10 Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel (Masalah Otomotif)

0
()


Pajero sport bisa dibilang sebagai mobil produksi Mitsubishi yang cukup populer saat ini. Ketangguhan mesin pada mobil ini sudah cukup terkenal, terlebih dengan hadirnya mesin dengan teknologi DID common rail injection.

Teknologi common rail injection memberikan hasil yang lebih baik dibanding dengan teknologi mesin diesel konvensional, baik dari sisi tenaga mesin serta sisa hasil gas buang yang dikeluarkan di knalpot.

Ya, meskipun bermesin diesel, asap yang keluar dari mesin pajero sport ini terlihat lebih bersih tidak terlalu ngebul. Nah, jika ada pajero sport yang mengeluarkan asap hitam pada knalpotnya, ini menandakan bahwa ada masalah pada mesin tersebut.

Lantas apa saja penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport ini ? Pada artikel berikut, ombro akan membagikan informasi 10 kemungkinan penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport. Berikut 10 penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport

1. Menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang pertama adalah akibat menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai. Seperti diketahui bahwa mesin diesel pada mobil ini menggunakan common rail system yang cukup rumit dan kompleks.

Sistem common rail sangat rentan terhadap penggunaan bahan bakar berkualitas rendah khususnya pada sistem bahan bakarnya. Menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai seperti contohnya menggunakan solar berkualitas rendah akan membuat hasil gas buang di mesin ini menjadi lebih kotor dan lebih berjelaga.

Akibatnya pada knalpot akan keluar asap hitam pekat yang kerap disertai dengan berkurangnya tenaga mesin mobil ini.

2. Volume atau kekentalan oli mesin salah

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang ke dua adalah akibat volume atau kekentalan oli mesin yang salah. Mobil ini menggunakan oli mesin dengan API service grade minimal “CD” atau lebih tinggi, bahkan pihak pabrikan sudah menerapkan oli mesin mobil ini hingga grade CF-4 dengan SAE 10W-30.

Ketika menggunakan grade oli yang berbeda, maka akan mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan, pun begitu dengan gas buang yang dihasilkan. Akselerasi dan tenaga mesin menjadi lebih berat hingga menjadi penyebab knalpot keluar asap hitam. Baca : Cara memilih oli mesin

3. Injektor bermasalah

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang ke tiga adalah akibat injektor bermasalah sepeti contohnya injektor tersumbat, kotor, atau rusak. Injektor pada mesin diesel memegang peranan penting untuk menciptakan atomisasi bahan bakar yang lebih baik.

Terlebih pada sistem common rail mobil pajero ini menggunakan sistem Direct Injection yang membutuhkan injektor dengan ketelitian kerja yang sempurna.

Kegagalan kerja pada salah satu atau sebagian injektor dapat menyebabkan mesin pincang dan bergetar hebat serta mesin menjadi kurang tenaga. Selain itu, gas buang yang di hasilkan juga tidak sempurna sehingga menjadi penyebab knalpot keluar asap hitam . Baca : 11 penyebab mesin diesel kurang tenaga

4. Fuel Pressure sensor rusak

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang ke empat adalah akibat dari fuel pressure sensor rusak. Fuel pressure sensor merupakan sumber data tekanan bahan bakar dalam pipa common rail bagi engine control unit (ECU).

Ketika fuel pressure sensor ini mengalami kerusakan, maka engine ECU tidak lagi mendapatkan data yang akurat tentang berapa jumlah tekanan yang ada pada pipa common rail.

Kondisi ini akan berpengaruh pada jumlah bahan bakar yang harus di injeksikan ke dalam ruang bakar sehingga dapat menyebabkan knalpot keluar asap hitam akibat bahan bakar yang terlalu banyak.

5. Fuel pressure limiter valve rusak

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang ke lima adalah akibat fuel pressure limiter valve rusak. Fuel pressure valve limiter ini berfungsi untuk mempertahankan tekanan bahan bakar didalam pipa common rail. Prinsip kerjanya mirip dengan fuel pressure regulator, namun dengan tekanan yang lebih tinggi.

Ketika fuel pressure limiter valve ini rusak, maka tekanan ideal yang dibutuhkan agar injeksi bahan bakar bisa sesuai target tidak lagi tercapai, bisa lebih banyak atau kurang. Akibatnya terjadi kekacauan pengaturan pada sistem injeksi yang berakibat menjadi penyebab knlapot keluar asap hitam.

6. Supply pump bermasalah

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang ke enam adalah akibat supply pump bermasalah. Supply pump ini merupakan pompa injeksi untuk menghasilkan tekanan bahan bakar yang tinggi untuk disalurkan menuju pipa common rail.

Ketika supply pump bermasalah (seperti misalnya Suction Control Valve rusak) maka supply bahan bakar juga menjadi terganggu akibat tekanan bahan bakar menurun. Akibatnya injektor tidak bisa menginjkesikan bahan bakar dalam jumlah yang ideal dan menyebabkan knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport.

7. EGR system bermasalah

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang ke tujuh adalah Exhaust Gas Recirculating (EGR) system bermasalah. EGR mengontrol sisa gas buang untuk dikembalikan ke dalam ruang bakar guna menurunkan kadar polusi pada gas buang.

Ketika EGR bermasalah, maka jumlah gas buang yang masuk kembali kedalam ruang bakar tidak lagi dapat dikontrol. Hal ini akan meningkatkan jumlah blow by gas di dalam mesin sehingga tekanan meningkat.

Tekanan blow by gas yang mengandung uap oli akan terdesak keluar melalui saluran intake menuju turbocharger, kemudian ke intercooler, intake manifold dan kembali kedalam ruang bakar.

Uap oli yang masuk tadi, akan mempengaruhi hasil gas buang berikutnya sehingga dapat menimbulkan asap hitam pada knalpot.

8. Engine-ECU rusak

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang ke delapan adalah akibat engine ECU mengalami kerusakan. Engine ECU berperan sebagai penentu berapa jumlah bahan bakar yang harus diinjeksikan kedalam ruang bakar berdasarkan kondisi aktual saat mesin bekerja.

Ketika engine ECU rusak, maka ECU tidak lagi bisa melakukan pengontrolan dan menentukan jumlah bahan bakar yang perlu dinjeksikan. Selain knalpot keluar asap hitam, ECU rusak juga bisa menyebabkan mesin mogok.

9. Turbocharger rusak

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang ke sembilan adalah Turbocharger rusak. Kerusakan turbocharger yang menjadi penyebab knalpot keluar asap hitam adalah ketika seal oli dalam turbocharger ini sudah jebol sehingga oli yang mengalir ikut masuk dan terhisap kedalam ruang bakar.

10. Tekanan kompresi rendah

Penyebab knalpot keluar asap hitam di mobil pajero sport diesel yang terakhir ombro ketahui adalah akibat turunnya tekanan kompresi pada ruang bakar. Tekanan kompresi yang rendah akan mempengaruhi hsail pembakaran sehingga menyebabkan banyak bahan bakar yang tidak terbakar sempurna dan berubah menjadi jelaga pada gas buang yang akan mengakibatkan knalpot keluar asap hitam.

Untuk mengatasi masalah mobil pajero sport keluar asap hitam tentunya dibutuhkan pemeriksaan yang teliti termasuk menggunakan scanner yang umumnya hanya dimiliki oleh authorized dealer.

Demikianlah artikel 10 penyebab knalpot keluar asap hiam di mobil pajero sport ini bisa ombro sampaikan, smoga bisa bermanfaat.



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.