Cara Menggunakan Tang Ring Torak (Piston Ring Expander)

0
()

Cara Menggunakan Tang Ring Torak (Piston Ring Expander) – cincin torak atau ring piston merupakan komponen perapat celah antara piston dengan silinder saat piston terpasang, ring piston ini terbuat dari bahan baja tuang spesial yang tidak merusak dinding silinder. Ring piston ini bersifat fleksibel tetapi mudah patah, ring piston akan sangat mudah patah jika di kembangkan terlalu lebar.

Oleh karena itu saat melepas atau memasang ring piston harus dilakukan secara hati-hati agar tidak mematahkan ring piston, dan alur ring piston juga tidak boleh rusak atau tergores pada saat melepas ring kompresi piston.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan atau untuk mempermudah saat penggantian atau pelepasan ring piston dari alur ring (ring grove) maka dibutuhkan salah satu Special Service Tools (SST). Alat yang digunakan melepas dan memasang ring pada piston bernama piston ring expander atau disebut juga tang ring torak. 

Cara Menggunakan Tang Ring Torak (Piston Ring Expander)

Cara Melepas Ring Piston Menggunakan Piston Ring Expander

  • 1. Saat melepas ring piston maka posisikan ring expander pada posisi di bawah ini :

  • 2. Tekan ring expander sehingga ring piston mengembang, kemudian angkat dan keluarkan ring piston dari alur ring pada piston. (Perhatikan gambar dibawah)

Cara Memasang Ring Piston Menggunakan Piston Ring Expander

  • 1. Pasang ring kompresi piston pada ring expander pada posisi seperti pada gambar di bawah ini :

  • 2. Tekan ring piston expander kemudian pasang ring kompresi pada alur ring pada piston.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.