Fungsi Defogger pada mobil – OMBRO

0
()

[ad_1]

Sesuai namanya, defogger pada mobil memiliki fungsi untuk mengusir dan menghilangkan embun yang muncul pada kaca ketika mobil melaju pada kondisi hujan. Defogger bertujuan untuk menghilangkan embun agar tidak menghalangi pandangan selama mengemudi.

Ya, ketika berkendara saat kondisi hujan, embun sering kali muncul hampir di seluruh permukaan kaca mobil bagian dalam, terlebih jika tidak menghidupkan AC mobil.

Pengembunan ini merupakan faktor alami yang memang muncul akibat terjadinya perbedaan suhu di dalam kabin mobil yang tertutup dengan suhu diluar kabin. Ketika suhu udara di luar kabin lebih dingin dibanding suhu di dalam kabin, maka embun akan muncul pada kaca di bagian dalam kabin.

fungsi defogger mobil

Contoh mudahnya adalah gelas kaca yang berisi air dingin. Pada bagian luar gelas kaca akan muncul embun karena terjadi perbedaan suhu air dengan suhu udara dimana suhu air lebih rendah dibanding dengan udara sekitar.

Munculnya embun pada kaca mobil akan membuat kaca menjadi buram sehingga dapat menggangu visibilitas dan pandangan selama mengemudi. Hal ini tentu dapat membahayakan keselamatan para pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu dipasanglah fitur defogger pada mobil untuk mencegah munculnya embun yang dapat menghalangi pandangan mengemudi.

Letak Defogger

Di mobil, secara umum terdapat dua jenis defogger, yaitu defoger depan dan defogger belakang. Pada bagian kaca bagian depan (windshield), defogger depan akan bekerja dengan cara menghembuskan udara dingin AC melalui ventilasi yang dipasang disepanjang dashboard tepat dibawah kaca depan mobil.

Hembusan udara AC ke kaca depan tadi akan membuat suhu udara antara kabin dengan suhu udara luar menjadi sama sehingga dapat mencegah proses terjadinya embun di kaca depan. Untuk mengaktifkan defogger pada kaca depan silahkan sobat aktifkan tombol defogger kaca depan yang tampak seperti pada gambar dibawah ini.

simbol defogger kaca depan

Jika pada bagian depan fitur defogger menggunakan hembusan udara AC, maka tidak demikian dengan fitur defogger pada kaca belakang. Di kaca bagian belakang kerap kita temui garis-garis melintang berwarna kecoklatan yang menempel di hampir seluruh permukaan kaca belakang.

Baca juga:   Fungsi segitiga pengaman jalan pada mobil

Baca juga:

Garis-garis yang menempel pada kaca belakang tersebut sebenarnya adalah elemen pemanas yang berfungsi sebagai defogger. Elemen pemanas ini bekerja dengan cara menginduksikan panas yang dihasilkan oleh elemen ke seluruh bagian kaca belakang mobil.

Ketika saklar defogger untuk kaca belakang diaktifkan, maka sistem akan memanaskan elemen tersebut sehingga embun bisa cepat hilang dan mencegah terjadinya proses pengembunan di kaca belakang. Meskipun begitu, elemen ini tidak akan terasa panas saat dipegang karena ia sudah menginduksikan panas keseluruh bagian permukaan kaca. Berikut bentuk simbol untuk mengaktifkan defogger belakang

simbol defogger kaca belakang

Mengaktifkan Defogger

Tombol untuk mengaktifkan defogger belakang terkadang memiliki posisi yang berbeda dengan defogger depan.

Pada beberapa jenis mobil, defogger depan kerap dipasang bersama dengan tombol pengaturan arah hembusan udara AC, maka untuk mengaktifkan defogger depan, sobat tinggal menghidupkannya seperti menghidupkan AC, namun pilih tombol pengaturan udara yang menunjuk pada simbol defogger depan.

Sedangkan untuk mengaktifkan defogger belakang, pilih dan aktifkan tombol dengan simbol defogger belakang.

Dengan mengaktifkan defogger depan dan belakang ketika berkendara dikondisi hujan, maka sobat tidak lagi perlu khawatir pandangan terganggu akibat munculnya embun pada kaca tersebut.

[ad_2]

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.