Contoh Analisis Jurnal Internasional yang Baik dan Benar

0
()

karyatulisku.com – Setelah kita membahas mengenai Membuat Analisis Jurnal Penelitian dengan Mudah, kita akan membahas mengenai teknik analisis pada jurnal internasional. Seringkali saat kita membuat karya ilmiah ataupun tugas akhir, kita diminta untuk melakukan analisis oleh dosen kita menggunakan jurnal internasional yang terpercaya. Tentunya hal ini cukup menyulitkan bagi beberapa pelajar maupun mahasiswa. Namun, apabila kita telah mengetahui langkah-langkahnya, kegiatan analisis jurnal ini jadi terasa lebih mudah kok. Berikut ulasan singkat mengenai cara dan contoh analisis jurnal internasional!

Cara dan Contoh Analisis Jurnal Internasional
Cara dan Contoh Analisis Jurnal Internasional

Apa Itu Analisis Jurnal ?

Analisis jurnal adalah kegiatan untuk memperhatikan esensi utama dari penelitian yang telah dipublikasikan oleh sumber daya ilmiah, kemudian memadukannya dengan gagasan dan gagasan penganalisis. Dalam analisis jurnal, Anda harus memberikan pernyataan singkat dan deskriptif dari jurnal.

Arti dari analisis jurnal mengacu pada proses pemecahan topik penelitian atau materi kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk lebih memahami hasil penelitian yang telah diusulkan. Tips dalam menganalisis jurnal adalah pastikan standar kualitas jurnal, berikan informasi rinci, dan pastikan metode bahasa yang kita pakai memenuhi standar bahasa karya ilmiah.

Langkah-Langkah Analisis Jurnal Internasional

1. Baca Artikel Terlebih Dahulu

a. Baca abstrak

Cara menganalisis jurnal yang paling pertama adalah membaca dahulu Abstrak. Bagian ini merupakan elemen pada jurnal yang memiliki paragraf yang singkat. Abstrak fungsinya untuk mengetahui sebagian kecil isi dari jurnal tanpa harus membaca keseluruhan isi jurnal. Abstrak biasanya tidak lebih dari 200 kata.

b. Konteks penelitian

Usahakan bisa memahami jurnal dengan cermat dan pas mengenai tema yang sedang Anda teliti. Contohnya adalah dengan mengetahui mengapa latar belakang penelitian tersebut dibuat, apakah penelitian diangkat berdasarkan untuk mensintesis penelitian orang lain.

c. Langsung pada kesimpulan

Dengan langsung menuju pada kesimpulan, Anda sebagai akan sangat menghemat waktu untuk bisa memahami atau sekedar mengetahui ringkasan keseluruhan penelitian jurnal.

d. Cari argumen utama

Dengan mengetahui maksud dari topik argumen utama, Anda akan bisa lebih paham dan menguasai isi penelitian. Hal ini bisa menghindari membaca kembali isi keseluruhan jurnal.

Meskipun begitu tidak ada salahnya untuk membaca ulang kembali jurnal supaya apa yang Anda analisis bisa lebih dalam dan komprehensif.

e. Tinjau argumen

Setelah apa yang telah Anda lakukan di atas, selanjutnya maka bacalah faktor penting dari jurnal, cermati butir-butir utama yang di catat oleh peneliti.

2. Rancangan Tulisan

a. Tulis deskripsi ringkas dari penelitian

Fungsinya sebagai pengingat untuk meringkas isi jurnal, buatlah catatan yang mudah Anda pahami dengan cara memberi pengingat, tandai/catat isi jurnal yang Anda rasa penting.

b. Tentukan aspek penting

Tahap ini merupakan tahap yang paling membantu Anda dalam cara menganalisis jurnal secara keseluruhan. Caranya dengan memahami judul dan sub judul jurnal.

c. Identifikasi kata kunci

Tahap berikutnya untuk cara menganalisis jurnal adalah identifikasi kata kunci yang dipakai dalam setiap rangkuman yang ditulis. Usahakan setiap kata kunci yang ada pada jurnal juga tersedia dalam rangkuman.

Selain itu pahami juga terminologi atau kata yang menurut Anda asing dari jurnal yang sedang dianalisis. Supaya kata-kata asing dalam jurnal bisa terinterpertasikan sehingga Anda sebagai penganalisis bisa lebih memahami isi jurnal secara keseluruhan.

d. Pastikan padat dan ringkas

Rangkuman jurnal yang sudah Anda buat, usahakan jumlah katanya berbeda dengan jurnal yang di analisis.

