Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Penelitian

0
()

karyatulisku.com – Setelah membahas mengenai Teknik Pengumpulan Data Penelitian beserta Jenis dan Prosesnya Terlengkap, terdapat salah satu teknik yaitu observasi. Observasi merupakan suatu kegiatan pengamatan secara langsung. Setelah melakukan observasi, biasanya kita dituntut untuk membuat sebuah laporan observasi. Pada laporan ini terdapat ciri-ciri serta struktur khusus yang membentuknya. Nah bagaimana struktur dan ciri-cirinya? serta sepeerti apa contoh teks laporan hasil observasi tersebut? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Penelitian
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Penelitian

Apa Itu Observasi?

Kata observasi berasal dari bahasa latin yang memiliki arti melihat dan memperhatikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) observasi adalah peninjauan secara cermat. Sedangkan pengertian observasi secara umum adalah kegiatan pengamatan pada sebuah objek secara langsung dan detail untuk mendapatkan informasi yang benar terkait objek tersebut.

Teks laporan hasil observasi (LHO) adalah sebuah tulisan yang berisi penjelasan mengenai hasil pengamatan yang sudah peneliti lakukan. Penyusunan hasil observasi ini harus terstruktur agar mudah di baca dan di pahami oleh pembaca karena di dalamnya memuat berbagai informasi yang bersifat objektif, informatif, dan komunikatif, sehingga hasil observasi dapat bermanfaat dalam bidang keilmuan.

Adapun tujuan dari penulisan Teks laporan hasil observasi yaitu untuk menemukan metode baru, menemukan solusi dari sebuah permasalahan, bisa membantu pengambilan keputusan, mengawasi dan mengetahui apakah ada perkembangan pada masalah yang kita teliti. 

Struktur Teks Observasi

Secara garis besar, terdapat tiga bagian yang harus ada dalam laporan observasi, yaitu pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang di laporkan. Definisi umum berisi informasi umum seperti nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan.

2. Deskripsi Bagian

Bagian ini berisikan rincian hal-hal yang di laporkan. Hal tersebut berisi ciri-ciri fisik atau perilaku yang menunjukkan ciri khas dari objek yang di laporkan oleh penulis.

3. Deskripsi Manfaat

Simpulan berisi ringkasan umum hal yang di laporkan.

Ciri – Ciri Teks Observasi

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi:

1. Ditulis secara lengkap dan sempurna.

2. Bersifat objektif, global, dan universal.

3. Objek yang akan di bicarakan atau dibahas adalah objek tunggal.

4. Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang telah dilakukan.

5. Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.

6. Tidak mengandung prasangka/dugaan yang menyimpang atau tidak tepat.

7. Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.

8. Tidak adanya bagian penutup dari penulis. Penulis hanya melaporkan apa yang dilihat dan diketahuinya berdasarkan hasil analisis serta observasinya.

9. Menitikberatkan pada pengelompokkan segala sesuatu ke dalam jenis-jenis dengan ciri atau keadaannya secara umum.

10. Disajikan secara menarik, baik kata, bahasa, isinya berbobot maupun susunannya logis.

11. Teks laporan hasil observasi menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai fakta, tanpa adanya opini penulis.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Pernyataan Umum

Hutan sebagai paru-paru dunia memegang peranan penting bagi keseimbangan ekosistem, termasuk flora dan fauna di dalamnya. Berdasarkan data terkait daftar negara menurut luas wilayah hutan, Rusia menempati peringkat tertinggi di ikuti Brasil dan Kanada. Dari 193 negara yang memiliki hutan, Indonesia menduduki peringkat ke-9 dengan hutan seluas 888.950 meter persegi. 

Deskripsi Bagian

Setiap tahun, luas hutan di dunia mengalami penurunan karena berbagai faktor, baik karena ulah manusia ataupun yang di sebabkan oleh alam. Contoh penyebab berkurangnya luas hutan karena manusia adalah penebangan pohon secara liar, pembakaran hutan secara sengaja, alih fungsi lahan hutan, dan sebagainya. Adapun penyebab menurunnya luas hutan karena alam adalah kebakaran hutan akibat cuaca panas. 

Deskripsi Manfaat

Fungsi hutan dalam menyeimbangkan ekosistem sangat penting. Tanpa adanya hutan, produksi oksigen dapat mengalami penurunan. Pemanasan global juga bisa di picu oleh jumlah lahan hutan yang semakin berkurang. Selain itu, flora dan fauna dapat mengalami kepunahan karena kehilangan habitat. Oleh karena itu, penyebab menurunnya luas hutan perlu kita tekan agar keseimbangan ekosistem tidak terganggu. 

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian, struktur, ciri-ciri dan contoh teks laporan hasil observasi penelitian. Semoga dengan membaca ulasan ini dapat membantu peneliti lebih mudah dalam menyusun laporan hasil observasi. Apabila terdapat kritik dan saran dalam penulisan ulasan, silahkan untuk dapat mengisi di kolom komentar. Terima kasih 🙂

Baca juga :

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.