Fungsi Blower AC Mobil – OMBRO

0
()


Blower AC mobil berfungsi untuk menghembuskan udara ke arah evaporator AC yang sedang bekerja sehingga suhu udara menjadi lebih dingin setelah melewati evaporator. Udara dingin yang keluar dari evaporator ini kemudian mengalir keluar menuju ruangan di dalam kendaraan melalui saluran udara dan kisi-kisi AC yang terdapat di dashboard mobil.

Disaat AC dalam kondisi normal, udara yang dihembuskan oleh blower AC ini akan berhembus dan melewati evaporator. Ketika udara mengalir diantara kisi-kisi evaporator, suhu panas yang dibawa oleh udara ini akan diserap oleh freon di dalam evaporator AC sehingga suhunya menjadi dingin.

funngsi blower ac mobil

Dengan begitu, ketika udara dari vaporator AC ini mengalir menuju kabin mobil sudah dalam kondisi dingin.

Blower AC dipasang tepat di belakang evaporator AC yang semuanya terletak pada saluran udara (Air Duct) khusus AC. Pada umumnya, blower AC ini diparalel dengan magnetic clutch yang ada pada kompressor AC sehingga ketika AC mobil digunakan maka kipas akan berputar.

Komponen Blower AC Mobil

komponen blower ac mobil

Blower AC mobil terdiri dari 4 komponen saja, yaitu kipas blower, motor blower, rasistor blower, dan casing blower. Berikut penjelasan singkat pada masing-masing komponen blower AC mobil

Kipas blower

Kipas Blower berfungsi untuk menghembuskan udara menuju ke evaporator. Kipas blower ini berbentuk baling-baling yang di desain berbentuk tabung dan dipasangkan pada motor blower. Jadi ketika motor blower berputar, maka kipas blower ikut berputar dan menghembuskan udara.

Baca juga :

Motor Blower

Motor blower berfungsi sebagai motor penggerak untuk memutar kipas blower. Motor blower ini bekerja seperti dinamo yang apabila diberi arus listrik ia akan berputar. Tegangan dan arus listrik yang masuk ke motor blower ini diatur oleh resistor blower sehingga kecepatan putar dari motor blower ini bisa diatur. Efeknya kita bisa merasakan hembusan udara Ac yang kencang, sedang ataupun pelan.

Baca juga:   Fungsi Throttle Body Dan 3 Komponen Pentingnya

Resistor Blower

Resistor blower berfungsi untuk membatasi arus dan tegangan listrik yang masuk kedalam motor blower. Pembatasan arus listrik yang mengalir ini akan membuat kecepatan putar dari blower AC bisa berubah-ubah sesuai dengan besarnya resistansi yang digunakan. Semakin kecil nilai resistansinya maka putaran motor blower akan cepat. Begitu pula sebaliknya, jika resistansinya besar maka putaran motor blower akan melambat.

Blower Casing

Blower Casing ini merupakan tempat kedudukan dari motor blower dan kipas blower. Umumnya terbuat dari bahan kaleng yang tebal agar mampu menahan beban kerja motor blwer. Untuk bentuknya, tentu disesuaikan dengan konstruksi AC yang digunakan.

Demikianlah artikel singkat tentang fungsi blower AC mobil beserta dengan kompnen-komponennya yang bisa ombro sampaikan . Semoga bisa bermanfaat



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.