3. Tulis Ringkasan

a. Identifikasikan rumusan masalah

Saat melakukan cara menganalisis jurnal, hal pertama adalah membuat pendahuluan yang tertuju pada tujuan dari penelitian. Bagian ini harus Anda catat sesuai dengan bahasa yang mudah orang pahami.

b. Diskusikan metodologi yang digunakan peneliti

Ini akan memaparkan mengenai instrumen dan metode yang dipakai dalam penelitian. Maksudnya Anda harus mengetahui instrumen apa saja, metode yang dipakai dan cara yang dilakukan si penulis dalam melakukan penelitiannya.

c. Deskripsikan hasil penelitian

Ini juga bagian penting dalam cara menganalisis jurnal, karena pada bagian ini Anda akan memaparkan hasil dari penelitian. Hasil penelitian biasanya terletak pada kesimpulan atau sebelumnya, maka perhatikan bagian itu.

d. Hubungkan gagasan utama

Dengan memaparkan tema utama yang sangat berkaitan dengan apa yang penulis jelaskan. Caranya bisa dengan melihat apakah gagasan utama cocok dengan kesimpulan yang peneliti tulis.

Contoh Analisis Jurnal Internasional

Berikut merupakan contoh analisis jurnal internasional yang berjudul “Marketing Information Services in Botswana: an Exploratory Study of Selected Information Providing Institutions in Gaborone”

A. Identitas Jurnal

1.      Judul Jurnal     : Marketing information services in Botswana: an exploratory study of selected information providing institutions in Gaborone

2.      Vol, No, dan Hal Jurnal : Vol. 23 Iss 6/7 hal. 302 – 313

3.      Alamat Jurnal : http://dx.doi.org/10.1108/01435120210432273

4.      Nama Penulis : Nndoniah Adonis Nkanga

B. Abstrak Jurnal

1.      Jumlah Paragraf          : 1 paragraf

2.      Uraian Abstrak            : Abstrak tertulis dalam Bahasa Inggris. Di dalam abstrak, penulis mengemukakan tujuan penelitian

3.      Keyword Jurnal          : Botswana, Marketing, Information services, Marketing strategy, Special libraries

C. Pendahuluan Jurnal

Di dalam pendahuluan jurnal, penulis menggambarkan Studi eksplorasi yang di laporkan disini berusaha menyelidiki sejauh mana petugas perpustakaan dan petugas informasi spesifik di Gaborone (Botswana) memasarkan layanan mereka dan apakah strategi pemasaran formal yang serupa dengan pendekatan Kotler-Andreasen-Keizer di gunakan untuk layanan ‘menjual’. Pendekatan The Kotler-Andreasen-Keizer adalah proses sistematis untuk pemasaran yang melibatkan menentukan apa yang harus menjadi target audiens (segmentasi), bagaimana organisasi harus memposisikan dirinya sendiri di antara para pesaing, dan apa saja elemen rinci dari bauran pemasaran yang seharusnya di terapkan untuk mencapai target pasar dengan strategi posisi yang di pilih.

D. Tujuan Penelitian

1.      Untuk mengetahui apakah perpustakaan khusus dan petugas informasi di Gaborone memasarkan layanan mereka dan apakah kegiatan pemasaran yang direncanakan sedang dilaksanakan.

2.      Untuk mengetahui apakah perpustakaan khusus dan petugas informasi di Gaborone melaksanakan suatu penilaian kebutuhan informasi dari klien mereka di mana strategi pemasaran didasarkan atau diperkirakan.

3.      Untuk menentukan apakah pustakawan dan petugas informasi khusus di Gaborone melakukan segmentasi pasar.

4.      Untuk menentukan kegiatan promosi guna memasarkan perpustakaan khusus dan pusat informasi

E. Metode Penelitian

Jenis penelitian yang penulis pakai adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Metode survei terpilih karena relatif murah. Selain itu, temuan ini dapat digunakan untuk membuat generalisasi dari sekelompok kecil responden ke populasi yang lebih besar. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner terstruktur yang dikelola sendiri, yang tidak efisien dalam hal waktu peneliti, upaya dan sumber daya, dan memungkinkan sampel besar untuk disurvei. Kuisioner di uji terlebih dahulu, dan kemudian di serahkan ke kepala perpustakaan khusus. Mereka di berikan twoweeks untuk mengisi formulir di waktu luang mereka. Kuesioner di bagi menjadi empat bagian. Yang pertama terkait dengan proses pemasaran strategis; pertanyaan kedua tentang promosi / publisitas (hubungan publik); yang ketiga mencari sikap pustakawan khusus dan petugas informasi pemasaran ke arah, dan bagian terakhir meminta informasi latar belakang.

