6 Kelebihan mobil penggerak roda depan (FWD)

0
()


Saat ini diketahui bahwa terdapat beberapa jenis dan tipe penggerak roda mobil, ada yang menggunakan penggerak roda depan, ada yang mengunakan penggerak roda belakang dan ada juga yang menggunakan ke empat rodanya sebagai penggerak.

Dari beberapa jenis penggerak roda mobil tersebut, hanya mobil penggerak roda depan yang lebih populer dan banyak digunakan di Indonesia. Sebut saja Mitsubishi Xpander, Honda brio, Suzuki Ertiga, dan lain-lain yang kini banyak mengalami peningkatan penjualan.

kelebihan mobil penggerak roda depan

Masing-masing tipe penggerak roda memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, nah, kali ini Ombro akan membahas apa saja kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh mobil penggerak roda depan sehingga bisa makin populer dan banyak di minati oleh pembeli di Indonesia ini. Berikut adalah 6 kelebihan mobil penggerak roda depan :

1. Bobot mobil lebih ringan.

Kelebihan mobil penggerak roda depan yang pertama adalah bobot mobil menjadi lebih ringan jika dibandingan dengan tipe mobil yang sama namun menggunakan penggerak roda belakang.

Pengurangan bobot ini bukan tanpa alasaan karena pada mobil penggerak roda depan, pengunaan komponen drive train seperti poros propeller shaft dan gardan (differential) yang cukup besar dan berat bisa dikurangi.

Umumnya, mobil penggerak depan menggunakan gardan yang terpadu di dalam transmisi, selain itu ia juga menggunakan drive shaft yang lebih ringkas dan tidak memakan tempat pada ruang kabin penumpang.

2. Ruang kabin penumpang lebih luas

Kelebihan mobil penggerak roda depan berikutnya adalah ruang kabin penumpang bagian dalam menjadi terasa lebih luas. Kondisi ini lebih banyak ditemukan pada mobil penggerak depan berjenis sedan atau MPV.

Pada mobil penggerak roda belakang, biasanya akan memakai sebagian ruang kabin bagian tengah bawah sebagai tempat untuk meletakkan poros propeller shaft. Akibatnya ruang kabin penumpang terasa lebih sempit.

Hal ini akan terlihat berbeda pada mobil pengerak roda depan, lantai kabin mobil tipe ini umumnya lebih rata sehingga terasa lebih luas.

3. Lebih hemat BBM

Kelebihan mobil penggerak roda depan berikutnya adalah mobil ini lebih hemat BBM (bahan bakar). Ya, salah satu indikasi yang bisa membuat mobil penggerak roda depan ini lebih hemat BBM adalah bobotnya yang lebih ringan sehingga bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakan roda menjadi lebih sedikit.

Selain itu, pengurangan tenaga mesin ke roda (loss power) juga menjadi lebih sedikit akibat jarak penyaluran tenaga dari mesin ke roda yang lebih singat dan lebih pendek. Kondisi ini juga menjadi salah satu hal yang membuat mobil penggerak roda depan menjadi lebih hemat BBM.

Baca juga :

4. Akselerasi mobil terasa lebih cepat

Kelebihan mobil penggerak roda depan yang selanjutnya adalah akselerasi mobil terasa lebih cepat. Ya, hal ini bisa dirasakan lantaran konstruksi mesin beserta drive train (komponen penggerak roda) pada mobil penggerak roda depan dibuat lebih ringkas dan pendek.

Jarak penyaluran tenaga mesin ke roda yang lebih singkat dan pendek ini tentunya akan mengurangi loss power yang terjadi diantara mesin dan roda. Akibatnya tenaga putar yang dihasilkan mesin bisa langsung dengan cepat diterima oleh roda.

5. Pengendalian kemudi terasa lebih kokoh

Kelebihan mobil penggerak roda depan berikutnya adalah pengendalian kemudi terasa lebih kokoh dan mantap, bahkan ketika kondisi jalan hujan dan licin (khususnya di jalan datar / menurun).

Pengemudian yang lebih kokoh dan mantap ini bisa dirasakan karena umumnya mobil penggerak roda depan memiliki berat yang porsinya lebih banyak ada di bagian depan mobil akibat letak mesin yang umumnya juga lebih banyak dipasang di depan mobil.

Berat mesin ditambah bobot mobil pada bagian depan akan menekan roda bagian depan. Efeknya, traksi ban roda bagian depan ke permukaan jalan juga akan menjadi lebih kuat sehingga pengemudian bisa terasa lebih kokoh.

6. Harga mobil bisa lebih murah karena biaya produksi lebih rendah

Kelebihan mobil pengerak roda depan yang terkahir Ombro ketahui adalah harga mobil yang ditawarkan umumnya bisa lebih murah (pada mobil kelas sejenis yang berpengerak belakang) lantaran biaya produksi untuk membuat mobil ini lebih rendah.

Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah, jika dibandingkan dengan biaya produksi untuk pembuatan mobil penggerak roda belakang (tentunya di kategori mobil yang sama). Biaya produksi ini bisa di tekan lantaran pada mobil penggerak roda depan menggunakan komponen drive train yang lebih sedikit namun efisien.

Nah demikianlah pembahasan mengenai kelebihan mobil penggerak roda depan yang bisa ombro sampaikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Oiya, untuk pembahasan tentang kekurangan mobil penggerak roda depan akan ombro sampaikan pada update artikel selanjutnya..



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.