibat panas berlebihan.

Demikianlah artikel tentang fungsi water jacket pada mesin ini bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.