F. Hasil Penelitian dan Pembahasan

Secara keseluruhan di dalam pembahasan penulis sudah bisa memberikan data sesuai dengan tujuan penelitian yang di kemukakan yaitu:

1.      Perpustakaan khusus dan petugas informasi di Gaborone memasarkan layanan mereka dan kegiatan pemasaran yang di rencanakan sedang di laksanakan

2.      Perpustakaan khusus dan petugas informasi di Gaborone melaksanakan suatu penilaian kebutuhan informasi dari klien mereka di mana strategi pemasaran di dasarkan atau di perkirakan.

3.      Pustakawan dan petugas informasi khusus di Gaborone melakukan segmentasi pasar.

4.      Menentukan kegiatan promosi yang di pakai untuk memasarkan perpustakaan khusus dan pusat informasi

G. Kesimpulan

Di kesimpulan penulis menguraikan kesimpulannya yang objektif berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan. Berikut uraian kesimpulan penulis:

Studi ini menemukan bahwa semua perpustakaan khusus dan petugas informasi mendukung pemasaran layanan mereka, tetapi dalam praktiknya tidak melakukan pemasaran formal. Penekanan pada promosi bukan pada pemasaran strategis. Terlihat juga bahwa pustakawan dan petugas informasi khusus di Gaborone melakukan penilaian kebutuhan informasi pelanggan mereka. Kebutuhan-kebutuhan ini di identifikasi melalui pemantauan pertanyaan, kuesioner, wawancara, kotak saran, pertemuan, walk-in-klien dan / atau kombinasi dari semuanya ini. Membentuk kegiatan pemasaran untuk menjadi mapan dan efektif, sangat penting bahwa informasi perlu di definisikan sehingga pesan pemasaran yang tepat dapat di kembangkan.

Namun apa yang tidak jelas dari survei adalah bagaimana informasi penilaian kebutuhan klien di integrasikan ke dalam proses pemasaran strategis. Ini menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran yang di rencanakan tidak sedang di laksanakan.

Pustakawan dan petugas informasi khusus di Gaborone melakukan segmentasi pasar. Hal ini di tunjukkan ketika di tanya bagaimana mereka membagi pelanggan mereka, sebagian besar koresponden dapat memberikan jawaban yang di mulai dari struktur internal organisasi, minat pengguna, yang menuntut layanan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Segmentasi pasar, sekali lagi, menyediakan pekerjaan yang dapat di gunakan untuk menjawab pertanyaan, “ siapa pelanggan / pengguna kami? ” Juga untuk mengidentifikasi pelanggan potensial dan secara efektif menargetkan upaya pemasaran dengan tujuan mengembangkan pelanggan setia baru. Namun, selain menjawab pertanyaan, ‘siapakah perpustakaan khusus dan pelanggan pusat informasi’? ” dan mungkin berfungsi sebagai dasar untuk mengidentifikasi pengguna potensial dari layanan ini, sekali lagi ada sedikit bukti untuk menyarankan bagaimana segmentasi pasar di integrasikan ke dalam pemasaran perpustakaan khusus ini. Sekali lagi tampak bahwa kegiatan pemasaran tidak di rencanakan.

H. Kelebihan dan Kekurangan

1.      Kelebihan

Secara keseluruhan jurnal ini memiliki kelebihan di mulai dari teori yang di gunakan sangat pas dengan masalah yang ingin di teliti dan metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kuantitatif yang menyajikan sebuah data dengan sangat valid dan dapat di pertanggungjawabkan. Serta data hasil penelitian jurnal ini dapat di jadikan bahan rujukan untuk penulis selanjutnya dalam meneliti masalah yang sama.

2.      Kekurangan

Ada satu kekurangan yang mengurangi nilai kesempurnaan dari jurnal ini yaitu, pada abstrak tidak di jelaskan teori apa yang di gunakan, metode penelitian apa yang di pakai dan hipotesis yang di ciptikan serta hasil penelitian apakah sama dengan hipotesis yang ada dan sama dengan teori yang di gunakan atau sebaliknya.

Hal ini sedikit menyulitkan pembaca dalam memahami keseluruhan isi jika hanya dibaca dari abstrak sehingga mengharuskan pembaca membaca keseluruhan jurnal untuk mendapatkan semua informasi yang ada di jurnal.

Demikian ulasan singkat mengenai langkah-langkah serta contoh analisis jurnal internasional. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Apabila terdapat kritik dan saran, silahkan tinggalkan pada kolom komentar 🙂

Baca juga :

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.