Cara Membuat Kop Surat Di Word Sangat Mudah

0
()


Membuat kop surat di microsoft word dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Hal ini tergantung kemampuan kita masing – masing. Yang terpenting adalah semua komponen kop tersebut terpenuhi, tidak salah tulis, dan formatnya rapih. Bagi temen – temen yang belum bisa, kali ini kit akan belajar bersama cara membuat kop surat di word.

Kop surat merupakan bagian atas dari sebuah surat. Kop surat biasanya kita temukan di surat – surat resmi. Antar instansi pemerintah ataupun swasta dan perusahaan. Diantara bagian penting dari sebuah kop surat adalah logo. Dan kita ketahui bersama, logo di sini adalah berupa gambar dengan extensi jpg atau png.

Cara Membuat KOP Surat di Word

Sudah sedikit saya sebutkan diatas, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Dan ini tergantung dari kemampuan masing – masing dalam penggunaan software ini. Berikut beberapa diantaranya.

1. Cara Langsung

Maksudnya di sini secara langsung, adalah kop surat tidak diletakkan pada posisi header di lembar kerja ms word. Tapi langsung saja dibuat di bagian paling atas.

2. Menggunakan Format Header

Cara membuat kop surat di word bisa juga dengan menggunakan format header. Tujuannya adalah apabila kita akan membuat kop surat ini ada di setiap halaman. Jadi kita hanya cukup membuatnya sekali pada bagian header saja. Secara otomatis kop surat akan terbuat di seluruh halaman.

3. Memanfaatkan Format Table

Cara ketiga yang bisa kita lakukan dalam membuat format kop surat di word adalah dengan memanfaatkan tabel. Yakni untuk memisahkan antara text dan gambar logonya. Caranya seperti ini :

  • Buka lembar kerja ms Word
  • Untuk cara ketiga ini, anda bebas memilih akan gunakan Header atau langsung. Di sini saya gunakan Header
  • Insert table pada header dengan dua kolom dan satu baris
    cara membuat kop surat di word
  • Sesuaikan lebar kolom, sebelah kiri untuk logo dan seelah kanan untuk teks. Ketik teks kop surat di bagian kiri dan insert logo di bagian kanan.
    cara membuat kop surat di word
  • Nah, selanjutnya tinggal kita Edit di bagian text nya, seperti yang sudah kita lakukan di cara pertama dan cara kedua.
  • Langkah terpenting terakhir adalah membuat garis tabel hilang. Carannya blok table keseluruhan, pilih menu customize the borders >> no borders
    cara membuat kop surat
  • Langkah terakhir tambahkan garis di bagian bawah, anda bisa gunakan cara pertama insert line atau cara ke dua dengan page borders.
Baca juga:   5 Provider Internet Kabel Murah Terbaik di Indonesia 2019

Nah itulah tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat format kop surat dengan menggunakan software microsoft word baik itu 2007, 2010 ataupun seri yang terbaru. Sekian, semoga tutorial membuat kop surat di word dapat bermanfaat untuk semuanya, sekian dan tetap ikuti terus update tips terbaru seputar komputer di sini.



Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.